-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Sunrise Puncak Gunung Gede foto Instagram @gonetogallivant

Gunung Gede Pangrango - Setelah ditutup pada 10 September 2020 lalu karena membludaknya pendaki Gunung Gede Pangrango dan melanggar protokol kesehatan pencegahan covid 19 selama di gunung yakni tanpa jaga jarak. Kini akhirnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali membuka pendakian Gunung Gede Pangrango mulai tanggal 21 Oktober 2020 usai evaluasi penerapan kebiakan tersebut.

Keputusan tersebut diambil usai evaluasi antara Tim Satgas Internal Pengendalaian Covid 19 Balai Besar TNGGP dan Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur. Dari hasil evaluasi tersebut maka diperoleh lah keputusan untuk membuka kembali pendakian Gunung Gede Pangrango dengan penerapan sistem kuota dan tentunya penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan Covid 19.

Surat Edaran Pembukaan Gunung Gede Pangrango - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Surat Edaran Pembukaan Gunung Gede Pangrango - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Berikut ini ketentuan pembukaan kembali pendakian Gunung Gede Pangrango berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP yang dikeluarkan pada tanggal 19Oktober 2020 tentang pembukaan kembali pendakian Gunung Gede Pangrango.
  1. Pembukaan kembali pendakian terhitung mulai tanggal 21 Oktober 2020
  2. Penerapan kuota pendakian sebesar 25% dari kuota normal atau sebanyak 300 orang per hari akumulasi dari 3 basecamp pendakian (Cibodas, Gunung Putri, Selabintana), kondisi ini bersifat sementara dan akan dievaluasi kemudian.
  3. Peningkatan penerapan protokol pendakian meliputi pengaturan pintu masuk dan penerapan sistem booking online melalui http://booking.gedepangrango.org/ pemeriksaan kesehatanserta menyertakan Surat Keterangan Sehat pada hari H pendakian.
  4. Menerapkan protokol kesehatan seperti pendaki tidak sedang mengalami gejala batuk/filek, menggunakan masker, membawa handsanitizer, mengunakan sarung tangan, menjaga etika batuk atau bersin, wajib membawa surat keterangan sehat, menjaga jarak antar pendaki, menggunakan perlengkapan makan dan minum pribadi, kapasitas tenda hanya diisi 50% dari kapasitas maksimal dan menjaga jarak antar tenda serta menjalankan SOP pendakian.
  5. Pada jalur pendakian yang sempit antar pendakia tetap menjaga jarak minimal 1 meter.

Seperti diketahui sebelumnya Gunung Gede Pangrango pertama kali dibuka kembali pada tanggal 24 Agustus 2020 usai dilakukan penutupan karena wabah Covid 19. Namun pembukaan tersebut tak bertahan lama karena pada tanggal 10 September 2020 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kembali menutup pendakian karena membludaknya pendaki dan tidak menerpkan protokol kesehatan saat berada di jalur pendakian.

Bahkan dari video yang beredar jalur pendakian gunung Gede via Putri terlihat pendaki yang antri memasuki pintu rimba tanpa menerapkan protokol kesehatan serta jaga jarak. Oleh karena hal tersbeut akhirnya pihak TNGGP kembali menutup pendakian Gunung Gede Pangrango untuk evaluasi.

Salam lestari!
Ingat jangan desak-desakan lagi ya yang mau mendaki Gunung Gede Pangrango kaya sebelumnya dan tetap patuhi protokol kesehatan serta jaga jarak selama pendakian.

Sumber: https://www.gedepangrango.org/siaran-pers-pendakian-di-tnggp-resmi-dibuka-kembali-pasca-evaluasi-pendakian-dan-wisata/
Foto: Instagram @gonetogallivant dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)