Tips Mendaki Gunung Anti Baper, Khusus Pendaki JOMBLO! - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Tips mendaki gunung agar tidak baper khusus jomblo - foto instagram adellcinn_

Memang mendaki gunung sudah menjadi tren dan bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari para pecinta alam hingga para remaja kekinian yang doyan joget-joget dan gak mau lepas dengan gadget, mulai dari para perempuan tangguh hingga para ukhty bercadar, mulai dari para pasangan sah yang jadi pendaki ganda campuran hingga para jomblo yang selalu dikejar pertanyaan sakral "Kapan nikah?" sama "Mana pacar/calonnya?" yang biasnaya keluar banyak sekali ketika lebaran.

Dan katanya serta fakta di lapangan eh di gunung deh kan ini lagi ngomongin pendakian, kalau di lapangan dikira mau main bola. Bahwasanya kebanyakan para pendaki gunung itu adalah seorang yang sedang berjuang untuk lari dari pertanyaan sakral "Kapan nikah?" atau "Mana pacar/calonnya?" alias Jomblo (yang mau protes bisa tulis di komentar aja ya).


Jadi berawal dari fakta tersebut maka saya mencoba untuk berbagi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kamu para jomblo yang ingin mendaki gunung dengan nyaman, aman dan tentram hatinya alias no baper-baper club.

1. Mendakilah dengan Sesama Jomblo

Ini penting banget nih makanya jadi tips pertama yang wajib dijalankan para jomblo ketika mendaki gunung buar gak baper. Mendaki bersama teman yang juga jomblo itu bisa mengurangi bahkan bisa jadi menghilangkan kebaperan loh.


Mendaki dengan sesama jomblo biar gak baper - foto instagram sakinatunnisak
Mendaki dengan sesama jomblo biar gak baper - foto instagram sakinatunnisak

Karena semuanya sama dan juga biasanya memiliki jiwa korsa yang kuat loh karena memiliki kesamaan yakni sama-sama jomblo, eh. Tapi beneran loh karena senasib dan sepenanggungan maka biasanya rombongan pendaki yang jomblo semua lebih kompak loh. Dan mereka cenderung memiliki satu tujuan yang pasti yakni menuju puncak gunung untuk melupakan segala perasaan yang tercecer, hancur, pecah belah, karena ditinggalkan atau di tolak si dia, eh.

Terus kalau teman serombongan jomblo semua maka pertanyaan "Kapan Nikah?" gak bakalan keluar selama pendakian atau saat obrolan tenda menjelang lelap. Berbeda halnya jika kamu yang jomblo ikut satu rombongan dengan yang berpasangan apalagi yang baru pacaran atau pengantin baru.


Alamat di sepanjang jalur pendakian bakalan menemukan pemandangan horor yang hanya bisa dipahami oleh para pendaki jomblo. Terus saat masak atau makan dan kumpul-kumpul serta saat sesi obrolan tenda, kamu bakalan jadi obat nyamuk untuk mereka yang bisa nambah baper deh. Alhasil gelar jomblo kamu bakalan lebih pendek tapi ada kepanjangannya deh jadi Jones (jomblo ngenes).


Makanya pas mau mendaki mending cari teman yang juga jomblo buat mendaki bareng biar gak baper. Sukur-sukur selama pendakian kamu malah menemukan pasangan masa depan di satu rombongan dan bisa lulus dari perkuliahan dan melepas gelar jomblo nya, eh. 


Gak salah kan kalau ada jomblowan dan jomblowati dalam satu rombongan mendaki gunung dan saat turun gunung tiba-tiba naik peringkat jadi pendaki ganda campuran. Atau istilahnya From Gunung to KUA atau turun gunung berapi lanjut mendaki puncak pelaminan, co cuweettt.

2. Saat Mendaki, Jangan Ingat Mantan!

Wah ini nih yang parah banget sih, udah tau disakitin sama dia eh masih aja inget terus itu namanya baper. Biasanya yang kaya gini nih baru aja diputusin atau yang paling parah ditinggal nikah pas sayang-sayangnya. Lalu mencoba menenangkan diri dan pikiran serta jiwa dengan mendaki gunung untuk melupakan si dia yang sudah meninggalkan luka.


Jangan ingat mantan selama pendakian biar gak baper - foto instagram septiandw
Jangan ingat mantan selama pendakian biar gak baper - foto instagram septiandw

Jangan pula selama di trek pendakian kamu malah nyebut-nyebut nama mantan atau malah bawa barang pemberian si mantan. Ditambah lagi pas di puncak nulis salam di kertas buat mantan kamu yang tulisannya beragam atau salah satunya. Terima kasih sudah menemani selama sekian tahun, eh itu mah malah bikin baper terus dan ketahuan jones banget.

Mending gak usah di ingat-ingat deh baik nama, barang pemberian, atau bikin salam di kertas terus di fotoin buat mantan kamu. Karena itu bikin kamu malah tambah sakit hati. Apalagi sampai teriak-teriak manggil nama si mantan dan bilang "Kenapa kamu ninggalin aku? apa salahku?" Yang ada nanti diketawain dan dikira kesurupan lagi sama pendaki yang lain.


Ingat ya kamu mendaki gunung untuk melupakan dia bukan untuk mengingat-ngingat dia yang telah membawa luka di hatimu. Hati dan pikiranmu terlalu berharga loh kalau hanya untuk mengingat kenangan indah bersama sang mantan.


Jadi sekali lagi jangan ingat mantan! saat mendaki ya biar kamu gak baper saat mendaki gunung dan bisa menikmati ketenangan, kesenangan dan pelukan hangat dari sebuah gunung seperti pelukan ibu. Dan nikmatilah pemandangan alam yang indah selama pendakian biar hatimu lebih tenang dan gak inget mantan lagi.

3. Pilih Gunung Yang Ramai Pendaki

Mendaki gunung memang bisa menenangkan pikiran, jiwa dan hati seseorang loh. Makanya saat patah hati atau ditinggal nikah pas lagi sayang-sayangnya, banyak teman yang menyarankan untuk ikut mendaki buat mencari ketenangan dan melupakan dia.


Pilih gunung yang ramai pendaki biar gak baper - foto instagram febriansyah.f04
Pilih gunung yang ramai pendaki biar gak baper - foto instagram febriansyah.f04

Metode tersebut pun memang banyak sekali dilakukan oleh beberapa orang yang baru patah hati atau yang baru menyandang gelar Jomblo. Padahal tadinya mereka gak suka dengan alam. Eh karena diputusin dan ada teman yang tiba-tiba ngajakin buat mendaki gunung maka langsung gas aja buat lampiasin sakit hatinya di gunung dan ujung-ujungnya malah jatuh cinta sama gunung.

Bahkan salah satu musisi dan juga pendaki gunung Fiersa Besari juga melakukan hal yang sama loh. Karena diputusin pacarnya akhirnya dia mencoba mencari pelampiasan untuk menghilangkan sakit hatinya dan akhirnya ia jatuh cinta pada pendakian gunung. Terus juga endingnya ketemu calon istrinya juga di gunung loh, kalau gak salah di Gunung Prau pas mereka satu rombongan open trip.


Tapi ingat ya mendaki gunung nya harus ke gunung yang ramai pendaki bukan malah langsung mendaki ke gunung Argopuro yang memiliki jalur pendakian terpanjang di pulau Jawa. Nanti kamu malah gak nemu banyak pendaki dan bisa-bisa keinget mantan terus deh apalagi pas lewat Danau Taman Hidup yang suasananya tenang banget dan gak boleh bikin keramaian.


Jadi rekomendasi sih coba deh mendakinya ke gunung Prau dulu aja siapa tahu bisa nyusul Fiersa Besari nemu bidadari kamu disana juga. Selain itu Gunung Prau yang terkenal dengan Puncak Seribu Bukit ini juga memiliki pemandangan sunrise terbaik loh. Bahkan pemandangannya jadi label salah satu minuman air mineral di Indonesia loh.


Jadi bisa banget deh biar pendakian kamu gak baper dan bisa lupain mantan serta bisa jadi ketemu jodohnya selama pendakian ke Gunung Prau.

4. Fokus Saja Pada Tujuan Kamu Mendaki Gunung

Nah biar kamu para pendaki jomblo gak baper selama mendaki gunung maka kamu harus fokus pada tujuan kamu mendaki gunung. Sehingga godaan selama sebelum perjalanan, perjalanan, camp hingga turun dan pulang ke rumah kamu gak baper.


Fokus pada tujuan pendakianmu agar gak baper - foto instagram farisislakhi
Fokus pada tujuan pendakianmu agar gak baper - foto instagram farisislakhi

Kenapa harus fokus pada tujuan pendakianmu? Karena selama pendakian mulai dari persiapan, dan perjalanan hingga sampai puncak selalu ada godaan yang bisa membuat kamu malah baper kalau di ladenin.

Misalnya saat persiapan pendakian tiba-tiba mantan kamu whatsapp karena tau kamu mau mendaki gunung. Eh dia minta nitip salam tulisan pas di puncak buat pacar barunya. Nah yang kaya gini nih mending di skip aja biar kamu gak baper dan kembali fokus pada pendakianmu.


Lalu saat mulai menapaki setiap jengkal trek pendakian kamu harus lebih hati-hati lagi loh. Bukan karena trek yang licin tapi hati-hati pada pendaki ganda campuran selama di trek. Kalau bisa kamu mendingan menjauh atau salip aja mereka daripada kamu harus melihat keuwuan pendaki ganda campuran. Bisa-bisa kamu malah baper selama menapaki setiap inchi trek pendakian karenanya.


Terus juga hati-hati kalau kamu melewati rombongan pendaki yang sedang istirahat. Kamu harus tetap fokus ya jangan sampai kamu malah baper saat ada salah satu pendaki cantik atau cakep bilang "Semangat mas/mba, puncak 5 menit lagi" Mendingan kamu langsung tambah kecepatan atau lari biar gak baper eh.

5. Tanamkan Mindset "Aku Single Bukan Jomblo"

Nah mindset yang satu ini terbukti efektif loh buat kamu terapkan baik ketika mendaki gunung biar gak baper maupun dalam kehidupan sehari-hari. Karena kalau kamu tetap menerima cap jomblo maka kamu bakalan sering baper loh. Hal tersebut karena jomblo itu terkenal dengan artian yang 'miris' makanya ada istilah jones atau jomblo ngenes.


Tanamkan mindset Im Single not Jomblo biar mendaki gak baper - foto instagram ezza_photos_
Tanamkan mindset Im Single not Jomblo biar mendaki gak baper - foto instagram ezza_photos_

Tapi kalau kalian memilih menjadi single maka kamu bisa tahan baper loh karena kamu percaya bahwa sendirinya kamu itu adalah pilihanmu sendiri. Karena single itu pilihan bukan nasib. Tapi kalau Jomblo itu adalah nasib dan teramat miris sekali.

Bisa dibilang yang single itu adalah jomblo hight class dan mereka bukan karena gak laku terus sendiri tapi mereka memilih sendiri walaupun sebenarnya mereka bisa saja pacaran atau berpasangan. Nah kalau jomblo itu ya ngenes banget deh kesannya. Karena miris nasibnya jadi kalau di tinggal mantan maka langit seolah runtuh dan bumi gonjang ganjing seketika hilanglah semangat hidupnya, eh.


Jadi ingat kalau selama pendakian ada yang bilang kalau kamu itu jomblo maka bantah aja dan bilang, "Saya itu bukan jomblo tapi single! Karena masih sendiri adalah pilihan saya bukan pilihan pemirsah." eh.

6. Jangan Mendaki Gunung! Mending Tidur Aja Di Rumah.

Nah kalau kamu gak bisa menerapkan lima tips sebelumnya maka mending kamu tidur aja di rumah deh biar gak baper saat mendaki gunung. Karena di gunung itu keras boi apalagi kalau papasan sama pendaki ganda campuran yang kadang kelakuan uwunya bisa bikin baper para pendaki Jomblo.


Gak usah mendaki guung mending tidur aja di rumah - foto instagram aimanraswid
Gak usah mendaki guung mending tidur aja di rumah - foto instagram aimanraswid

Lagian kan kamu mendaki gunung juga hanya buat memindahkan tempat kamu tidur, makan dan buang air saja kok. Yang tadinya di rumah menjadi di alam bebas atau gunung. Jadi kalau takut baper pas mendaki gunung mending kamu para jomblo tidur aja di rumah. Kan kalau dirumah mah palingan kamu bakalan laper aja gak pake baper, eh. Dan kalau laper kan gampang tinggal ke dapur dan sikat deh masakan emak tanpa tapi tanpa nanti.

7. (Tips dari Kamu)

Untuk nomor tujuh ini tipsnya hanya kamu yang tau para pendaki jomblo. Karena saya aja gak tahu point tujuh ini tips nya apa. Jadi kalau kamu tau tips nomor 7 ini bisa lah kasih tahu di komentar biar saya dan yang baca artikel ini jadinya tahu dan gak tempe, eh.


Nah itulah tips yang bisa diterapkan untuk kamu para pendaki jomblo biar gak baper saat mendaki gunung. Selamat mendaki kalian para pendaki Jomblo dan hati-hati di jalan ya kalau ada polisi tidur di jalan jangan berenti terus coba bangunin tar dikira orang stress lagi karena status jomblo akutnya, eh.


Salam lestari buat para pendaki jomblo, Kalian Luar Biasa!

Leave A Reply