4 Danau Cantik di Atas Gunung, Yang Terakhir Istimewa Banget! - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

4 danau cantik diatas gunung ini wajib dikunjungi - foto instagram mahardikaa_26

Kalau bicara tentang gunung memang selalu identik dengan titik tertingginya yang bernama puncak gunung. Bahkan hampir sebagian besar para pendaki belabelain bangun di pagi buta untuk summit attack (perjalanan menuju puncak) demi menikmati sunrise yang cantik dan memukau di puncak. 

Empat gunung di Indonesia ini ternyata tak hanya menyajikan pemandangan sunrise dengan sejuta pesonanya. Karena lima gunung yang ada di Indonesia ini juga akan membuat kamu terpukau dengan keindahan danau yang berada di sana.


Yang pasti pesona keindahannya begitu menawan dan menjadi salah satu alasan kamu buat balik lagi ke gunung tersebut selain puncaknya. Langsung saja ini dia 4 danau indah dan cantik yang ada di atas Gunung Indonesia.


1. Ranu Kumbolo - Gunung Semeru

Siapa yang tak kenal dengan Ranu Kumbolo yang menjadi tempat favorit camp bagi para pendaki Gunung Semeru. Memiliki nama Ranu Kumbolo yang berarti Danau Kumbolo ini memang menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Gunung Semeru loh.


Ranu Kumbolo Gunung Semeru - foto instagram rosivanartio_
Ranu Kumbolo Gunung Semeru - foto instagram rosivanartio_

Hal ini karena matahari akan muncul terpat diantara dua bukit di ujung Ranu Kumbolo ini. Sehingga menciptakan pemandangan indah dan menakjubkan. Bahkan tak jarang Ranu Kumbolo dijadikan tujuan akhir pendakian bagi sebagian pendaki Gunung Semeru loh.

Ranu Kumbolo sendiri berada di ketinggian 2.400 mdpl dan memiliki luas sekitar 15 hektar yang dikelilingi bukit di sekelilingnya. Ranu Kumbolo sendiri tercipta dari presipitasi air hujan yang membentuk sebuah ranu atau danau. Dan Ranu Kumbolo sendiri memang menjadi salah satu sumber air baik bagi masyarakat di lereng gunung Semeu maupun para pendaki.


Ranu Kumbolo ini memang menjadi tempat camp favorit sebelum melanjutkan pendakian menuju Puncak Mahameru. Selain itu sebagai tempat isi ulang air sebelum melanjutkan pendakian yang diawali dengan menaklukkan Tanjakan Cinta yang konon katanya, kalau melewati bukit sambil menyebut nama seseorang yang kita sukai maka akan jadian beneran dengan syarat jangan menengok ke belakang sampai tiba di puncak bukit.


2. Danau Segara Anak - Gunung Rinjani

Kalau danau yang ada di puncak Gunung Rinjani ini memang memiliki pesona yang menakjubkan. Bahkan keindahan Danau Sagara Anak ini sangat khas dan cantik karena dikelilingi kaldera Gunung Rinjani.


Danau Segara Anak Gunung Rinjani - Foto Instagram v_gov76
Danau Segara Anak Gunung Rinjani - Foto Instagram v_gov76

Nama danau Sagara Anak ini sendiri memiliki arti anak laut, karena memiliki luas 113 kilo meter kubik  dengan volume air sekitar 36 gigaliter. Dengan luas dan volume airnya yang banyak maka danau Segara Anak menyerupai lautan kecil sehingga disebut sebagai anak laut (segara anak). 

Danau Segara Anak sendiri memang tercipta setelah letusan gunung api purba Rinjani jutaan tahun lalu. Kawah bekas letusan gunung api purba tersebut membentuk kaldera gunung Rinjani yang akhirnya kawah tersebut tergenang air dan jadilah danau Segara Anak.


Uniknya di danau Segara Anak ini juga terdapat gunung api yang masih aktif yang bernama gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi. Karena gunung api ini merupakan sisa dari letusan gunung api purba Rinjani. 


Dengan adanya gunung Baru Jari dan kaldera gunung Rinjani yang mengelilingi, membuat danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.008 mdpl ini memiliki pemandangan yang indah dan memanjakan mata. 


Bisanya para pendaki selalu menyempatkan untuk ngecamp di tepian danau Sagara Anak ini setelah menaklukkan puncak Rinjani. Selain untuk mengisi ulang perbekalan air para pndaki juga bisa memancing ikan di danau ini untuk dimakan loh. Tapi memang untuk menjaga populasi ikan di danau ini maka hanya diperblehkan memancing dengan joran pancingan dan tak boleh menggunakan jaring apalagi bom ikan.


Selain itu di danau Segara Anak juga terdapat dua sumber air panas yaitu Aik Kalak dan Goa Susu yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Bahkan Goa Susu dijadikan sauna alami oleh para pendaki yang turun melalui Jalur Hutan Torean.


Di area perkemahan di tepi danau Segara Anak juga terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Karena masyarakat setempat percaya bahwa dengan perantara pohon tersebut keinginan kita diyakini akan terkabul.


3. Danau Gunung Tujuh - Gunung Kerinci

Sesuai dengan namanya danau ini memang berada dan dikelilingi oleh tujuh gunung di sekitarnya. 7 guung yang mengelilingi danau di ketinggian 1950 mdpl ini yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Jar Panjang, Gunung Lumut, Gunung Selasih, dan Gunung Tujuh.


Danau Gunung Tujuh Gunung Kerinci - Foto Instagram panoramakerinci
Danau Gunung Tujuh Gunung Kerinci - Foto Instagram panoramakerinci

Danau Gunung Tujuh ini termasuk dalam wilayah dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan sebuah situs warisan dunia UNESCO loh. Sama seperti Ranu Kumbolo, Danau Gunung Tujuh ini juga menjadi salah satu tempat camp favorit para pendaki gunung Kerinci. Selain sebagai tempat isi ulang air, danau Gunung Tujuh ini juga memiliki spot foto yang tak kalah indahnya loh ditambah lagi air di danau ini selalu bersih dan jernih.

Selai para pendaki, masyarakat sekitar juga memanfaatkan Danau Gunung Tujuh ini sebagai mata pencaharian untuk mencari ikan. Sehingga saat di danau ini kita juga bisa menyewa sampan jika ingin merasakan sensasi mengarungi luasnya Danau Gunung Tujuh ini.


Danau di Gunung Kerinci ini ternyata memiliki sebutan lain yakni sebagai Danau Para Dewa. Menurut masyarakat sekitar julukan tersebut disematkan karena mereka percaya bahwa di Danau Gunung Tujuh ini bersemayam sepasang naga serta harimau di dalamnya. Sehingga air danau tersebut tetap dalam kondisi yang bersih dan jernih.


4. Danau Taman Hidup - Gunung Argopuro

Para pendaki gunung memang tak asing dengan gunung Argopuro yang merupakan gunung dengan trek terpanjang di pulau Jawa. Namun dalam perjalanan panjang tersebut kita akan bertemu dengan sebuah danau yang begitu indah, cantik, dan istimewa serta memiliki air yang jernih serta suasana tenang yang ngangenin. Yang pasti Danau Taman Hidup ini istimewa banget nih karena ketenangan hakiki yang dicari anak gunung ada di sana.


Danau Taman Hidup Gunung Argopuro - Foto Instagram rindandine
Danau Taman Hidup Gunung Argopuro - Foto Instagram rindandine

Danau ini juga menjadi tempat para pendaki untuk singgah beristirahat sejenak untuk melepas lelah maupun mengisi ulang persediaan air. Namun ada larangan untuk ngecamp di sekitar Danau Taman Hidup ini. Hal tersebut karena danau ini memiliki sisi mistis dan dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Danau dengan luas 11 hektar dengan 4 hektar rawa-rawa yang mengelilinginya ini memang menyimpan misteri dan mistis yang kental. Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Taman Hidup ini merupakan tempat mandinya Dewi Rengganis sang penunggu Gunung Argopuro bersama dayang-dayangnya.


Sehingga para pendaki dihimbau untuk tidak camp diarea ini dan membuat kegaduhan atau ulah yang negatif. Karena hal tersebut bisa membuat Dewi Rengganis marah. Jika pantangan tersebut dilarang maka di sekitar Danau Taman Hidup tersebut akan turun kabur dan hujan secara tiba-tiba serta kabut putih pekat yang datang menutupi dermaga kecil di Danau Taman Hidup ini. Hal tersebut dipercaya karena Dewi Rengganis marah karena kegaduhan atau hal negatif yang dilakukan oleh pengunjung Danau Taman Hidup tersebut.


Sehingga karena pantangan tersebut kawasan di sekitar Danau Taman Hidup ini terkenal sangat sunyi dan begitu tenang. Jika tidak maka siap-siap saja keindahan danau ini akan tertutup kabut karena kemarahan Dewi Rengganis sang penguasa Gunung Argopuro.


Meskipun kesan mistisnya sangat kental, ketenangan dan suasana sunyi tersebut ternyata memang bisa membuat pikiran dan jiwa menjadi tenang. Ditambah lagi keindahan danau dan ekosistem di kawasan ini yang masih asri dan alami menjadi lebih istimewa. Bahkan kadang juga melintas beberapa kancil, rusa maupun babi hutan.


Nah itulah 4 danau indah dan cantik yang berada di empat gunung di Indonesia ini. Dari keempat danau cantik diatas kalian tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

Leave A Reply
  1. Balasan
    1. iya kak keempat danau di atas memang indah, cantik sekaligus istimewa banget tuh
      Jadi mau ke danau yang mana dulu nih kak?

      Hapus

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)