Udah Tahu Belum? Nama-Nama Posisi Saat Mendaki Gunung Ini - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page
Nama Posisi Pendaki - Foto oleh Eric Sanman dari Pexels

Kali ini Jelajah lagi akan membahas tentang posisi dan nama-nama keren bagi pendaki selama dalam tracking atau perjalanan. Setiap posisi memang memiliki tugasnya masing-masing dengan tujuan yang sama yakni memastikan perjalanan dan selama pendakian aman dan tanpa kekurangan apapun. 

Berikut ini beberapa posisi pendaki ketika dalam perjalanan pendakian gunung dalam rombongan.

.

1. Leader



Ini adalah posisi utama atau kapten dan pemimpin atau imamnya rombongan pendakian ya dan belum tentu jadi imamnya kamu. Untuk posisi selama perjalanan biasanya berada di belakang Navigator atau pun mobile alias ada dimana-mana kaya ninja. Kadang di depan kadang di barisan belakang kadang di barisan patah hati eh.

Pendaki Navigator - Foto oleh moon chahcha dari Pexels
Foto oleh moon chahcha dari Pexels

Karena tugas utama leader dalam pendakian adalah untuk memastikan seluruh anggota rombongan dalam keadaan baik dan aman hingga pulang ke rumah masing-masing.  Ini tanggung jawab yang sangat berat diantara posisi lainnya.

Leader juga memiliki tugas untuk mengurus administrasi laporan ke basecamp dan perizinan lainnya. Dan memastikan semuanya lengkap baik secara administrasi maupun perlengkapan kelompok dan pribadi masing-masing anggota. Intinya mah dia yang harus tahu semuanya yang ada di rombongan pendakian yang ia pimpin.

Biasanya, yang dipilih menjadi leader atau pemimpin dalam sebuah pendakian adalah orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian serta mampu mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi dalam pendakian. Pokoknya idaman banget deh.

Dan seorang leader juga harus bisa memotivasi anggota rombongan lainnya agar mampu menaklukkan ego diri dan terus berjalan hingga sampai di tempat camp dan pulang dengan selamat hingga ke rumah.


2. Navigator



Ini biasanya diisi oleh pendaki yang memiliki memori dan intuisi yang baik dalam memilih. Navigator atau si penunjuk Jalan ini selalu ngacir di depan rombongan buat ngecek jalan apakah sudah benar apa belum. Dan tentu tetap koordinasi dengan leader rombongan jika tentang jalur mana yang terbaik untuk dilewati dalam perjalanan.

Pendaki Navigator - Foto oleh juan mendez dari Pexels
Foto oleh juan mendez dari Pexels

Navigator ini memang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar karena di tangan mereka lah masa depan rombongan dipertaruhkan. Jika saja salah memilih jalur alamat bakalan tersesat di gunung dan bisa sampai tersesat di hati dia, ups.

Makanya posisi navigator ini biasanya diisi oleh pendaki yang sebelumnya pernah mendaki ke gunung tersebut. Sehingga ia telah mengenal dengan baik jalur pendakian dan meminimalisir potensi tersesat apalagi tersesat nya di hati dia he he he.

Namun jika seluruh rombongan baru pertama kali mendaki ke gunung tersebut maka sang navigator biasanya akan diisi oleh pendaki yang memiliki jam terbang tinggi (bukan terbang beneran ya apalagi terbang ke hati kamu hiya hiya hiya) atau pendaki senior. Dan tentu memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

.

3. Chef



Ini dia jabatan atau posisi yang harus diistimewakan selama pendakian tapi jangan di gombalin ya tar laper lagi. Karena chef ini adalah orang yang akan memastikan seluruh anggota rombongan kita tidak akan kelaparan selama pendakian.

Pendaki Chef - Foto oleh Athena dari Pexels
Foto oleh Athena dari Pexels

Ia pun sampai rela gak ikutan berburu sunrise karena sibuk buat roti bakar untuk sarapan. Dan disaat yang lainnya sudah tidur ia masih sibuk dengan prajurit bawahannya yakni kompor nesting dan kawan-kawannya. Untuk menyulap si beras jadi nasi dan bahan makanan lainnya menjadi layak makan dengan cita rasa ala-ala hotel beralaskan terpal beratapkan milkyway.

Biasanya chef ini adalah orang yang gak pandai-pandai amat dalam memasak dan kebnyakan adalah pendaki cowok. Kenapa bukan cewek? Jawabannya sederhana kok karena faktanya hampir 90% pendaki cewek itu tak bisa masak nasi di gunung pake nesting. Entah kenapa padahal gampang banget loh kaya masak di magicom.

Dan juga masih jadi misteri kenapa chef gunung itu kebanyakan pendaki cowok padahal kalau dirumah gak pernah masak atau bantuin ibunya masak. Dan mentok-mentok di rumah palingan masak mie instan. Tapi di gunung bisa mendadak bisa goreng tempe, bikin sayur sop bahkan bisa sampe bikin indomie rasa warkop eh.

Posisi Chef dalam perjalanan ini biasanya berada di tengah-tengah rombongan dan harus diistimewakan dengan bawaan yang ringan-ringan saja. Karena ia akan mulai melakukan tugasnya disaat yang lain istirahat di tenda melemaskan otot-otot yang ngotot dalam perjalanan.

.

4. Logistik



Ini dia partner selama pendakian si Chef nih. Posisi Logistik ini adalah posisi yang harus diisi oleh orang-orang yang memiliki tubuh yang kuat, tak mengeluh, dan tentunya perhatian juga. Terutama perhatian sama si Chef karena ia menjadi orang yang harus memastikan apa saja bahan makanan serta peralatan masak untuk si Chef.

Pendaki Logistik - adventure-Gambar oleh riyan hidayat dari Pixabay
adventure-Gambar oleh riyan hidayat dari Pixabay

Selain itu ia pun harus memastikan peralatan kelompok seperti tenda dan flaysheet aman dan terbawa sampai ke tempat camp. Intinya posisi Logistik ini harus siap jadi porter deh bawa perlengkapan masak dan kelompok.


5. Pendaki Followers



Nah kalu yang satu ini biasanya diisi oleh para pemula atau yang masih baru di dunia pendakian gunung. Atau memang pendaki yang belum punya kemampuan untuk menjadi navigator, leader or sweeper.

Pendaki Folowers -  Foto oleh Guduru Ajay bhargav dari Pexels
Foto oleh Guduru Ajay bhargav dari Pexels
Dan biasanya ini posisi bebas boleh berada di posisi mana saja asal berada di depan sweeper. Kalau menurut saya sih followers ini ibarat anak magang dia bisa berada di posisi mana saja dengan tugas utama untuk belajar. Misalkan kalau dia senang ngebut maka bisa nemenin navigator di depan siapa tahu next trip dia yang jadi navigator.

Kalau memiliki sikap care terhadap sesama biasanya bakalan ngikutin leader atau sweper. Dan kalau yang laper terus pasti udah ketebak bakalan ngikutin siapa kan. Kalau yang jawab chef salah loh ya karena dia akan mengikuti yang bawa cemilan banyak dan gampang dimintain nya, he he he.

Ingat jadi followers itu bukan karena kamu tak punya kemampuan apapun atau karena newbie. Tapi karena kamu bisa jadi apapun di masa depan dengan bebas belajar dari Navigator, Leader, Sweeper, dan Logistik serta Chef.

.

6. Swepeer



Ia merupakan orang yang bertugas sebagai 'penyapu' rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada di posisi paling belakang dalam rombongan dan harus selalu berada di paling belakang.

Pendaki Sweeper - fatigue-Foto oleh rottonara dari Pixabay
fatigue-Foto oleh rottonara dari Pixabay

Biasanya diisi oleh para pendaki senior dan yang memiliki kemampuan untuk survival serta teknik dasar pertolongan pertama pada kecelakaan serta fisik yang kuat. Dan biasanya sweeper juga membawa perlengkapan P3K kompor dan nesting serta beberapa bahan makanan seperti mie instan dan air yang cukup.

Hal ini untuk mengantisipasi ada anggota rombongan yang kelelahan dan mulai kedinginan. Sehingga ia akan sigap mengeluarkan kompor dan membuat air hangat untuk menghangatkan tubuh. Dan biasanya si sweeper ini orangnya care banget serta enak diajak ngobrol.

Bahkan seringnya ia kedapatan sedang ngobrol sama pendaki dari rombongan lain dan punya banyak teman. Dan tak jarang ketika turun ia sering menjadi porter dadakan dengan membawa 2 keril bahkan lebih karena ada anggota rombongan yang kelelahan atau kram keseleo.

Ia pun rela berjalan lambat menemani para followers yang kelelahan meski menanggung beban dua keril yang berat. Karena bagi sweeper memastikan semua anggota rombongan aman dari mulai mendaki hingga turun sampai ke basecamp lagi. Pokoknya idaman banget deh ini buat dijadiin .... (Isi sendiri lah ya).


7. Pendaki Ninja



Nah ini tambahan nih yang sekarang mulai kelihatan dalam setiap pendakian nih. Pendaki ninja ini biasanya tiba-tiba di depan lalu di tengah dan di belakang dari belakang tiba-tiba udah di depan lagi. Pokoknya gitu aja terus selama perjalanan dan gak pernah ada capek.

Pendaki Ninja - Foto oleh Athena dari Pexels
Foto oleh Athena dari Pexels

Karena baginya konten foto dan video adalah nomor wahid yang harus diabadikan oleh kameranya. Ya dia adalah dokumentasi atau yang kalau di gunung terkenal sebagai Pendaki Foto/Videografer. Tapi ia sangat berperan penting dalam pendakian dan menjadi satu-satunya anggota rombongan yang selalu bikin baper. Karena hasil jepretan atau video nya yang bikin kangen muncak lagi.

Dan si pendaki Ninja ini juga selalu jadi korban gak ada inframenya serta selalu dikasih HP pas sunrise di puncak sama pendaki Glowing yang suka ngacak-ngacak hati sambil bilang, "Mas Fotoin donk." Udah gitu bilangnya sambil senyum rasa gula pasir sekilo, eh.

Tapi karena jasanya pendaki ninja ini akhirnya informasi mengenai medan dan jalur pendakian serta kondisi di gunung tersebut mampu menjangkau seluruh dunia. Dan bahkan mampu ngajakin dan ngompori serta ngeracunin buat naik gunung lewat hasil jepretan dan video nya. Biasanya dia selalu dapet temen baru dari rombongan lain ketika di gunung loh.

Nah itulah 7 posisi pendaki dalam satu rombongan pendakian nah kalau kamu sering jadi yang nomor berapa nih? Dan jika ada posisi pendaki yang kamu ketahui bisa kamu tambahkan di komentar ya.

Salam lestari!
Salam Jelajah Lagi - Never stop exploring
Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)