Gunung Kerinci Erupsi Pagi Ini, Warga dan Pendaki Dilarang Berktivitas Dalam Radius 3 km - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

gunung kerinci erupsi abu tebal

Gunung Kerinci - Salah satu gunung tertinggi di Sumatra yaitu Gunung Kerinci terlihat mengeluarkan asap hitam tebal pada Sabtu pagi (17/10/2020). Masyarakat dan para Pendaki pun dihimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Berdasarkan catatan Badan Geologi Kementrian ESDM, Asap tebal hitam tersebut terjadi sekitar pukul 6.30 WIB dengan tinggi 200 meter dari puncak.

"Pada Sabtu pagi ini, Gunung Kerinci terlihat mengeluarkan asap hitam berwarna kecoklatan, namun tidak tercium adanya bau belerang yang menyertai asap. Sempat terdengar bunyi seperti guntur, tapi pelan," ujar Poniman warga Kayu Aro.

Gunung Kerinci Erupsi Abu Tebal
Sumber Instagram Piknik Kerinci
Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api (MGA) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan membenarkan telah terjadi erupsi Gunung Kerinci pada tanggal 17 Oktober 2020 pukul 06.30 WIB. Erupsi gunung dengan ketinggian 3805mdpl tersebut menyemburkan kolom abu setinggi 200 meter dengan tekanan sedang dan condong bergerak ke arah Timur Laut.

"Ya betul, namun hanya selama 4 menit saja, lalu berangsur normal. Kadang-kadang hembusan asap tersebut, mengandung abu tipis seperti kejadian pagi tadi," jelas Hendra Gunawan Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG.

"Meskipun demikian, saat ini Gunung Kerinci masih berada pada status Level II Waspada," tambahnya.

Terkait dengan erupsi Gunung Kerinci pada Sabtu pagi ini masyarakat di sekitar dan para pendaki dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Kerinci dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selain itu PVMBG juga mengimbau kepada pilot untuk menghindari jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci. Karena sewaktu-waktu gunung setinggi 3805 mdpl tersebut berpotensi kembali menyemburkan letusan abu vulkanik yang tingginya bisa mengganggu dunia penerbangan.

Salam lestari!
Semoga Gunung Kerinci kembali normal.

Sumber: Jambi Express https://jambiekspres.co.id/read/2020/10/17/36877/pagi-ini-gunung-kerinci-keluarkan-asap-tebal-ini-penjelasan-bbtnks-dan-pihak-mitigasi-gunung-api/
Leave A Reply