6 Tips Aman Dan Nyaman Main Ke Curug Ala Anak Curug - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Tips aman dan nyaman main ke curug atau air terjun- foto instagram indahnarasaki


Selain naik gunung dan pergi ke pantai ternyata mengunjungi curug atau air terjun juga tak kalah mengasyikan nih. Bisa dibilang mengunjungi air terjun atau curug ini kalian akan merasakan dua sensasi sekaligus loh yakni sensasi seperti menjadi anak gunung dan sensasi menjadi anak pantai.

Karena kita pada dasarnya anak curug adalah anak gunung yang suka main air dan anak pantai yang suka hutan dan jreg jreng jadilah namanya anak curug. Nah jika kamu mau coba untuk menjadi anak curug kamu tepat membaca artikel ini karena Jelajah Lagi akan membahas tentang beberapa tips main ke curug agar tetap aman dan nyaman.

Langsung saja ini dia tips aman dan nyaman saat menikmati curug ala anak curug yang wajib banget dipahami dan dilakukan.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Prima

Kalau yang ini sih wajib banget ya karena anak curug itu akan dihadapkan dengan tantangan menembus jalan setapak di hutan untuk mencapai tempat mainnya yakni curug atau air terjun. Oleh karena itu kodisi tubuh yang prima tentu saja aka sangat dianjurkan dan memang harus.

Kalu misalnya kamu lagi pilek yang ada pas diperjalanan nanti kamu sedikit ngap-ngapan dan pas sampai di curug atau air terjunnya hanya bisa melihat keindahannya saja dan tak bisa nyebur mandi dan berenang sembari menikmati kesegaran air curug nya.

Jadi tetap pastikan tubuh kamu dalam kondisi prima dan jangan sakit saat main ke curug. Biar makin seru main airnya serta menjadi pengalaman tak terlupakan.

2. Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Untuk alas kaki ini memang sangat penting karena anak curug akan melewati medan yang lumayan berat loh. Ditambah lagi ketika sampai di lokasi curug atau air terjunnya siap-siap tuh batu yang licin akan menjadi salah satu cobaan terberat apalagi yang berlumut.

Oleh karena itu diusahakan minimal menggunakan sendal gunung dengan alas yang memiliki grip yang kuat. Jangan pakai sandal jepit ya nanti soalnya pas di jalur yang isinya batuan licin bisa jadi petaka.

Tapi memang disarankan menggunakan sepatu outdoor yang sudah jelas bakalan membuat lebih safety baik ketika trekking menuju curug atau air terjun atau saat berda di pinggiran air terjun. Selain itu sepatu jenis ini juga terkenal kuat dan bisa dipakai di berbagai medan dan kondisi. Jadi kaki kamu bakalan aman dan perjalanan pun akan menjadi menyenangkan.

3. Bawa Air Minum dan Makanan/Cemilan Yang Cukup

Tentu saja perjalanan menuju curug atau air terjun akan menguras tenaga dan energi kita. Oleh karena itu membawa air minum dan makanan atau cemilan sangat diwajibkan ya untuk mengisi tenaga ketika sudah sampai di curug serta untuk tenaga pulang juga.

Untuk air minum memang disarankan untuk membawa sendiri walaupun kadang kita bisa langsung minum dari aliran curug. Namun bagi sebagian orang hal tersebut sangat menjijikan jadi ya bawa lah air minum minimal untuk kebutuhan diri sendiri.

4. Bawa Pakaian Ganti

Pakaian ganti ini hanya untuk jaga-jaga saja jika memang nanti pas di curug kamu bakalan kena racun teman-temanmu untuk ikutan berenang atau mandi di curug. Tapi kalau bagi anak curug sih mandi adalah hal yang wajib dan harus dilakukan ketika main ke curug atau air terjun. 

Sama hal nya seperti menikmati sunrise dari ketinggian ala anak gunung dan bermain pasir serta bermain dengan ombak ala anak pantai.

5. Bawa Kamera

Bisa dibilang kalau alat untuk mengabadikan momen yang satu ini gak akan pernah absen nih dari anak curug. Karena sayang banget kalau main ke curug tapi gak bawa oleh-oleh foto di curug atau air terjunnya.

Selain itu foto dan video yang diambil ketika dicurug juga bisa menjadi bahan pamer di sosial media dan bukti bahwa kamu pernah main ke curug tersebut. Apalagi jika kamu seorang konten kreator pasti kamera ini bakalan nemplok terus kemana pun kamu pergi untuk merekam semua aktivitas kamu selama di curug.

Tapi ingat karena banyak air di curug tentu saja harus bawa kamera yang anti air ya biar afdol atau bisa pake casing anti air agar bisa dipakai untuk memotret dan merekam di bawah air.

6. Jaga Kebersihan Alam Curug atau Air terjun

Hal yang tak kalah penting dengan tips lainnya adalah soal menjaga kebersihan alam di curug yang kita kunjungi. Jadi harus buang sapah pada tempatnya kalau misal pas di curug tidak tersedia tempat sampah maka simpanlah dulu sampahnya di plastik dan bawa pulang dari curug. Lalu buang jika sudah menemukan tempat sampah baik di tempat parkir atau pun di tempat yang menyediakan tempat sampah.

Karena sampah-sampah yang dibuang sembarangan akan membuat kelestarian alam curug tersebut berkurang dan merusak lingkungan. Kan gak cantik lagi kalau di sekitaran curugnya banyak sekali sampah-sampah yang dibuang begitu saja oleh para oknum tak bertanggung jawab yang berkedok pecinta alam dan anak curug.

Karena anak curug itu taka akan sudi dan tak akan mau mengotori curug atau air terjun yang menjadi tempatnya bermain dan melepas penatnya kehidupan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menjadi anak curug atau hanya main mengunjungi curug. Yang pasti tetap jaga keselamatan dan kebersihan serta kenyamananan selama main di curug ya.

Salam Grujugan!

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)