Dusun Butuh Nepal Van Java Ditutup, Bagaimana Dengan Jalur Pendakian Sumbing Via Butuh? - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Dusun butuh nepal van java ditutup - foto IG @nauvalmega _

Sempat menjadi viral di media sosial karena keindahannya yang mirip dengan desa di pegunungan Himalaya, Nepal. Dusun Butuh yang dijuluki Nepal van Java yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang kini ditutup sejak 19 Oktober 2020 lalu.

"Penutupan sementara terhitung mulai Senin, 19 Oktober 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," seperti yang tertuang dalam surat edaran pengelola wisata Dusun Butuh.

Surat edaran penutupan sementara dusun Butuh
Surat edaran penutupan sementara dusun Butuh

Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan, menjelaskan bahwa penutupan ini hanya sementara sesuai dengan hasil musyawarah dari pengelola dan masyarakat Dusun Butuh. Penutupan ini pun memag menjadi bagian untuk membenahi Dusun Butuh dengan melakukan penataan, penertiban dan kerja bakti masyarakat untuk mempercantik Dusun Butuh serta penyesuaian retribusi tiket masuk untuk wisatawan.

Lalu bagaimana dengan jalur pendakian Gunug Sumbing via Dusun Butuh, Kaliangkrik apakah ditutup atau masih buka? Setelah Jelajah Lagi cek ternyata penutupan Dusun Wisata Butuh Nepal van Java tak berpengaruh untuk basecamp pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

Hal ini karena registrasi pendakian Gunung Sumbing melalui basecamp Butuh ini masih dibuka sebagaimana bisa dilihat di instagram resmi registrasi pendakiannya @reg.symphonysumbing.id 

Jadi untuk kamu yang punya agenda untuk mendaki Gunung Sumbing via basecamp Butuh Kaliangkrik masih bisa ya meskipun Dusun Wisata Butuh Nepal van Java ditutup.

Tapi jika kamu hanya berniat untuk menikmati keindahan Nepal van Java saja maka siap-siap untuk putar balik ya atau kamu bisa ke destinasi wisata di lain yang tak jauh dari Dusun Butuh seperti Landscape Watu Susun di Dusun Nampan, Sukomakmur dan Curug Silawe yang berada di Dusun Kopeng, Sutopati.

Kedua tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang eksotis dan tentunyabisa memanjakan mata. Selain itu objek wisata Watu Susun juga memiliki legenda dua buah batu yang konon memiliki keajaiban. Sementara Curug Silawe akan membuat kamu lebih segar dengan keindahan dan sejuknya air terjun yang berasal dari sumber mata air dari Gunung Sumbing. 

Salam Lestari!
Selalu jaga kesehatan dalam setiap petualanganmu ya.

Leave A Reply