4 Gunung Dengan Predikat Ter... di Pulau Jawa, Apa Saja? - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

gunung-prau-pexels-dio-hasbi-saniskoro-

Pulau Jawa adalah pulau dengan kepadatan tertinggi di Indonesia dan tak hanya itu tak kurang sekitar 40 gunung berapi berdiri kokoh di pulau yang dibagi kedalam 6 provinsi ini. Dan diantara 40 gunung terebut ternyata 4 gunung ini memiliki predikat TER yakni tertinggi, terpanjang, terekstrim, terbaik sunrisenya.

Lalu gunung apa saja yang memiliki predikat Gunung TER... di pulau jawa tersebut. Berikut ini daftar keempat gunung tertinggi, terpanjang jalur pendakiannya, terekstrim dan terbaik sunrisenya.


1. Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Jawa


Siapa tak kenal dengan gunung yang satu ini hampir semua pendaki mengetahuinya terutama keindahan Ranukumbolo dan puncak Mahamerunya. Selain itu gunung ini pun pernah menjadi tempat syuting salah satu film tentang pendakian gunung yang berhasil membuat semua orang tertarik untuk menjadi pendaki.

Gunung Semeru Jawa Timur - Foto ist Kominfo Jawa Timur
Gunung Semeru Jawa Timur - Foto ist Kominfo Jawa Timur

Gunung yang menjadi tempat bersemayamnya para dewa dan almarhum So Hoek Gie ini menjadi yang tertinggi di Jawa. Dimana puncak tertingginya Mahameru berada pada ketinggian 3.676mdpl. Dan untuk sampai ke puncak Mahameru, kamu harus memiliki mental baja dan fisik yang kuat serta selalu menjaga keselamatan.

Karena disinilah di jalur berpasir menuju puncak Mahameru menjadi tempat peristirahatan terakhir So Hok Gie. Jalur pasir yang terkenal ketika kita melangkah 1 langkah maka akan mundur 2 langkah. Selain itu melewati jalur ini pun kita harus selalu waspada dengan batuan yang sering menggelinding bebas dari atas karena longsor.

Selain mendapatkan predikat gunung Tertinggi di Jawa, gunung yang berada di kabupaten, Lumajang, Probolingo, Malang dan Pasuruan ini memiliki sejuta pesona yang indah. Seperti Ranukumbolo, danau yang memiliki sunrise terbaik dan sejuta pesonanya.

Tanjakan Cinta yang memiliki mitos jika memikirkan seseorang yang dicintai saat melewati tanjakan ini maka perasan tersebut akan tersampaikan dan jadi kenyataan. Namun dengan syarat selama melewatinya tidak boleh menengok kebelakang. Lalu ada Padang Edelweis di Kalimati yang begitu indah dan mempesona. Dan tentu puncak tertinggi pulau Jawa, puncak Mahameru yang begitu kokoh berdiri.


2. Gunung Argopuro, Track Terpanjang di Pulau Jawa


Gunung Argopuro yang berada di Jawa Timur ini hanya memiliki ketinggian 3.088 Mdpl. Namun gunung berapi yang sudah tak aktif lagi ini memiliki track pendakian terpanjang di pulau Jawa.

Mata Air 2 Argopuro - Foto Instagram @akhmaddariel
Mata Air 2 Argopuro - Foto Instagram @akhmaddariel

Untuk sampai puncak Argopuro pendaki harus melalui track pendakian sejauh 63 km yang dimulai dari basecamp Baderan. 4 sampai 6 hari menjadi estimasi waktu tempuh normal yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak Argopuro.

Tentu ini menjadikan gunung yang berada di wilayah Suaka Margasatwa Yang ini dengan track terpanjang di pulau Jawa. Namun ingat panjangnya track di gunung Argopuro ini tak sepanjang kisah kamu mengejar si dia loh, ups.


3. Gunung Raung, Track Terekstrim di Pulau Jawa


Gunung yang terletak di kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember ini menjadi salah satu gunung ikonik dengan track pendakian paling Ekstrim di Pulau Jawa.

Track Jembatan Sirotol Mustaking Gunung Raung - Foto @garudaiken
Track Jembatan Shirotol Mustakim Gunung Raung - Foto @garudaiken

Bahkan bagi para pendaki jika ingin menjadi pendaki sejati seutuhnya maka harus pernah menaklukkan gunung yang memiliki ketinggian 3.344 mdpl dengan jalur ekstrim ini.

Hal ini tentu karena jalur pendakian berada pada punggung gunung dengan jurang menganga di kiri kanannya. Bahkan ada jalur maut di gunung raung yang dinamakan jalur jembatan shirotol mustakim karena sangat berbahaya dan tak ada tali pengaman sama sekali. Yang pasti sangat menegangkan melewatinya sama seperti saat si dia akan memberikan jawaban ya atau tidak sama kamu.

Gunung Raung juga sering menjadi salah satu tempat pelatihan untuk mempersiapkan diri bagi para pendaki yang akan mendaki ke luar negeri terutama ke gunung tertinggi di dunia Gunung Everest atau memulai ekspedisi 7 Summit of the World.


4. Gunung Prau, Golden Sunrise Terbaik


Meskipun hanya memiliki ketinggian 2.656 mdpl saja namun ternyata pesona yang ditawarkan gunung Prau sangat menakjubkan. Bahkan gunung yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng ini dinobatkan sebagai gunung dengan golden sunrise terbaik.

Mount Prau Dieng, The Most Beautiful Place To Enjoy Sunrise - iamindonesia.net
Mount Prau Dieng, The Most Beautiful Place To Enjoy Sunrise - iamindonesia.net

Gunung Prau memang memiliki sejuta pesona yang tak bisa diungkapkan denga kata-kata. Karena keindahannya mampu membius siapa saja yang mendakinya. Bahkan view indahnya golden sunrise di gunung Prau menjadi salah satu icon dari logo air mineral di Indonesia loh.

Dan memang gunung Prau menjadi salah satu gunung yang menjadi tujuan utama dan menjadi tujuan favorit bagi pendaki Indonesia. Terutama untuk para pendaki yang biasanya ditemani tentengan kamera selama pendakian.

Bahkan tak jarang yang menjadikan gunung Prau ini sebagai tempat untuk melakukan sesi foto prewedding atau bahkan ada yang sampai menyampaikan perasaan cintanya kepada si dia loh saat golden sunrisenya. Uwuw banget ya kalau kamu kapan menyatakan cinta sama si dia di Prau? eh.

Itulah 4 gunung yang memiliki predikat tertinggi, track terpanjang, track terekstrim dan sunrise terbaik yang ada di pulau Jawa. Jadi kamu sudah ke gunung yang mana aja nih atau kapan rencana kamu  mau mendaki keempat gunung tersebut?




Leave A Reply