6 Tempat Indah Ini Bakal Menipu Mata Kamu, Percaya? - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page
Mauritius - sumber foto www.beltandroad.news

Di dunia ini banyak sekali tempat-tempat indah yang mampu menyihir mata kita. Mulai dari keindahan lanskap dari puncak gunung, pemandangan indah di pantai dengan gelombang ombak yang saling berlarian, air terjun yang menyegarkan berpadu dengan hijaunya dedaunan, dan banyak lagi pemandangan indah yang mampu menyihir mata kita.

Tapi apa jadinya jika justru tempat indah tersebut keindahannya memiliki ilusi optik yang mampu menipu mata kita? Nah kali ini kita akan membahas tentang beberapa tempat cantik dan indah tapi justru menipu mata kita atau memiliki ilusi optik yang kuat. 

Berikut ini 6 tempat indah di dunia yang membuat mata kita tertipu dengan ilusi optik yang dihasilkannya.

1. Salar de Uyuni, Bolivia

Nah kalau berkunjung ke Salar de Uyuni di Bolivia pasti kamu akan sangat takjub dan terheran-heran. Karena kamu akan memandang pemandangan sekitar dengan refleksi yang nyata seperti sedang berada di cermin loh.

Salar de Uyuni Bolovia - foto Instagram @jonnybyrne
Salar de Uyuni Bolovia - foto Instagram @jonnybyrne
Hal ini terjadi karena Salar de Uyuni di Bolivia adalah sebuah padang garam yang luas. Sehingga garam yang luas tersebut berhasil membuat ilusi optik dimana permukaan padang garam tersebut memantulkan refleksi yang sempurna dari objek yang ada di atasnya.

Membuat Salar de Uyuni yang memiliki luas kurang lebih 4.086 kilometer persegi ini mampu menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan luar biasa indah. Bahkan langit dan awan pun akan terlihat refleksinya loh. jadi berasa di negeri dongeng.

Salar de Uyuni ini berada di bagian tenggara Pegunungan Andes dan terletak pada ketinggian sekitar 3.650 mdpl. Menurut catatan sejarah dahulunya padang garam Salar de Uyuni ini adalah sisa terakhir dari danau purba bernama Minchin sekitar 40.000 hingga 25.000 tahun lalu.

Namun danau Minchin tersebut akhirnya secara perlahan mengering dan menjadi dua danau yakni Danau Poopo dan Danau Uru Uru yang hingga sekarang masih bisa dijumpai di Bolivia. Namun sisa-sisa danau purba Minchin ini mengering dan berubah menjadi padang garam raksasa yang lebih dikenal dengan Salar de Uyuni.

2. Sumur Jacob, Texas Hill Country

Hanya memiliki kedalaman hingga 762 meter, Sumur Jacob ini jika dilihat terasa sangat dalam sekali seakan dalamnya sampai hingga ke ujung neraka loh, indah sekaligus mengerikan ya. Namun meskipun menyeramkan Sumur Jacob ini jadi tempat favorit para penyelam loh.

Sumur Jacob - foto Instagram @gldmne
Sumur Jacob - foto Instagram @gldmne
Sumur Jacob sendiri sebenarnya adalah gua bawah laut terpanjang di Texas. Gua ini dipenuhi air yang jernih dan sejuk sehingga memberikan sensasi yang luar biasa indah saat menyelam disini. Sumur ini juga memiliki 4 ruangan hingga ke dasarnya dimana pada ruangan pertama terdapat lubang vertikal sedalam kurang lebih 10 meter mulai dari permukaan air.

Lalu semakin kebawah akan menemukan ruang kedua yang berbentuk seperti corong yang panjangnya mencapai 80 kaki atau sekitar 24,3 meter. Dari ruang kedua hingga ruang ketiga terdapat celah terbatas yang memisahkan keduanya. Dan pada ruang ketiga hingga keempat Sumur Jacob akan semakin sempit jika semakin dalam.

Namun hingga sekarang kebayakan penyelam hanya mampu menjelajahi hingga ruang kedua Sumur Jacob ini. Meski begitu ternyata Sumur Jacob ini sangat menyeramkan karena telah merengut 8 nyawa penyelam yang mencoba menelusuri kedalaman sumur yang seolah dalamnya hingga ke ujung neraka.

3. Air Terjun Horsetail, California

Kalau kamu berkunjung ke Air Terjun Horsetail ini siap-siap untuk takjub dengan keindahannya yang menipu mata. Alih-alih bukan air terjun air yang berwarna putih seperti kapas kalau di foto dengan long exposure. Tapi kamu bakal mendapati air terjun yang berwarna kemerahan seperti api. Dan memang Air Terjun Horsetail ini dijuluki sebagai Air Terjun Api.

Air Terjun Horsetail - foto Instagaram @donmetzphotography
Air Terjun Horsetail - foto Instagaram @donmetzphotography
Air terjun Horsetail ini tepat berada di Yosemite National Park di California, Amerika Serikat. Dan air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yang mampu menipu mata. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 620 - 630 meter ini memiliki fenomena unik dimana air yang turun berwarna seperti api.

Warna merah pada air terjun Horsetail yang menyerupai api tersebut terjadi karena air terjun ini terkena sinar matahari pada sore hari. Semakin sore maka warnanya akan semakin jingga kemerah-merahan seperti warna api yang menyala-nyala tentunya itu sangat indah serta menakjubkan.

Tapi kamu tak kan selalu bisa menikmati air terjun api ini secara sempurna warnanya. Karena fenomena ini terjadi musiman. Dan waktu yang terbaik untuk mendatangi air terjun Horsetail ini yakni pada musim dingin atau sekitar bulan Februari agar kamu bisa menikmati keajaiban Air terjun Api Horsetail yang menakjubkan dan mampu menipu mata.

4. Deadvlei, Namibia

Lanskap yang berada di Taman Nasional Namib-Naukluff, Namibia ini memang aneh dan mampu menipu mata loh. Karena lanskap Deadvlei atau rawa mati ini bakalan terlihat seperti lukisan seorang seniman loh. Dan jika di foto maka kamu akan susah untuk membedakan apakah itu lukisan atau pemandangan asli Deadvlei.

Deadvlei Namibia - foto Instagram @mp_travelphotography
Deadvlei Namibia - foto Instagram @mp_travelphotography
Deadvlei merupakan oase di tengah gurun yang mengering akibat perubahan iklim. Sehingga hanya menyisakan cekungan dan juga pohon-pohon mati yang diperkirakan pohon tersebut berumur 900 tahun.

Namun meskipun di Deadvlei ini memiliki kondisi yang panas dan kering, namun kawasan ini jadi tempat favorit para fotografer loh. Hal ini karena Deadvlei memiliki kontras warna alam dan langit yang tak biasa. Bahkan jika kita lihat seperti melihat sebuah lukisan.

Deadvlei ini tak dihuni oleh makhluk hidup karena cuaca panas dan tak ada sumber air. Namun pemandangannya sangat indah dimana rawa mati ini dikelilingi bukit-bukit pasir yang tinggi hingga 1000 meter.

5. Mauritius

Mungkin kita asing dengan nama tersebut tapi faktanya Mauritius adalah sebuah negara yang terletak di barat daya Samudra Hindia atau sebelah timur Madagaskar. Mauritius ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan terutama laut dan pantainya yang aduhai indahnya.

Mauritius - sumber foto www.beltandroad.news
Mauritius - sumber foto www.beltandroad.news
Dan di sini kamu akan mendapati sebuah fenomena yang menipu mata atau ilusi optik dan sempat menggegerkan dunia beberapa tahun silam. Dimana di Mauritius ini terdapat sebuah pantai yang menjorok kedalam dan seperti membentuk jurang yang terlihat seperti air terjun.

Padahal sesungguhnya itu adalah hanya ilusi optik saja dimana kita melihat pasir terbawa arus kedalam lautan. Tapi meskipun begitu pemandangan itu sangat menakjubkan dan luar biasa indah. Dengan keindahan ini pula Mauritius menjadi salah satu destinasi artis-artis dunia untuk berlibur selain ke Maldives atau Seychelles.

6. The Wave, Arizona

Bukit yang berada di Paria Canyon Vermilion Cliffs Wilderness, Arizona, Amerika Serikat ini memiliki ilusi optik yang mampu menipu mata kita loh. Karena jika kita melihatnya maka akan tampak seperti gulungan ombak dan bahkan ada yang bilang fotonya itu sebuah editan. Padahal memang pada kenyataannya seperti itu loh.

The Wave Arizona - foto Instagram @whereisweatherby
The Wave Arizona - foto Instagram @whereisweatherby
Maka dari itu bukit ini diberi nama The Wafe yang berarti Sang Ombak karena tumpukan garis yang bergelombang. Garis-garis ini disebut lamina eolian yang terisi atau sebuah lapisan batu yang terbentuk dari pasir yang tertiup angin.

Lekukan tersebut membuat bukit-bukit ini menjadi sangat indah dan memuat tiap sudut bukit ini menjadi spot foto yang menarik. Bahkan jika kamu bukan seorang fotografer profesional dan hanya menggunakan handphone kamu tetap bisa mendapatkan foto bagus yang profesional disini loh.

Hal ini karena saking indah dan cantiknya lekukan garis-garis yang bertumpuk di bukit tersebut dan membentuk seperti ombak.

Nah itulah 6 tempat didunia yang indah dan juga mampu menipu mata kita dengan ilusi optik yang dimilikinya. Jadi kalian mau menipu mata kamu dengan berkunjung kemana dulu ini dari ke-6 tempat diatas?

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)