Agar Panjang Umur, Begini Cara Cuci Sepatu Gunung Yang Benar - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

cara mencuci sepatu gunung agar awet - foto Christelle Olivier
Sepatu gunung adalah salah satu perlengkapan yang sangat vital bagi seorang pendaki. Karena digunakan untuk melindungi kaki selama pendakian dan juga memudahkan melangkah pada medan-medan tertentu seperti tanjakan curam, trek basah dan berlumpur, hingga trek bebatuan dan akar yang menantang. Oleh karena itu sepatu gunung harus dijaga termasuk cara membersihkannya dan penyimpananya agar awet.

Memang setelah melakukan pendakian maka sepatu kita akan kotor dan harus dibersihkan. Apalagi saat kita mendaki di musim hujan sudah pasti sepatu itu bakalan tak berbentuk karena di sepanjang kiri kanannya menempel lumpur-lumpur dari jalur pendakian. Dan yang pasti bakalan berubah warna tuh dari yang hitam menjadi coklat lumpur dan warna coklat gak bakalan jadi wafer coklat eh.

Selain itu keadaan sepatu yang basah karena terkena hujan juga membuatnya semakin rentan cepat aus dan rusak loh. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat mencuci sepatu gunung agar tetap awet dan tahan lama.


Bahan Pembersih Sepatu Gunung Yang Tepat


Nah disini kita harus pintar-pintar memilih bahan pembersih agar sepatu gunung kita tetap awet dan tahan lama. Penggunaan deterjen tidak disarankan untuk membersihkan sepatu gunung ya. Deterjen juga merupakan salah satu musuh bagi sepatu gunung loh karena bisa merusak bagian-bagian penting dari sepatu gunung kita.

Karenanya pilihlah sabun dengan pH netral seperti sabun bayi untuk membersihkan sepatu gunung. Itupun digunakan kalau sepatu gunung kita sangat kotor dan berlumpur ya. Tapi jika hanya berdebu saja sih disarankan membersihkan nya dengan  menggunakan air bersih saja ya jangan menggunakan air mata kesedihan melihat dia sama yang lain.


Alat Pembersih Sepatu Gunung Yang Tepat


Untuk membersihkan sepatu ini usahakan menggunakan dua jenis sikat berbeda yakni yang sikat yang keras dan juga sikat yang lembut atau soft. Dimana sikat yang keras digunakan untuk membersihkan bagian outsole atau bagian bawah sepatu dan samping bawahnya. Karena di bagian ini biasanya kotoran baik lumpur dan debu bahkan kerikil kecil menempel pada sepatu. Dengan menggunakan sikat keras tentu semuanya bisa dibersihkan sampai ke akar-akarnya.

cara merawat sepatu gunung - Foto greencampusoutdoor.com
Cara merawat sepatu gunung - Foto greencampusoutdoor.com
Sementara untuk bagian toe cap atau bagian depan sepatu dan bagian dalam bersihkanlah menggunakan sikat yang lembut atau soft. Karena bagian ini terutama bagian dalam sangat sensitif dan harus diperlakukan dengan lembut seperti perasaan dia ke kamu, eh.

Cara Mengeringkan Sepatu Gunung


Pengeringan sepatu gunung yang sudah dicuci bersih juga harus diperhatikan ya agar sepatu tetap awet dan tahan lama. Saat pengeringan disarankan jangan sampai terkena matahari langsung ya tapi dengan diangin-anginkan saja di tempat teduh. Karena jika dijemur di matahari langsung maka bukan tak mungkin bisa merusak sepatu gunung kita.

Mulai dari warna yang cepat pudar hingga beberapa bagian sepatu gunung kita terlihat retak-retak karena kepanasan dan akhirnya bisa sobek loh. Jadi keringkan di tempat teduh saja ya dan biarkan mengering dengan di angin-anginkan.


Cara Menyimpan Sepatu Gunung


Selain alat pembersih,bahan pembersih dan cara pengeringan ternyata cara penyimpanan juga mempengaruhi sepatu gunung kita awet atau cepat rusak. Beberapa penyakit yang sering diderita sepatu gunung dalam penyimpanan yakni bagian depan sepatu sering kali turun kedalam karena tak ada penahan di dalamnya. Tentu hal ini dapat merusak sepatu terutama bagian depan mulai dari bentuk yang penyok bahkan hingga jahitan dan bahan nya yang retak-retak.

Menyimpan sepatu gunung - Foto Kirsten Evers
Menyimpan sepatu gunung - Foto Kirsten Evers
Oleh karena itu disarankan untuk mengisi bagian dalam sepatu dengan plastik atau kertas agar tetap dalam bentuk yang sempurna dan menghindari hal yang tak diinginkan.Selain itu memasukkan kertas kedalam sepatu juga mampu menyerap bau di dalam sepatu loh sehingga baunya akan wangi dan gak apek sepatunya.

Nah itulah beberapa tip yang bisa diterapkan untuk tetap menjaga sepatu gunung kamu tetap awet dan tahan lama. Sehingga mampu menemani kamu mendaki ke puncak-puncak tertinggi di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Salam lestari!
Rawatlah sepatu gunung kamu dan melangkah sejauh-jauhnya dengannya hingga ke puncak-puncak tertinggi di dunia ini.

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)