Info Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia 2021 - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

info buka tutup jalur pendakian gunung indonesia Uptade terbaru

UPDATE: 8 APRIL 2021

Jalur pendakian gunung tak selamanya dibuka karena ada beberapa situasi dan kondisi yang memaksa jalur pendakian tersebut ditutup. Seperti cuaca ekstrem, aktivitas vulkanik yang meningkat, tanah longsor, adanya pendaki yang meninggal, hingga wabah penyakit dan berbagai kondisi lainnya yang bisa membahayakan para pendaki.

Sehingga sebelum mendaki gunung kita harus mencari informasi tentang status jalur pendakian gunung yang akan kita daki tersebut. Apakah buka atau tutup kan gak lucu kalau udah jauh-jauh pergi ke basecamp pendakian melewati badai jalanan eh pas sampai basecamp nya tutup. Oleh karena itu berikut ini kita rangkum beberapa status pendakian gunung tentang buka dan tutupnya jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia.

THE SEVEN SUMMITS OF INDONESIA

The 7 summit of Indonesia ini adalah 7 puncak tertinggi yang berada di Indonesia di masing-masing pulau besar diantaranya pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Maluku, dan Papua. Ketujuh puncak tertinggi tersebut berada di tujuh gunung yang ada di masing-masing pulau tersebut dan menyandang status atap dari pulau tempat gunung tersebut berada.

Berikut ini beberapa gunung yang masuk dalam The 7 Summit of Indonesia dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Puncak CARTENSZ PYRAMID - Papua

Memiliki ketinggian 4.884 MDPL menjadikannya sebagai Atap Papua dan Indonesia

Status Pendakian: TUTUP

Jalur Pendakian jalur pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua diTUTUP untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Selain itu penutupan ini juga diperparah dengan kondisi kemanan di jalur menuju Cartenz yang masih zona merah imbas dari baku tembak KKB dengan TNI dan Polri di Intan Jaya, Papua.

Gunung KERINCI - Sumatra

Memiliki ketinggian 3.805 MDPL menjadikannya sebagai Atap Sumatra

Status Pendakian: BUKA

Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat kembali membuka jalur pendakian dan wisata alam di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat pada 19 Maret 2021 setelah sebelumnya sempat ditutup sejak 24 Desember 2020 lalu akibat meningkatnya aktivita vulkanik. Pembukaan ini tetap menerapkan protool kesehatan ketat dan wajib membawa hasil negatif rapid test atau PCR yang masih berlaku dan sah.

Gunung RINJANI - Lombok

Memiliki ketinggian 3.726 MDPL menjadikannya sebagai Atap Lombok

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru, Sembalun, Timbanuh, dan Aik di BUKA mulai 1 April 2021 setelah sebelumnya sempat ditutup dari 1 Januari hingga 31 Maret 2021 untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung SEMERU - Jawa

Memiliki ketinggian 3.676 MDPL menjadikannya sebagai Atap Jawa

Status Pendakian: BUKA

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru mulai 1 April 2021. Pembukaan ini hanya 180 pendaki perharinya dan batas pendakian hanya sampai Kalimati dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Gunung LATIMOJONG - Sulawesi

Memiliki ketinggian 3.430 MDPL menjadikannya sebagai Atap Sulawesi

Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Latimojong telah dibuka untuk umum pada 17 Maret 2021. Jalur pendakian yang dibuka yakni Jalur umum, Jalur Air Merah dan Jalur Pepandungan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan pendaki wajib membawa surat keterangn rapid test antigen.

Gunung BINAIYA - Maluku

Memiliki ketinggian 3.027 MDPL menjadikannya sebagai Atap Maluku

Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Manusela yang Gunung Binaiya termasuk di dalamnya ditutup sejak 19 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Gunung BUKIT RAYA - Kalimantan

Memiliki ketinggian 2.278 MDPL menjadikannya sebagai Atap Kalimantan

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Bukit Raya di Kalimantan ditutup sejak 16 Maret 2020. Penutupan ini diambil dengan tujuan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).


GUNUNG JAWA BARAT

Jawa Barat memang terdapat beberapa gunung yang menjulang mulai dari Gunung Ciremai yang dijuluki Atap Jawa Barat hingga gunung yang memiliki ketinggian di bawah 2.000 mdpl yang banyak sekali terdapat di wilayah Bandung dan Priangan Timur (Garut, Tasik, Ciamis dan sekitarnya)

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Barat dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ARTAPELA

Memiliki ketinggian 2.194 MDPL, Bandung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Artapela via Cirawa dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Gunung BURANGRANG

Memiliki ketinggian 2.056 MDPL Bandung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Burangrang Bandung dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Gunung CIKURAY

Memiliki ketinggian 2.821 MDPL, Garut

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Cikuray via Tapak Gerot [DITUTUP] mulai 25 Agustus 2020 menyusul meningkatnya angka kasus positif COVID-19 di Garut. [BUKA] Jalur pendakian Gunung Cikuray via Pemancar, via jalur Pamalayan, Bayongbong, dan Kiara Janggot dibuka dengan penerapan protokol kesehatan untuk adaptasi kenormalan baru atau 'new normal'.

Gunung CIREMAI

Memiliki ketinggian 3.078 MDPL, Kuningan - Majalengka

Status Pendakian: BUKA

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) telah memBUKA kembali pendakian Ciremai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat (Wajib Surat Rapid Test/Swab bebas Covid19 (Negatif) bagi masyarakat dari luar Kuningan dan Majalengka) di setiap Jalur pendakian (Palutungan, Apuy,Linggasana, Linggarjati).

Gunung GEDE-PANGRANGO

Memiliki ketinggian 2.958 dan 3.019 MDPL, Cianjur - Sukabumi

Status Pendakian: BUKA

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kembali membuka jalur pendakian Gunung Gede Pangrango karena kondisi cuaca mulai membaik. Pembukaan jalur pendakian ini dilakukan mulai 5 Maret 2021.

Gunung GUNTUR

Memiliki ketinggian 2.249 MDPL dan berada di wilayah Garut

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian gunung Guntur dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk pendakian wajib membawa Masker, Handstanitizer, dan Surat Keterangan Sehat.

Gunung MANGLAYANG

Memiliki ketinggian 1.818 MDPL, Bandung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda dan Via Barubeureum BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Gunung PAPANDAYAN

Memiliki ketinggian 2.665 MDPL Garut

Status Pendakian: BUKA

Sejak 8 Juni 2020 Gunung Papandayan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan mewajibkan memakai masker. Dan wajib membawa surat keterangan sehat (tak perlu rapid tes/swab).

Gunung PATUHA

Memiliki ketinggian 2.440 MDPL Bandung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian gunung Patuha dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Gunung SALAK

Memiliki ketinggian 2.211 MDPL Bogor - Sukabumi

Status Pendakian: TUTUP

Saat ini Gunung Salak masuk ditutup dan belum ada informasi lebih lanjut untuk pembukaan kembali jalur pendakiannya.


GUNUNG JAWA TENGAH

Jawa Tengah memang menjadi salah satu tujuan utama para pendaki gunung terutama wilayah Wonosobo dan sekitarnya. Hal ini karena wilayah tersebut sangat dekat dengan beberapa gunung yang terkenal dan salah satunya yakni Gunung Prau yang memiliki sunrise terbaik se asia tenggara.

Tak hanya itu Jawa Tengah pun memiliki gunung yang dijuluki triple S yakni Sindoro, Sumbing dan Slamet. Dimana ketiganya adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lalu ada juga pesona indahnya Gunung Merbabu yang membuat para pendaki selalu rindu untuk kembali mampir di padang sabananya yang luas dan menakjubkan.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ANDONG

Memiliki ketinggian 1.463 MDPL, Salatiga - Semarang - Magelang

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Andong via Pendem dan jalur via Sawit dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus covid 19

Gunung BISMO

Memiliki ketinggian 2.365 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Bismo ( via Deroduwur, via Silandak, via Pulosari, via Maron dan via Ngadam ) BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sementara untuk jalur pendakian via Sikunang TUTUP dengan tujuan untuk pemulihan ekosistem dan pembenahan basecamp pendakian.

Gunung KEMBANG

Memiliki ketinggian 2.320 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem dan via Lengkong BUKA dengan penerapan protokol kesehatan.

Gunung LAWU

Memiliki ketinggian 3.265 MDPL, Karanganyar - Ngawi - Magetan

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, via Candi Ceto, Cemoro Kandang, dan Singolangu BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Gunung MERAPI

Memiliki ketinggian 2.930 MDPL, Magelang - Yogyakarta

Status Pendakian: TUTUP

Gunung Merapi masih tertutup untuk pendakian, dikarenakan aktivitas vulkanik aktif dan letusan-letusan yang beberapa kali terjadi (Status: Level III - SIAGA). Update terakhir terjadi peningkatan aktivitas vilkanik pada 4 November 2020 dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau SIAGA.

Gunung MERBABU

Memiliki ketinggian 3.145 MDPL, Magelang - Boyolali

Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Gunung Merbabu termasuk salah satu kawasan taman nasional yang sudah memperoleh izin dari KLHK untuk dibuka bertahap. Namun sampai saat ini Gunung Merbabu masih ditutup, dan persiapan untuk pembenahan fasilitas dan sistem pendakian.

Gunung PRAU

Memiliki ketinggian 2.565 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: BUKA

Gunung Prau kembali memBUKA jalur pendakian (Jalur Patak Banteng, Kalilembu, Igrimanak, Dieng, Wates, Dieng Kulon) mulai 3 Maret 2021. Sebelumnya selama 2 bulan sejak 3 Januari 2021 gunung favorit pendaki Indonesia ini tutup untuk mengantisipasi cuaca buruk, pemulihan ekosistem, reboisasi, perbaikan jalur dan pelatihan keterampilan ranger gunung Prau dalam bidang vertical rescue.

Gunung SINDORO

Memiliki ketinggian 3.136 MDPL, Temanggung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sindoro dibuka untuk semua jalur pendakian. Harap persiapkan fisik yang prima serta logistik yang memadai dikarenakan cuaca di Gunung Sindoro sedang kurang bersahabat.

Gunung SLAMET

Memiliki ketinggian 3.428 MDPL, Purbalingga - Banyumas - Tegal - Brebes

Status Pendakian: BUKA

PVMBG telah menurunkan statur Gunung Slamet menjadi level I atau Normal. Meskipun begitu para pendaki diharapkan untuk tetap waspada dan tidak mendekat ke kawah dalam wadius 1 km. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan dan Gunung Malang - Purbalingga, via Guci - Tegal, via Kaligua - Bumiayu dan via Dukuh Liwung - Tegal juga di BUKA dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sementara itu untuk jalur pendakian via Kaliwadas, Via Dipjaya dan via Juramangu masih di TUTUP.

Gunung SUMBING

Memiliki ketinggian 3.371 MDPL, Magelang - Wonosobo - Temanggung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sumbing dibuka dengan penerapan protokol adaptasi kebiasaan baru. Jalur pendakian via Bowongso ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Gunung TELOMOYO

Memiliki ketinggian 1.894 MDPL, Semarang

Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Ungaran via Arsal dibuka dengan penerapan protokol kesehatan dan pendaki diwajibkan membawa surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas (SKD).

Gunung UNGARAN

Memiliki ketinggian 2.050 MDPL, Semarang - Magelang

Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan telah dibuka dengan penerapan protokol kesehatan.


GUNUNG JAWA TIMUR

Jawa Timur memang memiliki beberapa gunung yang begitu menakjubkan terutama di sebelah selatan wilayahnya. Ada gunung Semeru yang jadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dan masih the seven summits of Indonesia. Lalu ada gunung Raung dengan trek terekstrim di Indonesia dan juga ada gunung Bromo yang kecantikannya jadi daya tarik utama turik dalam negeri dan luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Timur dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ANJASMORO

Memiliki ketinggian 2.282 MDPL, Jombang

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Anjasmoro secara resmi belum di buka untuk pendakian. Hal ini karena gunung yang terletak di Jombang ini masuk ke dalam kawasan konservasi ang dilindungi.

Gunung ARGOPURO

Memiliki ketinggian 3.088 MDPL

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Argopuro yang terkenal paling panjang di pulau jawa ini hingga sekarang masih ditutup sejak pandemi Corona Virus (COVID-19) mulai menyerang Indonesia.

Gunung ARJUNO-WELIRANG

Memiliki ketinggian 3.339 dan 3.156 MDPL, Malang - Pasuruan

Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang (Jalur via Lawang, via Sumber Brantas, via Cangar, via Purwosari, via Tretes) kembali di BUKA mulai 27 Maret 2021 karena cuaca lebih bersahabat. Setelah sebelumnya di tutup karena cuaca ekstrem yang terjadi di kawasan gunung Arjuno Welirang. Pembukaan ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19.

Gunung BUTAK

Memiliki ketinggian 2.868 MDPL, Malang

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Butak (Bhutak) sudah BUKA dan semua pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19.

Gunung KELUD

Memiliki ketinggian 1.731 MDPL, Malang - Kediri - Blitar

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Kelud via jalur Tunggul resjo diBUKA kembali sejak 24 Desember 2020 dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan juga menerapkan jaga jarak fisik selama pendakian. Untuk Jalur pendakian via Karangrejo masih menunggu informasi selanjutnya dari pihak pengelola.

Gunung PENANGGUNGAN

Memiliki ketinggian 1.653 MDPL, Paruruan - Mojokerto

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Penanggungan (via Tamiajeng, via Jolotundo, via jalur Kedungudi, via Telogo) BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus Covid 19.

Gunung RAUNG

Memiliki ketinggian 3.260 MDPL, Banyuwangi

Status Pendakian: TUTUP

Gunung Raung yang menjadi gunung dengan trek terekstrem di Indonesia ini masih TUTUP. Hal ini karena Gunung Raung mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dan beberapa kali terjadi erupsi pada 21 Januari 2021. Sehingga status Gunung Raung dinaikan menjadi Level II (Waspada). Sehingga jalur pendakian Gunung Raung ( via Kalibaru, dan via Sumber Waringin) di TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Gunung WILIS

Memiliki ketinggian 2.169 MDPL, Malang

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Wilis yang berada di Malang ini BUKA untuk umum dengan syarat semua pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid 19.

KAWAH IJEN

Memiliki ketinggian 2.779 MDPL, Banyuwangi

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Ijen dan Wisata Kawah Ijen yang terkenal denga kawah blue fire nya ini telah resmi diBUKA kembali dengan penerapan protokol kesehatan ketat kepada pendaki dan pengunjung yang ingin menyaksikan salah satu keajaiban alam yakni blue fire atau api berwarna biru yang hanya ada di kawah Ijen.


GUNUNG LUAR PULAU JAWA

Bukan hanya gunung-gunung yang terdapat di pulau Jawa saja yang menjadi favorit para pendaki Indonesia. Ternyata beberapa gunung di luar Pulau Jawa uga memiliki pesona dan daya tariknya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Luar Pulau Jawa dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung AGUNG - Bali

Memiliki ketinggian 3.031 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Karena status vulkanik Gunung Agung, Bali kembali meningkat pada 12 November 2020. Memaksa jalur pendakian kembali diTUTUP sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Gunung BATUR - Bali

Memiliki ketinggian 1.717 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Batur di Bali diTUTUP untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19. Penutupan tersebut dilakukan sejak tanggal 23 Maret 2020 dan hingga sekarang belum ada informasi pembukaan gunung Batur.

Gunung DEMPO - Sumatra Selatan

Memiliki ketinggian 3.173 MDPL, Pagaralam, Sumatra Selatan

Status Pendakian: BUKA

Sempat ditutup sementara selama pergantian tahun, Jalur pendakian Gunung Dempo kini telah diBUKA kembali mulai tanggal 4 Januari 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegarahan penyebaran virus Covid 19.

Gunung LEUSER, - Aceh

Memiliki ketinggian 3.119 MDPL, Aceh

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Leuser yang merupakan jalur pendakian terpanjang se Asia Tenggara ini BUKA untuk umum. Para pendaki diwajibkan untuk benar-benar mempersiapkan fisik, mental, logistik dan pengetahuan survival dasar dengan baik. Hal ini karena waktu tempuh jalur pendakian Gunung Leuser ini membutuhkan sekitar 14 hingga 17 hari. Sehingga management logistik dan juga pengetahuan survival dasar wajib untuk dikuasai oleh para pendaki.

Gunung PESAGI - Lampung

Memiliki ketinggian 2.262 MDPL, Lampung

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Pesagi BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus covid 19.

Gunung SIBAYAK - Medan

Memiliki ketinggian 2.212 MDPL, Medan

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Sibayak kembali BUKA mulai 27 November 2020. Keputusan ini diambil setelah pihak Tahura Bukit Barisan mengirimkan tim untuk melakukan penelitian dan memperoleh kesimpulan, bahwa tak ada lagi ditemukan konflik dengan harimau yang sebelumnya sempat viral di media sosial.

Gunung SOPUTAN - Sulawesi Utara

Memiliki ketinggian 1.784 MDPL, Sulawesi Utara

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Soputan BUKA dan para pendaki diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid 19.

Gunung TALAMAU - Sumatra Barat

Memiliki ketinggian 2.913 MDPL, Sumatra Barat

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Talamau via Pinaga, Pasaman Barat dan juga jalur pendakian via Janjang Saribu, Lubuk Lndua BUKA untuk umum. Setelah sebelumnya sempat di TUTUP pada tanggal 1 Januari - 28 Februari 2021 dengan tujuan untuk pemulihan ekosistem di sekitar jalur pendakian.

Gunung TAMBORA - Sumbawa

Memiliki ketinggian 2.850 MDPL, Sumbawa

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Tambora diTUTUP sementara untuk antisipasi cuaca ekstrim dan juga sebagai upaya pemulihan ekosistem di jalur pendakian. Penutupan ini dilakukan sejak 30 Desember 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.


Karena Indonesia itu indah dan jika ingin menikmatinya maka bangunlah dari kasurmu dan mulailah menjelajah. Tetaplah menjelajah dan terus temukan hal menakjubkan disetiap penjelajahanmu dan sampai ketemu di puncak-puncak tertinggi Indonesia. Jika kamu punya info terbaru tentang buka/tutup nya jalur pendakian gunung yang lebih update bisa tulis di komentar ya sobat Jelajah Lagi.
Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)