Hey Anak Curug! Udah Main Ke 7 Curug Cantik Di Bandung Ini Belum - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

7 curug tercantik di Bandung- foto instagram sdverdana


Kalau kamu main ke kota Kembang alias kota Bandung jangan lupa untuk jalan-jalan keliling Bandung ya. Karena ibukota provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi mulai dari bangunan bersejarah di Jalan Asia Afrika, taman-taman kota yang bertebaran, kebun binatang, gunung, hingga curug yang indah.

Bicara soal curug pastikan kamu mengunjungi 7 curug atau air terjun indah ini jika sedang berada di Bandung. Apalagi kalau kamu adalah anak curug yang memang tau bagaimana caranya menikmati keindahan dan pesonanya. Atau kamu yang mau liburan dan Explor keindahan alam Bandung juga bisa loh berkunjung ke 7 air terjun indah yang ada di Bandung ini yang pasti gak bakalan kecewa deh.


Langsung saja yuk kita lihat daftarnya 7 air terjun cantik yang mampu memanjakan mata yang ada di Bandung.


1. Curug Tilu Leuwi Opat

Air terjun ini unik sekali namanya loh kalau diartikan ke bahasa Indonesia itu Air terjun Tiga Sungai Empat. Mungkin pas dulu yang nemuin air terjun atau curug ini cerita ke temannya bahwa dia nemuin curug tiga lalu ada sungainya empat, eh.


Curug Tilu Leuwi Opat Bandung - foto instagaram ramdhaniyudha_
Curug Tilu Leuwi Opat Bandung - foto instagaram ramdhaniyudha_

Oya cerita diatas itu cuma pemikiran mimin ya jadi jangan pernah dianggap dan bukan cerita aslinya. Karena Tapi memang di kawasan Curug Tilu Leuwi Opat ini memang terdapat 4 air terjun yang membuat alirannya menjadi 4 sungai yang membuat panoramanya semakin cantik.

Ditambah lagi pemandangan di sekitar air terjun ini cantik banget loh makanya tak heran jika banyak traveller maupun fotografer yang main ke Curug Tilu Leuwi Opat ini. Curug ini berada di kawasan Lembang, Bandung yang merupakan kawasan dataran tinggi dan yang pasti udaranya segar, sejuk dan alamnya masih asri.


Yang pasti kamu bakalan betah berlama-lama berada di curug ini loh. Selain itu di kawasan curug ini juga terdapat 2 goa yang bisa kamu jelajahi dengan melakukan telusur goa. Pasti pengalaman tersebut akan menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan nih saat berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat ini.


2. Curug Cimahi

Kecantikan curug Cimahi ini memang begitu mempesona loh karena air terjun setinggi 87 meter ini akan berpadu dengan hijaunya tumbuhan di sekitarnya dan tebing yang kokoh membuat panoramanya begitu mempesona.


Pesona Curug Cimahi - foto instagram reickyreq
Pesona Curug Cimahi - foto instagram reickyreq

Curug yang erletak di desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat ini memang letaknya tersembunyi diantara tebing dan pepohonan. Namun ternyata jalur dan akses menuju curug ini tak begitu sulit loh namun menyajikan pesona yang begitu memukau dan membuat siapa pun yang datang akan takjub.

Selain pesonanya yang indah ternyata fasilitas di Curug Cimahi ini juga sangat lengkap loh mulai dari Mushala, kamar mandi, tempat istirahat, hingga warung makanan dan minuman siap memanjakan kamu jika berkunjung kesini.


Kamu juga bisa berenang di Curug Cimahi ini loh atau kalau gak bawa baju ganti kamu bisa berfoto atau mengabadikan keindahan Curug Cimahi ini dengan kamera kamu. Apalagi kalau ngajak si dia udah deh langsung aja jadiin si dia modelnya dengan latar Curug Cimahi pasti si dia bakalan makin cinta sama kamu, eh.


3. Curug Malela

Curug yang satu ini wajib banget dikunjungi nih terutama bagi kamu yang belum sempat pergi untuk melihat Air Terjun Niagara yang cantik dan terkenal itu. Karena Curug Malela ini dijuluki sebagai Air Terjun Niagara Mini loh.


Curug Malela Bandung - foto instagaram rahman.amiin
Curug Malela Bandung - foto instagaram rahman.amiin

Curug Malela ini terletak di Dsa Cicadas dan berada pada ketinggian 1000 mdpl yang dapat ditempuh selama 3 jam dari pusat Kota Bandung loh. Meskipun terbilang dekat dengan pusat kota tapi ternyata untuk mencapai air terjun Niagara Mini ini kita harus melakukan trekking yang cukup panjang untuk sampai ke sana.

Namun jangan khawatir karena lelahnya sepanjang perjalanan akan terbayar lunas saat kamu bisa melihat langsung Curug Malela yang indah ini. Selain itu udara dan pemandangan yang masih asri menambah indah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebarnya yang mencapai 70 meter yang tentunya seperti Air Terjun Niagara.

4.Curug Maribaya

Curug yang satu ini juga menjadi salah satu curug yang hits di Bandung loh dengan jarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota. Namun untuk sampai ke Curug Maribaya yang begitu indah, asri, dan masih terjaga ini kamu harus memiliki stamina yang kuat. Karena setiap pengunjung harus berjalan kaki atau trekking untuk bisa menikmati keindahan curug yang satu ini.


Curug Maribaya Bandung - foto instagram warmanwardhani
Curug Maribaya Bandung - foto instagram warmanwardhani

Curug Maribaya yang memiliki ketinggian 5 meter ini sangat unik loh. Dimana Curug Maribaya ternyata dibagi menjadi 3 air terjun lagi loh yakni Curug Cikoleang, Curug Cikawari dan Curug Cigulung. Yang pasti ketiganya menyatu menjadi Curug Maribaya yang Indah dan cantik.

5. Curug Batu Tempek

Air terjun atau curug Batu Tempek ini memang menawarkan pemandangan yang eksotis dan juga indah. Bahkan kamu bakalan betah berlama-lama berada di curug yang berada di tengah kawasan penambangan batu yang ada di Kampung Cisanggarung, Desa Cikidung, Cimenyan, Bandung ini.


Curug Batu Tempek Bandung - foto instagram alphonsusrodriguez
Curug Batu Tempek Bandung - foto instagram alphonsusrodriguez

Keindahan Curug Batu Tempek ini sendiri terletak pada tebing batuannya yang berwarna kekuningan ditambah lagi dengan pemandangan memukau dimana air mengalir dibawah batuan tersebut. Pastinya bakalan bagus banget nih buat background foto kamu biar makin hits di sosial media.

Ternyata kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati keindahan yang eksotis dari Curug Batu Tempek ini. Cukup dengan 5 ribu rupiah kamu bisa masuk ke kawasan ini dan menikmati keindahn yang haqiqi. Apalagi kamu ajak si di juga pasti jadi makin betah dan gak mau pulang maunya foto terus sama si dia, eh.


6. Curug Penganten

Curug Pengantin ini berada di Desa Padaasih, Cisarua, Bandung yang masih rimbun dan asri serta tentu saja memiliki udara yang masih segar. Tak hanya menawarkan keindahan yang memukau mata setiap pengunjung ternyata kamu juga bakalan diajak berpetualang untuk sampai ke Curug Pengantin ini loh.


Curug Penganten Bandung -  foto instagram tomisul
Curug Penganten Bandung -  foto instagram tomisul

Dimana kamu akan diajak trekking melewati perkebunan warga hingga masuk ke hutan hujan tropis yang masih rimbun. Tapi tenang saja trekkingnyz gak begitu ekstrim kok sehingga aman banget nih untuk membawa keluarga buat berlibur kesini.

Oiya ternyata nama Curug Penganten ini memiliki sejarah loh tapi bukan kaya cerita-cerita bahwa dahulu ada pasangan pengantin yang tidak direstui oleh kedua orang tuanya. Lalu mereka kawin lari dan bunuh diri di curug ini. Bukan begitu ya ceritanya tapi yang benar itu nama Curug Penganten diambil karena air terjun disini berpasangan alias dua bin dobel. Air terjun aja berpasangan masa kamu ngak mblo, eh.


7. Curug Dago

Curug ini bukan terletak di Jalan Dago Kota Bandung (mentang-mentang namanya Curug Dago) tapi terletak di Bukit Dago ya yang berada di kawasan Tahura Ir. H. Djuanda. Letaknya memang agak tersembunyi sehingga memerlukan sebuah tekad kuat dan perjuangan untuk mencapai Curug Dago ini.


Curug Dago Bandung - foto instagram nanafahreziaa
Curug Dago Bandung - foto instagram nanafahreziaa

Curug ini sendiri menjadi salah satu tempat bersejarah di Bandung loh. Hal tersebut karena Curug Dago ini pernah dikunjungi oleh Raja Thailand dengan ditemukannya prasasti  dari kerajaan Thailand sekitar tahun 1818 silam. Dalam prasasti tersebut tertulis paraf sang Raja Chulalongkom II atau Rama V serta tahun Rattanakosin, era 120 (Bangkok).

Yang memang diceritakan bahwa sang Raja Thailand tersebut mengunjungi Curug Dago sekitar tahun 1896 dan kunjungan keduanya pada tahun 1901 dimana ia juga menulis di batu prasasti tersebut pada kunjungan kedua ini.


Tak hanya itu ternyata Raja Thailand selanjutnya yakni Raja Rama VII pun pernah mengunjungi Curug Dago pada 1929 silam. Hal ini terungkap dengan ditemukannya prasasti yang bertuliskan ukiran nama Raja Prajadipok atau Raja Rama VII.


Tentunya Curug Dago ini memang menjadi tempat bersejarah dan juga menjadi salah satu tempat yang begitu sejuk dan eksotis. Bahkan banyak para pengunjung Curug ini datang untuk bersemedhi di kawaasan Curug Dago karena memang kawasan ini begitu tenang dan nyaman.


Dan untuk masuk ke Curug Dago ini biayanya gratis loh dan hanya membayar parkir kendaraan saja. Sehingga kamu gak perlu takut untuk menyambangi salah satu curug yang mebjadi tempat bersejarah di Bandung ini. Pokoknya anak curug mah wajib banget nih buat kesini biar tahu sejarah juga.


Itulah 7 Curug atau air terjun yang memiliki pemandangan eksotis dan indah serta cantik yang bisa menjadi tujuan liburan kamu ketika di Bandung. Jadi mau main ke curug yang mana nih?

Leave A Reply