Keseleo Saat Mendaki Gunung? Ini Cara Pengobatannya - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page
Keseleo saat mendaki gunung - foto freepik

Mendaki gunung pada musim hujan memang membuat jalur pendakian lebih licin ketimbang saat musim kemarau. Oleh karenanya tak sedikit para pendaki yang terpeleset apalagi kalau pas hujan turun selama pendakian. Dan beberapa bahaya yang ditimbulkan karena kepleset ini diantaranya adalah kaki keseleo atau terkilir. Selain itu keseleo ini juga sering terjadi saat turun gunung karena tubuh mulai lelah.

Lalu bagaimanakah caranya mengatasi atau mengobati kaki yang keseleo ketika mendaki gunung? Sebelum kita membahas bagaimana cara penanganan dan pencegahannya, terlebih dahulu kita bahas tentang apa itu keseleo. Keseleo atau terkilir sendiri adalah kondisi dimana terjadinya regangan atau robeknya ligamen (jaringan penghubung antara tulang) karena aktivitas berat, salah memilih pijakan kaki atau terpeleset. Dan biasanya terjadi pada sendi lutut dan pergelangan kaki yang ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak serta sendi menjadi kaku.

Tentu saja dalam pendakian gunung keseleo ini menjadi salah satu mimpi buruk bagi pendaki selain hipotermia. Karena mau tak mau kita harus beristirahat sejenak untuk memulihkan cidera ini. Keseleo ini biasnya terjadi akibat kondisi tubuh yang kurang fit atau kelelahan, medan pendakian yang licin, dan beban yang terlalu berat selama pendakian serta salah memilih pijakan kaki di jalur pendakian.

Pengobatan Keseleo Saat Pendakian Gunung


Untuk pertolongan pertamanya adalah dengan mengistirahatkan kaki yang  keseleo tanpa memberikan beban aktivitas atau berjalan kaki dan pastikan tidak bergerak dulu agar cideranya tak merembet ke bagian lain dan carilah tempat yang lapang agar korban bisa bersender atau tiduran.
Cara menangani kaki yang keseleo - gambar wikihow.com
Cara menangani kaki yang keseleo - gambar wikihow.com
Jika ada yang bawa es atau kain yang diberi air dingin maka kompreskan ke bagian yang keseleo untuk mengurangi rasa nyeri. Bisa juga dengan menyemprotkan spray peredam nyeri seperti yang sering kita lihat saat pemain bola cidera di pertandingan. Tapi dengan syarat bagian yang kram tak ada luka sama sekali dan jangan sampai terhirup gasnya.

Nah setelah itu coba untuk menekan bagian yang keseleo dengan cara membalutkan kain perban tapi tak boleh terlalu kencang atau longgar. Lalu tinggikan bagian yang keseleo untuk mengurangi pembengkakan dengan cara mengangkat kaki lebih tinggi dari badan. Dan yang terakhir jika sudah agak mendingan bisa melakukan gerakan ringan untuk menghindari sendi yang keseleo semakin kaku.

Jika sudah agak mendingan maka cobalah untuk berjalan secara perlahan tanpa beban membawa keril atau bebean yang berat sambil di backup sama pendaki lain.

Pencegahan Keseleo Saat Pendakian Gunung


Untuk mencegah terjadinya keseleo selama dalam pendakian beberapa cara ini bisa dilakukan untuk meminimalisir atau mencegah terjadi selam pendakian.

1. Melakukan persiapan dengan latihan fisik rutin minimal 7 hari sebelum pendakian.
2. Lakukan pemanasan dan streching (peregangan otot) sebelum memulai pendakian.
3. Perhatikan langkah kita dan juga jalur tempat berpijak.
4. Gunakan sepatu gunung yang pas tidak kebesaran atau kekecilan dan usahakan memakai sepatu yang nyaman.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika kamu mengalami keseleo saat mendaki gunung. Jangan lupa untuk tetap jaga langkah kaki selama pendakian dan hindari jalur yang licin.

Salam Lestari!
Tetap jaga kesehatan selama pendakian gunung ya dan hindari keseleo.
Leave A Reply
  1. Balasan
    1. Terima kasih banyak kak
      seoga artikelnya bermanfaat dan bisa membantu kakak baik saat pendakian gunung maupun saat traveling dan di rumah ya

      Salam lestari!
      Jelajah Lagi - Let's Start Exploring

      Hapus

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)