4 Jembatan Paling Instagramable di Jogja, Cocok Buat Foto Kamu Jadi Kaya Selebgram - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Jembatan paling instagramable di Jogja biar foto kamu kaya selebgram - foto instagram quiverz

Kalau ngomongin tentang berburu destinasi dan kuliner di Jogja memang gak akan ada habisnya apalagi tentang suasananya yang selalu hangat dan menyenangkan. Dijamin deh bikin rindu buat berkunjung ke Jogja lagi. Dan kali ini kita akan membahas tentang jembatan di Yogyakarta yang cocok banget buat foto-foto sambil ngabuburit nih.

Sebelum kita masuk ke daftar jembatan-jembatan yang hits buat foto-foto di Jogja ini sebelumnya kita mau bertanya nih. Kenapa jembatan itu selalu menghubungkan dua sisi yang dipisahkan?


Mungkin kamu bakalan jawab karena jembatan itu kaya gitu sambil terus baca sampai kalimat ini. Itu hanya tebakan kita aja sih tapi kalau tebakan kita salah kamu bisa protes di kolom komentar di bawah ya nanti mimin kita yang baik hati bakalan bales satu-satu, eh.


Menurut KBBI, arti dari kata jembatan itu adalah jalan yang direntangkan diatas sungai atau titian besar yang berfungi sebagai penghubung atau perantara. Tapi bukan perantara antara cinta kamu dan cinta si dia ya, kalau itu mah namanya Mak Comblang untuk yang perempuan kalau laki-laki namanya Pak Comblang dan anaknya si comblang, eh.


Nah langsung saja kita masuk ke daftar 4 jembatan yang instagramable banget di Jogja yang bisa menghubungkan foto kamu dengan keindahannya yang eksotis.


1. Jembatan Gantung Pantai Timang

Nah siapa yang gak tau pantai Timang di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta ini. Pastinya semua yang suka liburan ke pantai atau anak pantai sudah tahu pantai yang satu ini. Di pantai yang satu ini ternyata ada jembatan yang instagramable loh dan masuk daftar 5 jembatan instagramable di Jogja.


Jembatan gantung Pantai Timang Jogja - foto instagram dienanshafyah
Jembatan gantung Pantai Timang Jogja - foto instagram dienanshafyah

Jembatan Gantung Pantai Timang namanya, dimana jembatan ini membentang sejauh 120 meter yang menghubungkan daratan dengan pulau karang kecil di tengah laut Pantai Selatan. Terbuat dengan papan kayu yang disusun rapih dan anyaman tali tambang serta kawat baja jembatan ini begitu memacu adrenalin loh saat melewatinya.

Jembatan ini begitu memacu adrenalin karena di bawahnya terlihat ganasnya ombak Pantai Selatan yang pastinya bakalan horor banget kalau sampai jatuh dari jembatan. Ditambah lagi angin laut yang berhembus kencang bakalan membuat detak jantung kamu semakin cepat untuk memompa adrenalin.


Tapi kamu harus bisa melawan rasa takut tersebut untuk menyebrang di jembatan ini biar bisa dapet foto keren di salah satu jembatan instagramable di Jogja ini. Yang pasti foto kamu bakalan keren banget nih dengan latar pulau karang kecil dan juga luasnya Laut Selatan Jawa yang biru indah.


Oya sebelum adanya jembatan gantung ini, untuk menyebrang ke pulau karang kecil tersebut harus menggunakan gondola yang lebih ekstrem dan sangat memacu adrenalin loh. Gondola ini ditarik manual dengan tali oleh para petugas di antara tepi Pantai Timang dan Pulau karang untuk menggerakannya.


Tapi kalau mental dan keberanian kamu masih belum kuat mendingan naik jembatan gantung aja deh karena kalau naik gondola nanti takutnya pingsan di tengah jalan. Karena kamu bakalan bisa menikmati sensasi melayang di ketinggian 200 meter di atas laut Pantai Selatan dengan ombaknya yang ganas.


Pantai Timang sendiri memang menjadi tempat memancing lobster bagi masyarakat sekitar dan gondola tersebut memang digunakan para nelayan untuk menyebrang ke pulau karang kecil untuk memancing lobster.


2. Jembatan Sawah Sukorame

Kalau jembatan yang satu ini gak begitu ekstrim seperti jembatan gantung Pantai Timang ya. Karena jempatan yang satu ini berada diatas sawah warga. Jembatan Sawah Sukorame ini berada di kawasan Wisata Sawah Sukorame yang memiliki nama lain sebagai Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgolangit.


Jembatan Sawah Sukorame Jogja - foto instagram akuruzdy.webp
Jembatan Sawah Sukorame Jogja - foto instagram akuruzdy.webp


Terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jembatan bambu yang membentang di tengah persawahan warga ini memang memiliki pesona yang sangat indah sehingga masuk dalam daftar jembatan instagramable yang ada di Jogja.

Disini kamu bisa menjelajah luasnya hamparan sawah warga tanpa harus takut merusak padi yang ditanam. Karena kamu bisa berkeliling dengan menaiki jembatan bambu sepanjang 360 meter yang dibuat melingkar.


Sejauh mata memandang kamu akan melihat areal persawahan yang luas yang berpadu dengan pepohonan dan bukit bukit hijau yang begitu mempesona. Dan pastinya bakalan menjadikan foto kamu semakin cantik dan indah. Dan untuk menikmati puncak keindahan Jembatan Sawah Sukorame ini kamu harus datang sekitar satu bulan setelah masa tanam hingga menjelang panen.


Apalagi kalau di satu atau dua minggu menjelang panen pasti pemandangannya bakalan menakjubkan karena hamparan sawah yang mulai menguning namun masih ada yang hijau. Yang pasti bakalan membuat foto kamu semakin keren.


Oya, ternyata Jembatan Sawah Sukorame ini awalnya adalah inisiasi dari beberapa mahasiswa KKN di dusun Sukorame. Mereka memprakarsai untuk pembuatan jembatan bambu yang kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh warga sekitar secara swadaya. Dan butuh 6 bulan untuk merampungkan pembangunan jembatan bambu yang jadi ikonik Dusun Sukorame ini.


Dan kini lokasi wisata Jembatan Sawah Sukorame ini dikelola oleh masyarakat kelompok Desa Wisata Songgolangit. Ini baru namanya KKN mahasiswa yang sesungguhnya dan berhasil memunculkan potensi desa yang menjadi tempat KKN.


3. Jembatan Api-Api Hutan Mangrove

Jembatan Api-Api ini berada di kawasan Hutan Mangrove tepatnya di Kulonprogo, Yogyakarta. Terus kenapa namaya Jembatan Api-Api? Nama Api-Api sendiri diambil dari jenis mangrove yang tumbuh di kawasan ini dimana memilki jenis mangrove "api-api" atau nama kerennya avicennia. Jadi bukan karena jembatannya diatas api yang berkobar-kobar ya.


Jembatan Api-Api Hutan Mangrove Jogja - foto instagram hanarizkas
Jembatan Api-Api Hutan Mangrove Jogja - foto instagram hanarizkas

Jembatan Api-Api ini berbentuk jembatan gantung dengan papan yang tersusun rapi serta tali yang saling mengikat ke tali baja. Pokoknya sangat instagramable banget loh kalau foto di jembatan ini dimana kamu bisa duduk di tengah jembatan sambil menikmati indahnya kawasan Hutan Mangrove Api-Api. Makanya jembatan ini masuk daftar jembatan instagramable di Jogja nih.

Selain Jembatan Gantung Api-Api, di kawasan Hutan Mangrove Api-Api ini juga terdapat beberapa spot foto lainnya yang begitu unik dan keren serta instagramable banget deh. Karena kamu bisa menerobos rimbunnya hutan mangrove dengan melewati jalan berliku membentuk labirin mini.


Selain itu ada 4 jembatan besar yang bisa kamu lewati untuk menyebrangi sungai yang memiliki lebar sekitar 800 meter di kawasan ini. Atau kamu juga bisa ngadem di gazebo-gazebo yang ada di kawasan Hutan Mangrove ini. Atau kamu bisa naik perahu untuk menikmati aliran sungai yang lebar di Jembatan Api-Api Hutan Mangrove ini.


4. Jembatan Plunyon Kalikuning

Jembatan yang instagramable di Jogja selanjutnya ada di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, namanya Jembatan Plunyon Kalikuning. Jembatan yang satu ini memang memiliki panorama indah yang menawan karena berada di lereng Gunung Merapi.


Jembatan plunyon kalikuning Jogja - foto instagram udin_jeepmerapi
Jembatan plunyon kalikuning Jogja - foto instagram udin_jeepmerapi


Bukit-bukit hijau di sekelilingnya membuat Jembatan ini menjadi sangat instagramable banget loh. Bahkan kamu bisa melihat langsung puncak Gunung Merapi dari jembatan ini loh dengan syarat pada saat cuaca cerah terutama pada pagi hari.

Bahkan tak jarang jembatan yang satu ini menjadi tempat untuk sesi foto prewedding beberapa pasangan calon pengantin loh. Meskipun beberapa bagian pagar pembatas jembatan ini terlihat rusak, namun hal ini tak menurunkan masyarakat untuk mengunjungi jembatan ikonik yang ada diantara hijaunya bukit-bukit di lereng Gunung Merapi ini untuk berfoto.


Nah itulah 4 jembatan instagramable banget yang ada di Yogyakarta yang tak hanya mampu menghubungkan dua tepian yang berbeda. Tapi juga bisa menghubungkan kamu dengan foto yang instagramable banget buat kamu pamerkan di sosmed kamu.


Dan bisa juga menghubungkan kamu dengan jodoh kamu loh, eh. Ya kan bisa saja mungkin kamu dan dia bertemu saat kalian mengunjungi salah satu dari keempat jembatan tersebut. Atau karena foto kamu di jembatan instagramable diatas lalu si dia nge like dan DM kamu yang akhirnya berujung foto prewedding di 4 jembatan paling instagramable di Jogja tersebut, uhh so sweet.



Leave A Reply
  1. yang serem mah itu jenmbatan gantung pantai timah, kayaknya bakal goyang itu jembatannya, yang lain viewnya indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak
      Eh Btw itu embatan gantung Pantai Timang ya kak bukan pantai Timah
      Salah satu jembatan gantung ekstrim yang ada di Jogjakarta tapi sangat instagramable banget
      sensasi goyang-goyang ketiup angin laut diatas gelombang ganas ombak Pantai Selatan bakalan bikin jantung deg deg ser
      Buat yang phobia ketinggian dilarang naik jembatan ini ya apalagi naik gondola yang disampingnya bisa berabe ntar urusannya

      Hapus