-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

6 spot foto gunung prau selain sunrise - foto instagram sholehudinn_r

Menjadi salah satu gunung dengan sunrise tercantik di Indonesia, menjadikan Gunung Prau di Wonosobo dan Temanggung ini menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. Selain itu dengan ketinggian hanya 2590 mdpl membuat gunung ini sangat ramah untuk pendaki pemula atau bahkan menjadi gunung yang pertama kali kamu daki.

Ternyata tak hanya sunrise nya saja yang epic dan jadi spot foto buruan para pendaki di Gunung Prau loh. Ada beberapa spot foto lainnya yang tak kalah epic yang ada di gunung pegan julukan puncak 1000 bukit ini.

Dan berikut ini beberapa pesona lain dari Gunung Prau yang mampu memikat mata dan tentunya bisa jadi background foto kamu selama di sana selain sunrisenya.

1. Padang Bunga Daisy

Bunga Daisy yang memiliki warna putih dan juga pink ini memang menjadi salah satu bunga khas yang ada di Gunung Prau. Di saat gunung lain bangga dengan si bunga abadi Edelweise, Gunung Prau juga tak kalah nih dengan padang Daisy nya yang cantik dan indah.

Padang  Daisy Gunung Prau - Foto Instagram irva_herliyanty
Padang  Daisy Gunung Prau - Foto Instagram irva_herliyanty
Bahkan kecantikan Daisy ini gak kalah dengan edelweise loh. Malah menurut saya lebih cantik Daisy terutama warnanya apalagi kalau lagi berembun di pagi hari, pasti epic banget deh. Bisa jadi surganya para fotografer makro khususnya untuk bunga nih.

Nah padang daisy ini terbentang begitu luas bersama padang ilalang di sabana Gunung Prau. Tapi jika kamu ingin padang Daisy yang begitu rapat dan indah di Gunung Prau maka cobalah untuk menyusuri jalur yang menuju ke puncak Prau dari Sunrise Camp Patak Banteng atau Shelter. Hanya berjalan sekitar 20 menit maka kamu bisa mendapati kumpulan Daisy yang cantik di sebelah kanan jalur loh dan sangat fotogenik banget mereka loh.

Pokoknya kalau ke Prau jangan lupa foto sama si bunga Daisy ini ya tapi ingat jangan di petik. Tapi biarkanlah mereka tumbuh cantik agar bisa berbenih dan bisa menumbuhkan daisy daisy yang lainnya. Bukankah kita dilarang mengambil apapun di gunung kecuali foto.

2. Pohon Mati Ditengah Sabana

Nah satu lagi nih selain bunga daisy yag bisa kamu ajak foto ketika berada di Prau, yaitu pohon mati yang ada di sabana padang ilalang dan daisy gunung Prau. Ada beberapa pohon yang bisa dijadikan tempat atau spot foto kamu loh.

Pohon mati Sabana Gunung Prau - Foto instagaram marliana_lianaa
Pohon mati Sabana Gunung Prau - Foto instagaram marliana_lianaa
Yang pertama ada pohon mati yang berada di dekat papan Telaga Wurung yang detak dengan Puncak Prau. Pohon mati ini terguling di tengah dekat jalur dan biasanya dijadikan tempat duduk untuk istirahat para pendaki.

Pohon yang sudah tak berkulit ini sangat cocok banget nih jadi spot foto untuk kamu dengan pose-pse seperti model sedang duduk. Pokoknya lumayan banget nih dan bisa membuat foto kamu lebih aesthetic banget.

Tapi jika kamu ingin foto yang lebih menantang dan memunculkan jiwa petualanganmu. Maka cobalah berfoto dengan pohon mati yang masih berdiri. Kamu bisa memanjat pohon mati ini yang berada di jalur menuju puncak Prau. Tapi ingat tetap hati-hati ya karena yang namanya pohon mati otomatis akarnya pun ikut mati dan bisa saja roboh.

Dan satu lagi pohon yang unik di gunung Prau yang bisa kamu ajak foto yaitu pohon cemara yang melengkung. Pohon yang satu ini masih hidup ya tapi karena terserang badai jadi ia tumbuh melengkung dan tetap bertahan untuk terus tumbuh.

Sehinga terciptalah pohon cemara yang batangnya melengkung menyerupai tempat duduk yang bisa kamu duduki untuk berfoto loh. Dan untuk menemukan pohon yang satu ini kamu bisa naik gunung Prau via Basecamp Wates atau Igirmranak. Dan letaknya tepat di Plawangan atau batas vegetasi.

3. Bukit Teletubis Prau

Seperti julukannya Gunung Prau itu adalah Puncak Seribu Bukit dan memang benar adanya karena di Gunung ini kalian akn menemukan banyak sekali bukit bukit yang dipeuhi bunga daisy. Dan gugusan bukit-bukit tersebut memang terlihat seperti bukit-bukit yang berada dalam serial anak Teletubis.

Bukit Teletubis Gunung Prau - Foto Instagram andipio
Bukit Teletubis Gunung Prau - Foto Instagram andipio
Bukit teletubis ini dapat dinikmati dari sunrise camp Patak Banteng loh dan sering dijadikan background foto ketika sunrise tiba loh. Selain itu saat memasuki musim hujan dan akhir musim hujan maka bukit-bukit ini akan lebih indah lagi dengan dihiasi bunga Daisy yang begitu banyak.

Jadi jangan pernah lewatkan untuk berfoto di bukit Teletubis Prau ini. Dan waktu terbaiknya adalah pada bulan Maret nih atau saat Gunung Prau kembali di buka untuk pendaki setelah penutupan untuk perbaikan jalur pendakian.

4. Shelter dan Mushala Al Hadi

Nah ada satu lagi nih yang baru di Gunung Prau yakni adanya bangunan Aesthetic dan Instagramable banget yang dibangun oleh salah satu brand outdoor Indonesia. Dua bangunan ini memang menjadi salah satu spot foto baru yang ada di Gunung Prau.

Shelter dan mushala al Hadi Gunung Prau - Foto Instagram jajang_jaelani95
Shelter dan mushala al Hadi Gunung Prau - Foto Instagram jajang_jaelani95
Kamu bisa berfoto dengan duduk di kursi lipat portabel di depan shelter emergency tersebut seolah seperti pemiliknya. Tapi tetap shelter dan Mushala Al Hadi ini memang difungsikan sebagaimana mestinya yakni untuk shelter emergency jika ada pendaki yang terluka atau hipotermia dan juga kamu bisa shalat di Mushala Al Hadi dengan tenang.

5. Bukit Rindu

Nah bukit yang satu ini memang menjadi pesaing sunrise camp patak banteng loh karena di bukit Rindu ini kamu bakalan mendapatkan pemandangan sunrise yang tak kalah epic dari sunrise camp patak banteng.

Bukit Rindu Gunung Prau - Foto Instagram jalalludinj
Bukit Rindu Gunung Prau - Foto Jaenal Jalalludin
Dan jika beruntung kamu juga bisa banget loh menikmati sunset dengan latar lembah Dieng dari Bukit Rindu ini loh. Jadi kalau ngecamp disini maka kamu akan dapat 2 keuntungan yakni bisa menikmati sunrise yang tak kalah epic dan juga sunset Dieng yang pasti epic banget. Lumayan kan bisa dapet sunrise dan sunset sekaligus tanpa harus pindah-pindah tempat.

Bagi yang sering mendaki Prau via basecamp Patak Banteng atau Dieng pasti bingung dimana letak bukit Rindu ini. Tapi bagi pendaki via Basecamp Wates dan Igirmranak pasti tau bukit Rindu ini yang jadi Sunrise Camp kedua di gunung Prau.

Tapi hati-hati ya kalau ke bukit Rindu ini karena kamu bisa terjangkit Rain Du loh apalagi ngecamp nya bareng si dia yang jadi incaranmu, ups.

6. Puncak Prau

Nah pasti hampir 90% para pendaki Gunung Prau akan kebingungan jika ditanya sudah ke puncak gunung Prau belum atau saat ditanya jalan ke puncak kemana ya. Hal ini sama seperti saya yang juga harus 3 kali mendaki ke gunung Prau baru bisa sampai ke Puncak Gunung Prau dan foto bersama papan Selamat Darang di Puncak Gunung Prau 2590mdpl.

Puncak Gunung Prau - Foto Team Bala-Bala
Puncak Gunung Prau - Foto Team Bala-Bala
Kebanyakan pendaki gunung Prau memang tak sempat atau tak tau dimana puncak Prau berada karena disini memang terdapat banyak sekali bukit-bukit yang puncaknya bisa terlihat dengan mata. Selain itu tak adanya penanda untuk menuju puncak Prau membuat para pendaki kebingungan dan akhirnya menganggap bahwa sunrise camp Patak Banteng sebagai puncak dari gunung Prau.

Padahal pada kenyataannya titik tertinggi gunung Prau yakni berada di bukit yang terdapat papan Selamat Datang di Pncak Gunung Prau 2590mdpl. Tapi kembali lagi kebanyakan pendaki ke gunung Prau adalah untuk menikmati keindahan sunrisenya yang sangat indah dan yang terbaik di Asia Tenggara loh.

Sehingga puncak Prau tak begitu dihiraukan dan tak menjadi tujuan utama datang ke Gunung Prau ini. Tapi bagi kamu yang mendaki gunung Prau via Basecamp Dieng maka kamu akan selalu bertemu dengan Puncak Prau. Karena untuk menuju sunrise camp harus melewati Puncak Prau terlebih dahulu.

Memang pemandangan di puncak Prau ini tak sebagus pemandangan di sunrise camp. Tapi ada kenikmatan tersendiri dengan berfoto di titik tertinggi Gunung Prau ini loh sebagai tanda kita sudah lulus mendaki gunung Prau.

Kamu juga bisa melihat lembah Dieng dari Puncak Prau loh seperti telaga warna kawah sikidang dan juga perkebunan dan pemukiman warga serta jalan Dieng yang eksotis. Jadi kamu harus berapa kali ke gunung Prau untuk bisa foto di papan Selamat Datang di Puncak Gunung Prau 2590mdpl?

Itulah beberapa spot foto menarik yang ada di gunung Prau puncak seribu bukit yang bisa menjadi background fotomu lebih indah selain sunrise nya yang cantiknya tak terbantahkan kaya kamu, ups.

Salam lestari!

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)