Info Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia 2021 - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Info Buka Tutup jalur pendakian gunung Indonesia Terbaru - foto instagram abdullah_4li





UPDATE: 28 JULI 2021

Jalur pendakian gunung tak selamanya dibuka karena ada beberapa situasi dan kondisi yang memaksa jalur pendakian tersebut ditutup. Seperti cuaca ekstrem, aktivitas vulkanik yang meningkat, tanah longsor, adanya pendaki yang meninggal, hingga wabah penyakit seperti penyebaran COVID 19 sekarang ini dan berbagai kondisi lainnya yang bisa membahayakan para pendaki.

Sehingga sebelum mendaki gunung kita harus mencari informasi tentang status jalur pendakian gunung yang akan kita daki tersebut. Apakah buka atau tutup kan gak lucu kalau udah jauh-jauh pergi ke basecamp pendakian melewati badai jalanan eh pas sampai basecamp nya tutup.

Berikut ini kita rangkum beberapa status pendakian gunung update terbaru untuk buka dan tutupnya jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia.

THE SEVEN SUMMITS OF INDONESIA

The 7 summit of Indonesia ini adalah 7 puncak tertinggi yang berada di Indonesia di masing-masing pulau besar diantaranya pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Maluku, dan Papua. Ketujuh puncak tertinggi tersebut berada di tujuh gunung yang ada di masing-masing pulau tersebut dan menyandang status atap dari pulau tempat gunung tersebut berada.

Berikut ini beberapa gunung yang masuk dalam The 7 Summit of Indonesia dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Puncak CARTENSZ PYRAMID - Papua

Memiliki ketinggian 4.884 MDPL menjadikannya sebagai Atap Papua dan Indonesia

Status Pendakian: TUTUP

Jalur Pendakian jalur pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua diTUTUP untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Selain itu penutupan ini juga diperparah dengan kondisi kemanan di jalur menuju Cartenz yang masih zona merah imbas dari baku tembak KKB dengan TNI dan Polri di Intan Jaya, Papua.

Gunung KERINCI - Sumatra

Memiliki ketinggian 3.805 MDPL menjadikannya sebagai Atap Sumatra

Status Pendakian: BUKA

Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat kembali mem BUKA untuk jalur pendakian Gunung Kerinci mulai 18 Mei 2021, Setelah sebelumnya dilakukan penutupan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Gunung RINJANI - Lombok

Memiliki ketinggian 3.726 MDPL menjadikannya sebagai Atap Lombok

Status Pendakian: BUKA

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani melakukan penutupan sementara untuk jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru, Sembalun, Timbanuh, dan Aik. BUKA mulai tanggal 18 Mei 2021. Para pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan ketat pencegahan virus COVID 19.

Gunung SEMERU - Jawa

Memiliki ketinggian 3.676 MDPL menjadikannya sebagai Atap Jawa

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini terkait dengan perpanjangan PPKM level 4 di seluruh wilayah Indonesia. Sebelumnya TN Bromo Tengger Semeru di TUTUP mulai 3 - 25 Juli 2021 dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Gunung LATIMOJONG - Sulawesi

Memiliki ketinggian 3.430 MDPL menjadikannya sebagai Atap Sulawesi

Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Latimojong telah dibuka untuk umum pada 17 Maret 2021. Jalur pendakian yang dibuka yakni Jalur umum, Jalur Air Merah dan Jalur Pepandungan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan pendaki wajib membawa surat keterangn rapid test antigen.

Gunung BINAIYA - Maluku

Memiliki ketinggian 3.027 MDPL menjadikannya sebagai Atap Maluku

Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Manusela yang Gunung Binaiya termasuk di dalamnya ditutup sejak 19 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Gunung BUKIT RAYA - Kalimantan

Memiliki ketinggian 2.278 MDPL menjadikannya sebagai Atap Kalimantan

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Bukit Raya di Kalimantan ditutup sejak 16 Maret 2020. Penutupan ini diambil dengan tujuan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).


GUNUNG JAWA BARAT

Jawa Barat memang terdapat beberapa gunung yang menjulang mulai dari Gunung Ciremai yang dijuluki Atap Jawa Barat hingga gunung yang memiliki ketinggian di bawah 2.000 mdpl yang banyak sekali terdapat di wilayah Bandung dan Priangan Timur (Garut, Tasik, Ciamis dan sekitarnya)

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Barat dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ARTAPELA

Memiliki ketinggian 2.194 MDPL, Bandung

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Artapela via Cirawa TUTUP sementara akibat melonjaknya angka kasus positif COVID 19 di Bandung dan sekitarnya. Penutupan ini dilakukan karena perpanjangan PPKM level 4 dari 26 Juli - 2 Agustus 2021 dan ada kemungkinan diperpanjang tergantung dari kondisi peningkata kasus Covid 19 di Bandung dan sekitarnya.

Gunung BURANGRANG

Memiliki ketinggian 2.056 MDPL Bandung

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Burangrang Bandung TUTUP sementara akibat melonjaknya angka kasus positif COVID 19 di Bandung dan sekitarnya. Penutupan ini dilakukan karena perpanjangan PPKM level 4 dari 26 Juli - 2 Agustus 2021  dan ada kemungkinan diperpanjang tergantung dari kondisi peningkata kasus Covid 19 di Bandung dan sekitarnya.

Gunung CIKURAY

Memiliki ketinggian 2.821 MDPL, Garut

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Cikuray via Tapak Gerot, via Pemancar, via jalur Pamalayan, Bayongbong, dan Kiara Janggot BUKA mulai 26 Juli 2021. Setelah sebelumnya ditutup karena PPKM Darurat yang berkaitan dengan penyebaran virus COVID 19 yang semakin masif di wilayah Garut dan sekitarnya.

Gunung CIREMAI

Memiliki ketinggian 3.078 MDPL, Kuningan - Majalengka

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai (via Palutungan, via Linggasana, via Apuy dan via Linggarjati) TUTUP mulai 2 - 25 Juli 2021. Penutupan ini dilakukan dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali karena penyebaran virus COVID 19 yang semakin tinggi.

Gunung GALUNGGUNG

Memiliki ketinggian 2.168 MDPL, Tasikmalaya

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh jalur pendakian dan wisata Gunung Galunggung TUTUP Sementara mulai dari 3 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini dilakukan dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Gunung GEDE-PANGRANGO

Memiliki ketinggian 2.958 dan 3.019 MDPL, Cianjur - Sukabumi

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Gunung Gede dan Gunung Pangrango) TUTUP mulai 4 Juli 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali dan peprpanjangan PPKM Level 4 seluruh Indonesia karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Gunung GUNTUR

Memiliki ketinggian 2.249 MDPL dan berada di wilayah Garut

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis dan via Cikahuripan TUTUP mulai 5 Juli - 2 Agustus 2021 dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali yang diperpanjang menjadi PPKM Level 4 seluruh Indonesia karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Gunung MANGLAYANG

Memiliki ketinggian 1.818 MDPL, Bandung

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda dan Via Barubeureum TUTUP sementara akibat melonjaknya angka kasus positif COVID 19 di Bandung dan sekitarnya. Penutupan ini dilakukan hingga 2 Agustus 2021 mendatang dan ada kemungkinan diperpanjang tergantung dari kondisi peningkata kasus Covid 19 di Bandung dan sekitarnya.

Gunung PAPANDAYAN

Memiliki ketinggian 2.665 MDPL Garut

Status Pendakian: TUTUP

Wisata alam dan pendakian Gunung Papandayan TUTUP mulai 27 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini berkaitan dengan meningkatnya penyebaran virus COVID 19 di wilayah Garut dan sekitarnya.

Gunung PATUHA

Memiliki ketinggian 2.440 MDPL Bandung

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian gunung Patuha TUTUP sementara akibat melonjaknya angka kasus positif COVID 19 di Bandung dan sekitarnya. Penutupan ini dilakukan hingga 2 Agustus 2021 mendatang dan ada kemungkinan diperpanjang tergantung dari kondisi peningkata kasus Covid 19 di Bandung dan sekitarnya.

Gunung SALAK

Memiliki ketinggian 2.211 MDPL Bogor - Sukabumi

Status Pendakian: TUTUP

Saat ini Gunung Salak masuk ditutup dan belum ada informasi lebih lanjut untuk pembukaan kembali jalur pendakiannya.

Gunung TANGKUBAN PERAHU

Memiliki ketinggian 2.084 MDPL, Bandung

Status Pendakian: TUTUP

Tman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu TUTUP sementara mulai 3 Juli - 2 Agustus 2021. Penutupan ini dilakukan karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali yang diperpanjang menjadi PPKM Level 4 untuk melawan penyebaran wabah virus Covid 19. Ada kemungkinan penutupan diperpanjang sesuai dengan situasi penyebaran virus COVID 19.


GUNUNG JAWA TENGAH

Jawa Tengah memang menjadi salah satu tujuan utama para pendaki gunung terutama wilayah Wonosobo dan sekitarnya. Hal ini karena wilayah tersebut sangat dekat dengan beberapa gunung yang terkenal dan salah satunya yakni Gunung Prau yang memiliki sunrise terbaik se asia tenggara.

Tak hanya itu Jawa Tengah pun memiliki gunung yang dijuluki triple S yakni Sindoro, Sumbing dan Slamet. Dimana ketiganya adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lalu ada juga pesona indahnya Gunung Merbabu yang membuat para pendaki selalu rindu untuk kembali mampir di padang sabananya yang luas dan menakjubkan.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ANDONG

Memiliki ketinggian 1.463 MDPL, Salatiga - Semarang - Magelang

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Andong via Pendem dan jalur via Sawit TUTUP mulai tanggal 29 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini berkaitan dengan masuknya wilayah Magelang, Semarang, dan Salatiga kedalam zona merah penyebaran virus COVID 19.

Gunung BISMO

Memiliki ketinggian 2.365 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Bismo via Deroduwur, via Pulosari, via Maron BUKA mulai 21 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.

Sementara itu untuk jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak, via Sikunang dan via Ngadam kembali TUTUP 26 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan akibat perpanjangan PPKM Level 4 Seluruh Indonesia.

Sebelumnya pendakian gunung Bismo tutup pada 5 - 20 Juli 2021 menyusul penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung KEMBANG

Memiliki ketinggian 2.320 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem,via Lengokong akan kembali BUKA kembali mulai 26 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan wabah virus COVID 19. Setelah sebelumnya TUTUP pada 5 - 25 Juli 2021 menyusul penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung LAWU

Memiliki ketinggian 3.265 MDPL, Karanganyar - Ngawi - Magetan

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, via Candi Ceto, via Cemoro Kandang dan via Singolangu TUTUP sementara mulai 3 Juli - 2 Agustus 2021 terkait pelaksanaan PPKM Darurat Jawa dan Bali yng diperpanjang menjadi PPKM Level 4 seluruh Indonesia untuk melawan penyebaran virus COVID 19 yang makin masif. Namun hingga kini belum ada info resmi pembukaan kembali jalur pendakian gunung Lawu.

Gunung MERAPI

Memiliki ketinggian 2.930 MDPL, Magelang - Yogyakarta

Status Pendakian: TUTUP

Gunung Merapi masih tertutup untuk pendakian, dikarenakan aktivitas vulkanik aktif dan letusan-letusan yang beberapa kali terjadi (Status: Level III - SIAGA). Update terakhir terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada 4 November 2020 dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau SIAGA.

Gunung MERBABU

Memiliki ketinggian 3.145 MDPL, Magelang - Boyolali

Status Pendakian: TUTUP

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu kembali melakukan penutupan pendakian Gunung Merbabu untuk seluruh jalur pendakian jalur pendakian via Suwanting, via Wekas, via Selo, via Cunthel dan via Thekelan mulai 29 Juni 2021 sampai waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut karena Kabupaten Magelang masuk dalam Zona Merah penyebaran virus COVID 19.

Padahal Gunung Merbabu baru dibuka kembali pada 14 Juni 2021 lalu dengan mewajibkan para pendaki untuk membawa surat hasil tes Rapid test Antigen atau GeNose dengan hasil negatif Covid 19. Serta diterapkan pula protokol kesehatan ketat pencegahan penyebaran virus Covid 19.

Gunung PRAU

Memiliki ketinggian 2.565 MDPL, Wonosobo

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh jalur pendakian Gunung Prau (via Patak Banteng, via Kalilembu, via Igrimanak, via Dieng, via Wates, dan via Dieng Kulon) TUTUP total mulai tanggal 5 Juli 2021 dan diperpanjang hingga 25 Juli 2021 karena gunung Prau berada dalam wilayah Wonosobo dan Temanggaung yang masuk dalam wilayah yang wajib menerapkan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk mencegah penyebaran masif dari virus COVID 19.

Gunung SINDORO

Memiliki ketinggian 3.136 MDPL, Temanggung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kedung, via Sigedang, via Bansari, via Bedakah, dan via Banaran kembali BUKA mulai 21 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sebelumnya sempat TUTUP pada 4 - 20 Juli 2021 karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung SLAMET

Memiliki ketinggian 3.428 MDPL, Purbalingga - Banyumas - Tegal - Brebes

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Cemara Sakti - Pemalang BUKA meskipun ada anjuran tutup selama PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan dan via Gunung Malang - Purbalingga di TUTUP kembali mulai 3 - 25 Juli 2021 terkait PPKM Mikro di Kabupaten Purbalngga.

Sementara jalur pendakian via Guci - Tegal masih TUTUP sampai 25 Juli 2021 karena meningkatnya penyebaran wabah COVID di daerah kabupaten Tegal.

Untuk jalur via Kaliwadas - Brebes, Via Dipajaya - Pemalang, via Baturaden - Purwokerto dalam status TUTUP. Sementara untuk jalur pendakian via Juramangu dan via Penakir masih belum ada kabar tentang pembukaan kembali pendakiannya. Para pendaki diharapkan mematuhi penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus COVID 19.

Gunung SUMBING

Memiliki ketinggian 3.371 MDPL, Magelang - Wonosobo - Temanggung

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Banaran, via Gajah Mungkur, via Kledung, via Batusari, dan via Bowongso BUKA mulai tanggal 21 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sementara untuk jalur pendakian via Kaliangkrik Butuh (Nepal van Java) dan via Mangli TUTUP sementara sejak 29 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Untuk jalur Pendakian via Garung TUTUP sementara mulai 3 Juli 2021 sampaibatas waktu yang elum ditentukan. Penutupan ini berkaitan dengan surat edaran Bupati Magelang karena wilayah Magelang masih dalam zona merah penyebaran virus COVID 19 serta penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Gunung TELOMOYO

Memiliki ketinggian 1.894 MDPL, Semarang

Status Pendakian: TUTUP

Pendakian Gunung Telomoyo via Arsal, via Pagergedong, dan via Dalangan TUTUP sementara mulai 29 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini berkaitan dengan wilayah Semarang masuk dalam zona merah penyebaran virus COVID 19.

Gunung UNGARAN

Memiliki ketinggian 2.050 MDPL, Semarang - Magelang

Status Pendakian: TUTUP

Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan, via Mawar dan via Medini TUTUP sementara karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk melawan penyebaran virus COVID 19.


GUNUNG JAWA TIMUR

Jawa Timur memang memiliki beberapa gunung yang begitu menakjubkan terutama di sebelah selatan wilayahnya. Ada gunung Semeru yang jadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dan masih the seven summits of Indonesia. Lalu ada gunung Raung dengan trek terekstrim di Indonesia dan juga ada gunung Bromo yang kecantikannya jadi daya tarik utama turik dalam negeri dan luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Timur dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ANJASMORO

Memiliki ketinggian 2.282 MDPL, Jombang

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Anjasmoro secara resmi belum di buka untuk pendakian. Hal ini karena gunung yang terletak di Jombang ini masuk ke dalam kawasan konservasi ang dilindungi.

Gunung ARGOPURO

Memiliki ketinggian 3.088 MDPL

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Argopuro yang terkenal paling panjang di pulau jawa ini hingga sekarang masih ditutup sejak pandemi Corona Virus (COVID-19) mulai menyerang Indonesia.

Gunung ARJUNO-WELIRANG

Memiliki ketinggian 3.339 dan 3.156 MDPL, Malang - Pasuruan

Status Pendakian: TUTUP

Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang (Jalur via Lawang, via Sumber Brantas, via Cangar, via Purwosari, via Tretes) TUTUP sementara mulai 24 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini berkaitan dengan SK Gubernur Jawa Timur No. 188/344/KPTS/013/2021 Tentang Perpanjangan Kesembilan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro untuk pencegahan penyebaran virus COVID 19.

Gunung BROMO

Memiliki ketinggian 2.329 MDPL, Probolinggo - Pasuruan - Malang - Lumajang

Status Pendakian: TUTUP Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) Penutupan terkait PPKM Darurat Jawa dan Bali diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021. Sebelumnya TN Bromo Tengger Semeru di TUTUP mulai 3 - 20 Juli 2021 dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Gunung BUTAK

Memiliki ketinggian 2.868 MDPL, Malang

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Butak (Bhutak) via Panderman TUTUP semetara mulai 3 - 25 Juli 2021 menyusul penerapan PPKM Darurat di Malang dan Kota Batu untuk melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung KELUD

Memiliki ketinggian 1.731 MDPL, Malang - Kediri - Blitar

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Kelud via jalur Tunggul resjo, dan via Karangrejo TUTUP sementara sejak 3 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini dilakukan karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dalam langkah untuk melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung PENANGGUNGAN

Memiliki ketinggian 1.653 MDPL, Pasuruan - Mojokerto

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Penanggungan (via Tamiajeng, via Jolotundo, via jalur Kedungudi, via Telogo) TUTUP Sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan karena penerapan PPKM Mikro pencegahan wabah virus covid 19. Hingga kini belum ada informasi pembukaan kembali untuk pendakian gunung Penanggungan.

Gunung PUTHUK GRAGAL

Memiliki ketinggian 1.480 MDPL, Mojokerto

Status Pendakian: TUTUP

Pendakian Gunung Puthuk Gragal TUTUP sementara mulai 3 - 25 Juli 2021. Penutupan ini dilakukan krena penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat Jawa dan Bai untuk pencegahan penyebaran virus COVID 19.

Gunung RAUNG

Memiliki ketinggian 3.260 MDPL, Banyuwangi

Status Pendakian: TUTUP

Gunung Raung yang menjadi gunung dengan trek terekstrem di Indonesia ini masih TUTUP. Hal ini karena Gunung Raung mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dan beberapa kali terjadi erupsi pada 21 Januari 2021. Sehingga status Gunung Raung dinaikan menjadi Level II (Waspada). Sehingga jalur pendakian Gunung Raung ( via Kalibaru, dan via Sumber Waringin) di TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Gunung WILIS

Memiliki ketinggian 2.169 MDPL, Malang

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Wilis via Candi Penampihan TUTUP mulai 3 Juli 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini terkait penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dalam rangka melawan penyebaran virus COVID 19.

KAWAH IJEN

Memiliki ketinggian 2.779 MDPL, Banyuwangi

Status Pendakian: TUTUP

Seluruh wisata di wilayah TWA Kawah Ijen TUTUP mulai 3 - 25 Juli 2021 dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.


GUNUNG LUAR PULAU JAWA

Bukan hanya gunung-gunung yang terdapat di pulau Jawa saja yang menjadi favorit para pendaki Indonesia. Ternyata beberapa gunung di luar Pulau Jawa uga memiliki pesona dan daya tariknya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Luar Pulau Jawa dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

Gunung ABANG - Bali

Memiliki ketinggian 2.152 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Abang di Bali TUTUP mulai 3 - 20 Juli 2021 karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dalam rangka melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung AGUNG - Bali

Memiliki ketinggian 3.031 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Agung, Bali TUTUP karena statusnya masih Level II (Waspada) dilarang mendaki 2km dari bibir kawah Gunung Agung. Untuk pendakian saat ini tergantung kebijakan di desa lokasi starting point jalur pendakian.

Gunung BATUKARU - Bali

Memiliki ketinggian 2.276 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Batur di Batukaru TUTUP mulai 3 - 20 Juli 2021 karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dalam rangka melawan penyebaran virus COVID 19.

Gunung BATUR - Bali

Memiliki ketinggian 1.717 MDPL, Bali

Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Batur di Bali TUTUP secara resmi sejak 23 Maret 2021 dan hingga kini belum ada informasi dibuka.

Gunung DEMPO - Sumatra Selatan

Memiliki ketinggian 3.173 MDPL, Pagaralam, Sumatra Selatan

Status Pendakian: BUKA

Sempat ditutup sementara selama pergantian tahun, Jalur pendakian Gunung Dempo kini telah diBUKA kembali mulai tanggal 4 Januari 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegarahan penyebaran virus Covid 19.

Gunung LEUSER, - Aceh

Memiliki ketinggian 3.119 MDPL, Aceh

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Leuser yang merupakan jalur pendakian terpanjang se Asia Tenggara ini BUKA untuk umum. Para pendaki diwajibkan untuk benar-benar mempersiapkan fisik, mental, logistik dan pengetahuan survival dasar dengan baik. Hal ini karena waktu tempuh jalur pendakian Gunung Leuser ini membutuhkan sekitar 14 hingga 17 hari. Sehingga management logistik dan juga pengetahuan survival dasar wajib untuk dikuasai oleh para pendaki.

Gunung PESAGI - Lampung

Memiliki ketinggian 2.262 MDPL, Lampung

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Pesagi BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus covid 19.

Gunung SIBAYAK - Medan

Memiliki ketinggian 2.212 MDPL, Medan

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Sibayak kembali BUKA mulai 27 November 2020. Keputusan ini diambil setelah pihak Tahura Bukit Barisan mengirimkan tim untuk melakukan penelitian dan memperoleh kesimpulan, bahwa tak ada lagi ditemukan konflik dengan harimau yang sebelumnya sempat viral di media sosial.

Gunung SOPUTAN - Sulawesi Utara

Memiliki ketinggian 1.784 MDPL, Sulawesi Utara

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Soputan BUKA dan para pendaki diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid 19.

Gunung TALAMAU - Sumatra Barat

Memiliki ketinggian 2.913 MDPL, Sumatra Barat

Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Talamau via Pinaga, Pasaman Barat dan juga jalur pendakian via Janjang Saribu, Lubuk Lndua BUKA untuk umum. Setelah sebelumnya sempat di TUTUP pada tanggal 1 Januari - 28 Februari 2021 dengan tujuan untuk pemulihan ekosistem di sekitar jalur pendakian.

Gunung TAMBORA - Sumbawa

Memiliki ketinggian 2.850 MDPL, Sumbawa

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Tambora via Jalur Pendakian Pancasila, Jalur Pendakian Doro ncanga, Jalur Pendakian Piong, Jalur Pendakian Kawinda Toi Buka pada libur lebaran. Pembukaan ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran virus Covid 19. Tak hanya itu pihak Taman Nasional Tambora juga membatasi pendakian hanya 30% dari kuota pendakian normal.


Info buka tutup gunung indonesia - foto instagram candrahdrnt28
Info buka tutup gunung indonesia - foto instagram candrahdrnt28

Karena Indonesia itu indah dan jika ingin menikmatinya maka bangunlah dari kasurmu dan mulailah menjelajah. Tetaplah menjelajah dan terus temukan hal menakjubkan disetiap penjelajahanmu dan sampai ketemu di puncak-puncak tertinggi Indonesia. Jika kamu punya info terbaru tentang buka/tutup nya jalur pendakian gunung yang lebih update bisa tulis di komentar ya sobat Jelajah Lagi.

update info buka tutup gunung indonesia Gunung Merbabu buka Juni - foto instagram indrasutantoo
Pendakian Gunung Merbabu kembali tutup setelah sekian purnama - foto instagram indrasutantoo

Leave A Reply
  1. Bulan juli tahun 2021 puncak buthak buka apa tutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. UPDATE!! terbaru 3 Juli pendakian gunung Buthak TUTUP terkait penerapan PPKM Darurat di Malang dana Kota Batu

      Hapus
  2. untuk tgl 24 juli g.bhutak buka gk iya minn....
    punya kontk bc panderman gk min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tanggal 24 Juli sepertinya masih tutup kak karen PPKM Darurat nya diperpanjang hingga tanggal 25 Juli ditambah lagi belum ada info resmi pembukaan kembali jalur pendakiannya.

      Untuk kontak BC nya bisa gabung di group telegram Panderman x Buthak linknya ada di profil IG @panderman_buthak

      Hapus
  3. Panderman buka kapan ya? Info ya

    BalasHapus
  4. Persyaratan untuk gunung Sindoro apa ya min

    BalasHapus
  5. gunung butak via Panderman bukak apa tutup?

    BalasHapus