4 Tempat yang Cocok untuk Menenangkan Diri di Jogja Biar Gak Galau Terus - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Tempat menenangkan diri di Jogja biar gak galau - foto instagram lilysanti95

Kadang dalam hidup ini kita akan merasakan saat-saat sedang terpuruk, patah hati, hingga dicecar pertanyaan horor "Kapan Nikah?" yang biasanya muncul ketika momen lebaran dan kumpul keluarga. Yang pasti semua hal di atas bakalan bikin pikiran tak tenang dan galau berkepanjangan.

Hal tersebut jangan sampai terus terjadi dan berkepanjangan ya. Karena ada beberapa kasus ekstrim yang terjadi seperti di berita ada seorang pemuda yang tega membunuh tetanganya karena kesal ditanyain kapan nikah terus.


Dari pada sampai kalap kaya gitu mendingan langsung aja pergi aja tapi bukan pergi terus tiba-tiba menghilang kaya dia ya, eh. Tapi kamu bisa pergi ke 4 tempat di Jogja ini yang cocok banget buat menenagkan diri biar gaaunya gak keterusan.


Siapa tau setelah kesana yang patah hati bisa move on, yang ditanyain kapan nikah terus bisa bunuh rasa kesalnya dan jawab selow aja. Yang pasti bisa menenangkan diri kamu dan menambah semangat serta mood boster banget deh. Dan langsung aja berikut ini 4 tempat yang cocok banget untuk menenangkan diri di Jogja biar galaunya gak keterusan.


1. Pantai Ngetun

Nah kalau kamu lagi terpuruk dan perlu menenangkan diri maka Pantai Ngetun bisa menjadi pilihan nih. Pantai yang ada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogja ini memang sangat cocok untuk mencari ketenangan. Nama pantai ini sendiri ternyata memiliki arti mengintip loh dan warga setempat mengucapkannya menjadi Ngetun dan akhirnya dijadikan nama untuk pantai ini.


Pantai Ngetun Jogja - foto instagram nugcahyo_
Pantai Ngetun Jogja - foto instagram nugcahyo_

Seperti asal dan arti namanya memang Pantai Ngetun ini memiliki luas yang kecil dan seperti sedang mengintip laut diantara bukit-bukit hijau di sekitarnya. Dan karena pantai yang relatif kecil membuat pantai ini tak begitu dikenal orang dan masih kalah dengan pantai-pantai besar yang sudah ramai di sekitarnya.


Namun meskipun pantai ini kecil tapi pemandangan dan suasananya begitu menenangkan dan indah. Keadaan sekitarnya pun masih sangat alami dan masih sepi pengunjung sehingga bisa menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan diri dari masalah hidup yang menusuk bertubi-tubi atau sekedar menghindar dari pertanyaan kapan nikah saat lebaran.


Ditambah lagi Pantai Ngetun ini buka 24 jam loh sehingga kamu bisa membawa tenda dan ngecamp di pinggir pantai sambil menenangkan diri. Enak banget kan sejenak meninggalkan hiruk-pikuk kota dengan segala masalahnya. Selain itu biaya untuk berkunjung ke Pantai Ngetun ini relatif murah sehingga gak bakalan membuat kamu pusing karena dompet ikutan terkuras.


Meskipun pantai Ngetun ini kecil namun ternyata pesonanya begitu indah loh. Karena selain bisa menenangkan diri di sini, kamu juga bisa menikmati birunya air laut alami dan juga pasir putih yang bersih dan bebas sampah. Lalu kamu bakalan menikmati pemandangan dua bukit yang ada di samping Pantai Ngetun yang biasa menjadi tempat memancing lobster bagi warga sekitar.


Kamu juga kalau beruntung bisa bertemu penyu yang sedang bertelur atau anak-anak penyu yang sedang berjuang untuk menggapai laut untuk bertahan hidup. Karena memang kondisi Pantai Ngetun yang masih asri dan alami serta bersih menjadi tempat favorit bagi penyu untuk singgah dan bertelur. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri dibanding pantai lainnya.


Di sini juga kamu bisa menikmati sunrise dan sunset loh yang pastinya bakalan membuat kamu betah. Atau kalau senggang kamu bisa mendaki dua bukit yang berada di samping pantai Ngetun ini untuk bisa berdiri di puncaknya yang bernama Puncak Watu Bangku dan Watu Gentong. Sehingga kamu bisa melupakan sejenak masalah untuk menenangkan diri.


2. Pantai Kesirat

Jika Pantai Ngetun memiliki pasir putih yang indah, berbeda halnya dengan Pantai Kesirat. Karena di pantai ini kamu tak akan menemui pasir putih atau pun bermain dengan ombak di bibir pantai. Tebing-tebing yang kokoh berdiri dengan struktur yang cantik bakalan kamu temui disini.


Pantai Kesirat Jogja - foto instagram veraningsih
Pantai Kesirat Jogja - foto instagram veraningsih

Pantai yang berada di Dusun Karang, Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Jogja ini memang memiliki pesona deretan tebing yang indah dan cocok banget buat menjadi tempat menenangkan diri ketika sedang frustasi atau terpurukdan galau.

Meskipun pantai yang satu ini gak ada pasir putih dan kamu gak bisa bermain dengan ombak, tapi panorama alam di sini sangat indah dan unik. Perpaduan antara birunya laut dan hijaunya rerumputan yang dipisahkan oleh warna kecoklatan dari tebing yang berderet menjadi sebuah pemandangan yang cantik dan menarik.


Bahkan tak heran beberapa orang yang berkunjung ke pantai yang satu ini menyebut bahwa Pantai Kesirat adalah "Surga yang Tersembunyi" karena memang letaknya yang tersembunyi. Pesona sunset di Pantai Kesirat ini juga sangat eksotis loh dan bisa menyihir kamu untuk menenangkan diri. dan melepaskan semua masalah hidup sejenak.


Bagi yang suka memancing cocok banget nih menenangkan diri di pantai yang satu ini. Karena ada "Rock Fishing" yakni sebuah tebing setinggi 15 hingga 30 meter yang menjadi tempat favorit untuk memancing ikan. Bahkan tak hanya warga setempat yang menjadikan tebing tersebut untuk memancing, bahkan para pengunjung dari luar daerah juga sering memancing di tempat ini.


Dan tentunya kamu juga bisa ikutan mengundi nasib dengan memancing ikan di Rock Fishing ini. Kan lumayan bisa buat bakar-bakaran untuk makan malam di pantai ini yang juga mengizinkan untuk berkemah atau camping.


Yang pasti Pantai Kesirat ini sangat cocok banget deh buat menenangkan diri sejenak dari masalah hidup dan keterpurukan yang bikin galau. Ditambah lagi untuk urusan spot foto, pantai satu ini hampir setiap sudutnya sangat indah untuk diabadikan dan menjadi latar foto kamu.


3. Pantai Siung

Berbeda dengan dua panti di atas, Pantai Siung ini sudah banyak dikunjungi oleh para pecinta pantai untuk liburan dan melakukan kegiatan lainnya. Bahkan pantai yang berada di desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogja ini juga sempat menjadi tuan rumah dalam ajang panjat tebing internasional loh. Meskipun begitu Pantai Siung masih bersih dan lautnya tetap terjaga serta masih asri.


Pantai Siung Jogja - Foto instagram sssuuunnnyyy21
Pantai Siung Jogja - Foto instagram sssuuunnnyyy21

Jadi cocok banget deh untuk menjadi tempat menenangkan diri dari masalah hidup yang sedang dihadapi. Panorama di pantai ini juga sangat indah loh dimana pantai pasir putihnya berpadu dengan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya.

Dan yang pasti di pantai ini kamu bisa camping loh sehingga bisa sejenak melepas penat dan menenangkan diri dari masalah yang datang bertubi-tubi. Selain berkemah atau camping kalau kamu hobi panjat tebing, Pantai Siung ini sangat cocok buat kamu loh. Karena di sini terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing yang bisa kamu jajal.


Bahkan ASEAN Climbing Gathering pernah digelar di Pantai Siung loh dimana pesertanya mencapai 250 pemanjat yang berasal dari berbagai negara di Asia bahkan sampai Eropa loh. Setelah acara tersebut pantai ini dijuluki Siung Beach, The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta Keren kan.


Selain itu kamu juga bisa bermain dengan pasir putih yang bersih atau menangkap ikan yang terperangkap di karang saat surut hingga melihat kera liar yang bergelantungan diatas pohon di sekitar pantai. Kamu juga bisa menaiki bukit yang ada di sisi timur pantai untuk menikmati matahari terbenam dari pantai ini.


Oya hampir lupa, nama pantai Siung sendiri ternyata berasal dari sebuah tebing yang menjulang dari arah timur ke barat. Tebing tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan gigi kera atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan Siung Wanara.


Akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Siung oleh penduduk sekitar. Terlebih lagi di pantai ini terdapat gerombolan kera liar yang biasanya akan turun dari atas pohon ketika suasana pantai sudah sepi. Dan yang pasti Pantai Siung dengan segala keindahan pasir putih dan tebingnya bakalan jadi tempat yang cocok untuk kamu menenangkan diri.


4. Hutan Pinus Mangunan

Jika tiga tempat di atas yang cocok untuk menenangkan diri adalah sebuah pantai maka di daftar nomor 4 ini untuk tempat yang cocok menenangkan diri di Jogja adalah sebuah hutan. Tepatnya Hutan Pinus Mangunan yang berada di Sukorame, Mangunan, Imogiri, Bantul Jogja.


Hutan Pinus Mangunan Jogja - Foto instagram khairulzaky
Hutan Pinus Mangunan Jogja - Foto instagram khairulzaky

Kenapa Hutan Pinus Mangunan ini masuk dalam daftar tempat yang cocok untuk menenangkan diri di Jogja? Tentu karena suasana yang tercipta di hutan pinus ini dapat membuat para pengunjung merasa damai karena suasananya yang masih sangat asri dan alami serta mampu menenangkan diri ketika sedang galau atau terpuruk.


Seperti namanya kamu bakalan menemukan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan banyak banget deh. Ditambah lagi dengan adanya panggung yang lengkap dengan kursi kayu yang menyatu dengan pohon pinus yang menjulang membuat semakin cantik Hutan Pinus Mangunan ini. Bahkan panggung dan kursi kayu tersebut jadi icon tersendiri untuk Hutan Pinus Mangunan.


Kamu juga bisa memenangkan diri sambil menaiki hammock atau ayunan khas anak pecinta alam yang disediakan oleh pengelola. Atau kamu bisa treking mendaki melalui jalur outbond menuju Watu Abang yang menurut masyarakat sekitar dahulu menjadi tempat pertapaan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo sang penguasa Kerajaan Mataram.


Hutan pinus seluar 500 hektar ini memiliki banyak pepohonan tinggi dan tak hanya pohon pinus saja. Dan yang pasti bakalan membuat suasana menjadi sejuk dan tenang serta cocok untuk memenangkan diri ketika ada masalah.


Padahal dahulu sebelum menjadi Hutan Pinus Mangunan kawasan ini memiliki tanah yang sangat tandus. Lalu pengelola kawasan ini pun melakukan penanaman dan usaha reboisasi atau penghijauan kembali. Pohon pinus, pohon akasia, dan mahoni serta beberapa pohon lainnya pun ditanah untuk kembali menghijaukan kawasan ini.


Hingga akhirnya jadilah kawasan hutan pinus sadap yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dan pengelola. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya dari hutan pinus sadap beralih fungsi menjadi kawasan wisata yakni Hutan Pinus Mangunan yang begitu damai, asri, dan cocok untuk menenangkan diri.


Nah itulah 4 tempat di Jogja yang sangat cocok untuk kamu sambangi ketika ingin menenagkan diri dari masalah dan ujian hidup yang datang silih berganti. Jadi kalau kamu sedang patah hati, terpuruk, belum dapat kerja, hingga sedang jatuh tanpa cinta. Langsung aja kunjungi keempat tempat diatas ya buat menenangkan diri biar gak stress yang ujung-ujungnya nanti malah jadi gila, eh.


Leave A Reply
  1. The place is really cool and beautiful
    I hope to visit this beautiful place in Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks bro
      I hope you can come to Indonesia and enjoy the natural beauty here which is so beautiful
      Have a nice adventure in Indonesia

      Hapus