BREAKING NEWS: Magelang Zona Merah Covid 19, Gunung Merbabu Kembali TUTUP! - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

gunung merbabu kembali tutup 29 Juni 2021 - foto instagram lee_movieholic

Baru saja dibuka kembali pada tanggal 14 Juni 2021 lalu, jalur pendakian Gunung Merbabu kembali ditutup karena wilayah kabupaten Magelang masuk dalam zona merah penyebaran Covid 19. Penutupan mendadak ini diumumkan lewat akun instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

Informasi penutupan ini disampaikan Taman Nasional Gunung Merbabu lewat akun resmi instagram @btn_gn_merbabu pada tanggal 28 Juni 2021 malam. Dalam pengumuman tersebut dijelaskan ditutupnya jalur pendakian Gunung Merbabu karena Kabupaten Magelang dan sekitarnya termasuk dalam zona Merah penyebaran wabah virus COVID 19. Dan penutupan dilakukan mulai tanggal 29 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan.



Penutupan ini diambil setelah adanya surat edran dari Bupati Magelang perihal 'Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke Untuk Pengendalian Penyebaran Virus Covid 2019 di Kabupaten Magelang'. Dalam surat edaran tersebut menyebutkan bahwa bahwa Destinasi Wisata (alam, buatan, budaya dan religi) ditutup mulai tanggal 29 Juni 2021 sampai dengan adanya perbaikan status pada risiko epidemiologi.


Sehingga Balai Taman Nasional Gunung Merbabu pun harus kembali tutup padahal jalur pendakian Gunung Merbabu baru saja di buka pada 14 Juni 2021 lalu. Penutupan mendadak ini pun membuat para pendaki yang sudah melakukan booking online pendakian Gunung Merbabu sampai bulan Juli tidak bisa menggunakan kode bookingnya.


Hal tersebut sebagaimana disampaikan pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu di caption penutupan pendakian. Namun masih belum ada informasi lengkapnya dari pihak BTN Gunung Merbabu untuk nasib para pendaki yang terlanjur booking untuk tanggal pendakian setelah penutupan.


Sontak informasi penutupan mendadak ini membuat beberapa pendaki yang sudah booking pendakian Gunung Merbabu pun kaget dan mencurahkan unek-uneknya di kolom komentar postingan tersebut. 


Seperti yang dilontarkan oleh akun instagram rezafahnur dalam komentarnya, "Udah tinggal otw beson dh pesen tiket bus, udh prepare segala-gala nya. Tiba2 di tutup. Harus nya kasi tau di hari hari sebelum nya jgn dadakan gini min." Hal senada juga dirasakan oleh pemilik akun instagram haristdamara, "Demi Allah mao nangis, udah beli tiket PP, udah booking online, tinggal lusa berangkat. Malah tutup. 3x begini mulu kalo mau ke Merbabu 😭😭".


Berbeda dari dua netizen diatas pemilik akun instagram andhikabagussetiawan_ malah mempertanyakan dan menyayangkan perihal penutupan pendakian Gunung Merbabu karena memang ada syarat pendakian yang wajib dipenuhi yakni membawa surat hasil rapid test / SWAB dengan hasil negatif Covid 19. "Assalamu'alaikum. Izin bertanya min..Kan ada persyaratan pendakian harus memiliki surat swab/ rapid antigen atau genose. Kenapa harus ditutup yah? Harus nya kan yg mendaki jika sudah memiliki surat rapid hasilnya negatif itu tidak memiliki gejala covid ?"


Memang penutupan mendadak ini membuat para pendaki yang sudah memesan tiket dan bersiap berangkat menuju Gunung Merbabu terkaget-kaget. Namun demi keselamatan bersama pihak BTN Gunung Merbabu pun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan atas penutupan kembali Gunung Merbabu terkait meningkatnya penyebaran Covid 19 di wilayah Magelang dan sekitarnya.


Dalam penutupan ini tak hanya Gunung Merbabu saja yang ditutup akan tetapi seluruh tempat wisata yang ada di kabupaten Magelang juga ikut ditutup sebagai upaya perbaikan dan pencegahan penyebaran virus COVID 19 yang semakin merajalela.


Leave A Reply