-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

7 Pantai Terbaik di Jawa Tengah - Foto IG tofikcahyanto

Jawa Tengah memang memiliki berjuta pesona terlebih lagi bagi para pendaki gunung. Karena memiliki gunung yang bisa didaki dan semuanya kumpul di satu wilayah yakni wilayah dataran tinggi Dieng Wonosobo. Dan tentunya di dataran tinggi ini ada Gunung Prau yag merupakan gunung dengan sunrise terbaik di Indonesia loh bahkan Asia Tenggara. Tapi tak hanya kecantikan gunung dan dataran tinggi Dieng saja loh yang bisa kamu nikmati. Anak pantai pun bisa dimanjakan dengan keindahan beberapa pantai yang ada di Jawa Tengah loh.

Beberapa pantai cantik dengan sejuta keindahannya ini tersebar di bagian selatan dan utara Jawa Tengah loh. Kalau di tengah mah gak ada pantai ya adanya gugusan gunung yang menjulang tinggi mulai dari Gunung Lawu yang berada di ujung timur Jawa Tengah hingga Gunung Slamet sang atap Jawa Tengah di bagian barat. Nah langsung saja kita bahas 7 pantai cantik dan eksotis yang wajib kamu kunjungi ketika ke Jawa Tengah.


1. Pantai Menganti, Kebumen

Kata orang tak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru (New Zealand) untuk menikmati indahnya pantai yang dikelilingi bukit hijau. Kamu hanya perlu main ke Kebumen loh tepatnya ke Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah (bukan ibu ya). Karena disana kamu akan menemukan pantai cantik dan eksotis seperti di New Zealand tapi veri Indonesiannya yakni Pantai Menganti.

Pantai Menganti, Kebumen - Foto @yanuarwicaksonoo
Pantai Menganti, Kebumen - Foto @yanuarwicaksonoo
Namun untuk sampai ke pantai ini kamu harus siap mental terlebih dahulu terutama kendaraanmu. Karena kamua akan diuji dengan jalan yang berkelok dan naik turun bukit dengan kemiringan yang bisa membuat jantungmu berdebar kencang serasa naik roller coster loh. Tapi tenang semuanya akan terbayar setelah kamu sampai ke Pantai Menganti ini.

Pantai ini memang sangat terkenal terutama diantara anak pantai nih dan selalu menjadi tujuan utama untuk dinikmati ketika liburan dan masuk daftar list pantai yang harus dikunjungi ketika ke Jawa Tengah. Di Pantai Menganti kamu akan disuguhi pemandangan indah pantai dan aroma laut yang dikelilingi bukit-bukit hijau disertai perahu-perahu nelayan yang disusun rapi. Ditambah dengan menikmati santapan laut segar dari hasil melaut para nelayan akan membuatmu semakin jatuh cinta dengan pantai yang satu ini.


2. Pantai Bopong, Kebumen

Kabupaten Kebumen memang menjadi surganya wisata pantai di wilayah Jawa Tengah karena begitu banyaknya pantai yang ada di sini. Nah setelah ke pantai Menganti kamu wajib juga mengunjungi Pantai Bopong yang berada di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen.

Laguna Pantai Bopong Puring, Kebumen - Foto www.explorekebumen.com
Laguna Pantai Bopong Puring, Kebumen - Foto www.explorekebumen.com
Memang ketika datang ke Pantai Bopong ini kita akan disuguhi pemandangan pantai seperti pad umumnya. Namun tunggu dulu ternyata disini kamu bisa menemukan laguna yang cantik tak jauh dari bibir pantai loh.

Laguna ini terbentuk dari aliran air sungai yang meliuk-liuk dan membentuk sebuah pulau mini yang cantik dan tentunya sangat menarik. Saking cantiknya laguna di pantai Bopong ini bisa membuat memori HP kamu penuh logh dengan foto-foto kamu berlatar pulau kecil hijau di bibir pantai. Pokoknya instagramable banget deh.


3. Pantai Pecaron, Kebumen

Kalau pantai yang satu ini cocok banget untuk kamu anak panti yang suka dengan keheningan dan tenang namun memiliki panoraman yang indah. Pantai Pecaron memang bisa dibilang surga tersembunyi di Kebumen nih karena pantai indah ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang agak tersembunyi dan akses yang lumayan sulit.

Pantai Pecaron, Kebumen - Foto @khol_hilmy
Pantai Pecaron, Kebumen - Foto @khol_hilmy
Sehingga di pantai ini kamu bisa menikmati waktumu sendiri dengan ketenangan sembari ditemani gemuruh ombak yang bergulung saling bekejaran. Tak hanya itu kamu juga bisa menikmati gemercik air sungai yang bermuara di pantai ini serta indahnya pemandangan bukit hijau dan pohon kelapa yang berjejer. Untuk sampai ke Pantai Pecaron kamu bisa datang ke Desa Srati, Kecamatan Ayah melalui jalur ke arah Pantai Menganti.

4. Pantai Karang Pandan, Nusa Kambangan Cilacap

Mendengan kata Nusa Kambangan memang semua orang akan langsung berfikir itu adalah pulau penjara yang serem dan berisi para penjahat kelas kakap. Namun ternyata di pulau yang memang menjadi salah atau tempat dibangunnya penjara paling ketat di Indonesia ini terdapat pantai yang begitu eksotis.

Pantai Karang Pandan, Nusa Kambangan, Cilacap - Foto @kinghafizm
Pantai Karang Pandan, Nusa Kambangan, Cilacap - Foto @kinghafizm
Pantai Karang Pandan yang terdapat di pulau ini memang menjadi pantai yang indah dan wajib buat dikunjungi oleh anak pantai nih. Pantai berpasir putih yang berada di sebelah timur Pulau Nusa Kambangan inimemiliki panorama yang indah. Ditambah dengan adanya dua pulau karang yang disebut Pulau Majethi menambah indah pemadangan dari pantai ini.

Selain itu pantai ini pun masih jarang dikunungi wisatawan sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati keelokan dan suasana indah di Pantai Karang Pandan. Dan di pantai ini juga seringkali dijadiakn tempat untuk melakukan larung sesaji pada upacara sedekah laut loh. Jadi kalau kamu kesana bertepatan dengan upacara tersebut bukan tak mungkin kamu akan menyaksikan upacara pelarungan sesaji di pantai ini.


5.  Pantai Nampu, Wonogiri

Dari ujung selatan barat Jawa Tengah kita putar balik ke ujung timur selatan Jawa Tengah yakni ke Wonogiri. Karena disana ada Pantai Nampu yang memiliki kecantikan yang masih bersih dan alami serta yang pasti indah sekali. Pantai berpasir putih ini dilengkapi dengan gugusan batu-batu karang di bibir pantai yang berhasil memikat mata siapapu yang berkunjung kesana.

Pantai Nampu, Wonogiri - Foto @a.budi__
Pantai Nampu, Wonogiri - Foto @a.budi__
Kamu bisa menikmati panorama indah dan juga ombak-ombak yang dipecah oleh batu-batu karang dan menghasilkan buih putih yang indah. Jika belum puas seharian bermin di pantai ini kamu juga bisa mendirikan tenda dan camping di bukit-bukit sekitar pantai kok dan nikmati syahdunya malam di pantai Nampu. 

6. Pantai Pulau Panjang, Jepara

Dari pantai selatan kini kita beralih ke pantai utara Jawa Tengah nih, Kali ini kita mampir ke pantai Pulau Panjang yang berada di Jepara. Pulau Panjang sendiri adalah pulau yang memiliki luas sekitar 19 hektar dan memiliki jarak sekitar 2,5 km dari pantai Jepara.

Pantai Pulau Panjang - Foto reddoorz
Pantai Pulau Panjang, Jepara - Foto reddoorz
Untuk mencapai Pulau Panjang kamu bisa menaiki perahu dari Pantai Bandengan ataupun Pantai Kartini selama kurang lebih 10 menit. Setelah sampai di Pulau Panjang kamu akan disambut hamparan pasir putih dan eksotisnya pantai di pulau tersebut. Selain itu Air laut yang jernih membuat kamu bisa melihat panorama wah laut tanpa harus menyelam dan snorkling. Ditambah ombak yang tenang membuat kamu bisa leluasa menikmati pantai ini dan berenang sepuas hati.

7. Pantai Karang Jahe, Rembang

Agak ketimur sedikit dari Jepara kamu bisa menemukan pantai dengan panorama memukau tak jauh dari jalur pantura loh. Namanya pantai Karang Jahe yang terletak di KM 7,5 Jalan Rembang - Lasem tepatnya di desa Punjulharjo, Rembang.

Pantai Karang Jahe, Rembang - Foto www.nurrochma.com
Pantai Karang Jahe, Rembang - Foto www.nurrochma.com
Pantai ini memiliki pasir putih yang berpadu dengan hutan cemara yang meneduhkan disepanjang patainnya. Dengan banyaknya pohon cemara tentu saja pantai ini sangat teduh dan membuat suasana menjadi nyaman meskipun dekat dengan jalur pantura.

Tak hanya pemandangan hutan cemara dan pasir putihnya saja, pantai Karang Jahe pun menawarkan pemadangan bawah laut yang tak boleh kamu lewatkan. Karena kamu bisa menikmati berbagai macam terumbu karang yang indah di tempat ini tentunya kamu harus menyelam ya.

Nah itulah 7 pantai yang wajib kamu anak pantai kunjungi jika main ke Jawa Tengah dan masuk dalam salah satu list liburanmu ya. Dan tetap jadi pengunjung yang baik dan bijak ya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak fasilitas di pantai-pntai diatas. Agar tetap lestari dan indah serta cantik serta tetap bersih pantainya ya.

Salam Deburan Ombak!

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)