-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

wisata dekat merapi yang masih buka saat erupsi - foto travelmurahjogja

Meskipun Gunung Merapi dalam status Waspada sejak 5 November 2020 dan besar kemungkinan akan terjadinya Erupsi. Ternyata masih ada beberapa tempat wisata yang tetap buka meskipun dekat dengan Gunung Merapi.

Beberapa tempat wisata tersebut tetap buka karena dianggap aman yakni berada di luar radius berbahaya dari puncak Gunung Merapi. Dimana letaknya lebih dari 5 kilometer dari puncak Merapi dan tidak termasuk kedalam jalur bahaya awan panas Merapi.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang masih buka meskipun berada di kawasan Gunung Merapi yang sedang erupsi.

1. The Lost World Castle

Kalau yang satu ini kamu bakalan berasa sedang berada di Jepang loh dan memang karena tempat wisata ini dikelilingi tembok kokoh banyak yang bilang seperti Benteng Takeshi di Jepang loh. Tak hanya itu karena tembok yang mengelilingi objek wisata ini pun tak jarang disebut seperti Tembok Besar Cina.
The Lost World Castle - foto instagram thelostworldcastle
The Lost World Castle - foto instagram thelostworldcastle
The Lost World Castle ini tetap buka meskipun Gunung Merapi semakin meningkat aktivitasnya dan berpotensi erupsi besar. Tapi bukan karena tempat wisata yang berada di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini dikelilingi tembok kokoh ya. Melainkan karena letaknya yang berjarak 7 kilometer dari puncak Merapi.

Seorang pengelola The Lost World, Mas Kotel pun membeberkan alasan kenapa tempat wisata tersebut masih buka. Hal tersebut karena The Lost World memiliki jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi sehingga masih aman dari resiko jika terjadinya erupsi dan tidak masuk zona merah erupsi Gunung Merapi.

Disini kamu bisa sepuasnya berswafoto atau fotoin pasangan kamu loh, tapi kalau Jomblo juga gak apa-apa kok kesini nanti minta fotoin sama yang lain siapa tau yang dimintain tolong jadi jodoh kamu, eh.

Kamu bisa berfoto dengan spot foto unik disini seperti awan putih biar serasa kaya naik awan kinton nya Son Goku, atau mau naik sepeda motor terbang juga bisa loh, dan juga kamu bisa berfoto biar kelihatan seperti bidadari bersama spot foto sayap bidadari.

Kalau semisal capek foto-foto kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan sekitarnya dari The Lost World Castle ini loh. Tempat ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore dengan harga tiket masuk sebesar 30 ribu per orang. Tapi kalau si dedek emes sih bisa masuk gratis loh, tapi si dedek emesnya yang berusia di bawah 5 tahun ya bukan dedek emes ketemu gede eh.

2. Merapi Lava Tour

Wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualang nih. Karena kamu akan daiajak menelusuri aliran lahar panas Gunung Merapi pasca meletus pada 2010 silam dengan menaiki mobil Jeep. Lokasi tempat wisata ini berada di Kaliurang atau tepat di kaki Gunung Merapi.

Merapi Lava Tour - foto instagram lavatourjogja
Merapi Lava Tour - foto instagram lavatourjogja
Kamu pun bisa memilih beberapa rute yang disediakan pengelola mulai dari rute pendek, rute sedang, rute panajang, hingga rute sunrise. Tentunya masing-masing rute memiliki harga yang bervariasi dimana yang termurah yakni sebesar 350 ribu per orang.

Walaupun berlokasi di kaki Gunung Merapi namun Merapi Lava Tour ini tetap beroperasi. Meski begitu ada beberapa titik area singgah yang dibatasi selama rute perjalanan seperti Bunker Kaliadem dan Bekas Rumah Mbah Maridjan. Karena keduanya berada dalam daftar zona merah erupsi Gunung Merapi dimana masuk dalam area 5 kilometer dari puncak Merapi.

3. Stonehenge Merapi

Tempat wisata ini memang memiliki pesona yang sama seperti situs Stonehenge yang berada di Inggris. Namun Stonehenge Merapi ini versi lokalnya dan bukan peninggalan peradaban masa lalu, apalagi peninggalan mantan, eh. 

Stonehenge Merapi - foto instagram dongvns
Stonehenge Merapi - foto instagram dongvns
Namun tetap saja meskipun versi lokal Indonesia, batu-batu yang disusun sedemikian rupa tetap dibuat mirip seperti situs Stonehenge aslinya loh. Tempat wisata ini berada di Cangkringan, Sleman Yogyakarta dan dekat dengan Gunung Merapi ini masih buka dari jam 7.30 hingga jam 18.00 setiap harinya.

Dan untuk menikmati pesona batuan yang disusun seperti Stonehenge aslinya ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu per orang loh. Jadi kalau kesini sama pacar cuma perlu 20 rb loh tapi kalau kesini sama istri dan pacar kamu sih gak tau deh bayar berapa bisa jadi gratis tuh, eh.

4. Museum Gunung Merapi

Museum ini berada di Desa Harjobinangun, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini memiliki bentuk unik mirip kerucut loh. Lalu semakin epic lagi karena pemandangan Gunung Merapi bakalan menjadi latar belakang jika kamu berfoto di museum yang didirikan sejak 2009 ini.

Museum Gunung Merapi Sleman - foto mnugrohosusanto
Museum Gunung Merapi Sleman - foto mnugrohosusanto
Di museum ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai peralatan pos pengamatan Gunung Merapi dari masa ke masa. Tak hanya itu saja kamu pun bisa mempelajari evolusi kerak bumi, melihat gunung api aktif di Indonesia dan dunia, tipe letusan gunung berapi hingga bagaimana cara menyelamatkan diri jika terjadi letusan gunung berapi. Tapi disini tak mengajarkan bagaimana cara menghadapi letusan emosi cewek yang PMS ya, ups.

Kalau mau berkunjung ke Museum Gunung Merapi ini kamu jangan datang hari Senin ya pasti kamu bakalan kecewa. Karena Museum Gunung Merapi ini buka hanya pada hari Selasa sampai Minggu mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 15.30 saja.

Harga tiketnya pun relatif terjangkau hanya dengan membayar 5 ribu saja kamu bisa masuk loh. Tapi jika ingin masuk ruang audio visual kamu harus menambah 5 ribu lagi per orang untuk menikmati suguhan tentang gunung berapi dan kerak bumi.

5. The World Landmark Merapi Park

Nah kalau yang satu ini kalian bakalan diajak untuk berfoto dengan landmark dari dunia loh. Karena di tempat wisata yang letaknya tak jauh dari Museum Gunung Merapi ini menawarkan beberapa spot foto dengan landmark seperti menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, Pagoda, Big Ben London, Menara Pisa, Burj Al Rab Dubai dan landmark lainnya.

The World Landmark Merapi Park - foto instagram verani_22
The World Landmark Merapi Park - foto instagram verani_22
Selain berfoto dengan landmark dari seluruh dunia kamu juga bisa main di kids waterpark jika kamu masih anak-anak. Cowboy town dan jemparingan juga jangan lupa untuk dicoba jika main kesini ya.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore untuk hari biasa dan jika weekend maka buka lebih awal yakni jam 8.30 pagi dan tutup tetap jam 5 sore. Untuk tiket pun pada hari biasa sebesar 20 ribu sementara pada weekend dan hari libur nasional sebesar 22 ribu.

Nah itulah beberapa tempat wisata dekat Gunung Merapi yang masih buka walaupun ada potensi erupsi dari salah satu gunung api paling Aktif di Indonesia ini. Jadi kamu mau main ke tempat wisata yang mana nih? Bertualang naik mobil Jeep di Merapi Lava Tour atau mau mengajak si buah hati dan keluarga main ke Museum Merapi dan The World Landmark Merapi Park.

Atau kamu malah mau mencoba menaklukkan Benteng Takeshi di The Lost World Castle dan sekalian menaklukkan hatinya si dia dengan diajak mengunjungi Stonhenge Merapi?

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)