Jangan Ngaku Pendaki Gunung Jika Kamu Gak Punya 4 Kemampuan Ini - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

4 kemampuan wajib pendaki gunung foto freepik

Pendakian gunung memang menjadi sebuah aktivitas yang menantang dan juga memiliki resiko yang tinggi. Aktivitas yang bisa dilakukan siapapun ini dari pria, wanita, anak-anak maupun orang tua ini memang harus melakukan persiapan yang matang. Selain persiapan yang matang kemampuan dari dalam diri sendiri juga wajib dilatih dan harus terus diasah. Karena alam bebas selalu memiliki sesuatu yang tak kita prediksi terlebih lagi di gunung.

Oleh karena itu jika kamu ingin mendaki gunung maka minimal harus mempunyai 4 kemampuan dasar yang wajib dikuasai. Kemampuan ini akan sangat berguna selama perjalanan pendakian gunung dan akan membuat kita semakin siap jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Terlebih lagi gunung dan alam bebas memang menjadi tempat yang bukan menjadi wilayah aman bagi manusia. Karena banyak tersimpan bahaya dan resiko yang tinggi baik itu dari cuaca, pepohonan dan juga hewan-hewan yang ada di gunung tersebut. Selain itu aktivitas pendakian gunung juga membutuhkan tenaga, pikiran, dan intuisi tentang medan serta kondisi sekitar.

Berikut ini 4 kemampuan wajib yang dimiliki oleh para pendaki gunung untuk bisa tetap bertahan dari ganasnya cuaca dan segala resiko lainnya selama di gunung.


1. Kemampuan Teknis


Kemampuan teknis ini memang sangat dan wajib dikuasai oleh para pendaki gunung karena sangat berguna banget. Karena hal ini terkait dengan bagaimana cara mendaki yang aman serta bagaimana menggunakan perlengkapan pendakian baik itu peralatan yang biasa sampai yang memiliki fungsi ganda atau multi fungsi.

Kemampuan Tekis perlengkapan pendaki gunung - Foto IG @aracelly88
Kemampuan Tekis perlengkapan pendaki gunung - Foto IG @aracelly88

Misalnya bagaimana cara memasang gas ke kompor portabel, bagaimana memasak nasi dengan nesting, cara berjalan yang benar saat pendakian, cara packing keril yang aman dan benar, cara mendirikan tenda, cara manajemen waktu pendakian, cara menghadapi serangan bagas (babi ganas), dan berbagai hal teknis lainnya serta cara mendekati pendaki glowing agar bisa dapet nomor whatsapp atau instagramnya, ups.

Pada intinya adalah kemampuan seorang pendaki untuk menyikapi alam, dan juga menggunakan perlengkapan pendakian serta menyusun perbekalan secara efisiensi.


2. Kemampuan Fisik


Kemampuan fisik ini memang sangat jelas wajib dimiliki oleh seorang pendaki gunung. Karena mendaki gunung adalah kegiatan yang bertumpu pada kemampuan fisik seperti berjalan berjam-jam dengan medan yang curam ditambah membawa beban berat di tas keril.

Kemampuan fisik pendaki gunung - Foto IG @itamardianafla
Kemampuan fisik pendaki gunung - Foto IG @itamardianafla

Oleh karena itu sebelum melakukan pendakian gunung kita wajib mempersiapkan fisik kita dan harus dalam keadaan bugar dan prima. Dan harus melakukan latihan fisik sebelum mendaki gunung untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan fisik. 

Hal ini sangat penting sekali karena jika kurang latihan fisik atau tidak dalam keadaan bugar dan prima. Maka buka tak mungkin kamu akan mendapatkan sebuah halangan selama perjalanan menuju puncak gunung. Mulai dari cepat lelah, keseleo, kaki kram, atau bahkan kamu tak sampai ke puncak karena kelelahan.


3. Kemampuan Kemanusiaan/Mental Positif


Kemampuan yang satu ini adalah kemampuan dari dalam diri seorang pendaki dimana dia harus memiliki kemampuan untuk bergaul dalam sebuah tim atau kelompok pendakian. Seperti bagaimana kita berkomunikasi, saling membantu selama pendakian dan juga saling menyemangati teman satu tim atau rombongan lain agar kembali semangat untuk terus berjalan menggapai puncak gunung.

Kemampuan kemanusiaan metal pendaki gunung - Foto IG @arista.zahra
Kemampuan kemanusiaan metal pendaki gunung - Foto IG @arista.zahra

Tak hanya itu kemampuan ini juga meliputi bagaimana kita berfikir positif, peduli, respek dan juga mencintai alam dan lingkungan. Kemampuan kemanusiaan ini juga berkaitan dengan mental dari seseorang dan jika mentalnya lemah maka melihat trek pendakian yang curam maka ia bisa saja balik kanan dan turun lagi. Tapi sebagai seorang pendaki maka kita harus memiliki mental yang kuat seperti baja untuk mengalahkan ego dalam diri.

Jadi untuk melatih kemampuan ini kamu bisa mulai dari diri sendiri dengan menerapkan cara berfikir yang positif, dan lebih peduli serta respek baik kepada teman sekelompok, kelompok lain maupun kepada alam dan gunung yang kita daki. Bukan hanya peduli pada diri sendiri saja ya karena mendaki gunung itu bukan untuk menebalkan ego kita tapi untuk mengalahkannya.


4. Kemampuan Pemahaman Lingkungan/Medan Pendakian


Kemampuan yang terakhir yang harus dimiliki oleh pendaki gunung adalah kemampuan untuk memahami lingkungan atau medan pendakian. Hal ini sangat penting sekali untuk menentukan perlengkapan apa saja yang harus di bawa serta menentukan di titik mana saja kita harus berhenti.

Kemampuan pemahaman medan pendaki gunung - Foto IG @rickydoank41
Kemampuan pemahaman medan pendaki gunung - Foto IG @rickydoank41

Untuk memahami medan pendakian kita memang harus riset terlebih dahulu di internet tentang jalur pendakian di gunung yang akan kita daki. Kalau zaman sekarang mah sangat mudah sekali mencari info jalur pendakian karena kita tinggal menonton video dari para pendaki yang diunggah ke youtube.

Nah dari sana maka kita akan mendapatkan beberapa poin penting tentang jalur pendakian, estimasi waktu pendakian dan medan pendakian yang akan kita hadapi. Sehingga saat kita mendaki kita sudah mempersiapkan antisipasi da rencana matang untuk melewati jalur pendakian tersebut.

Selain itu memahami lingkungan juga diperlukan tak hanya sebatas jalur pendakian saja dan camp area atau pos mata air. Tapi jangan lupakan cuaca serta kondisi gunung tersebut apakah ada kemungkinan untuk erupsi atau masih aman dan berbagai hal lainnya. Jadi intinya kita juga haus membaca situasi dan kondisi baik selama di jalur pendakian atau di saat camp dan berada di puncak gunung.

Itulah 4 kemmpua yang wajib dan harus dikuasai seorang pendaki gunung ataupun calon pendai gunung. Karena dengan kemampuan tersebut maka pendakian kita akan semakin mudah dan tentunya aman serta meminimalisir resiko dalam pendakian.

Jadi tetaplah jaga diri dan jaga alam sekitar selama pendakian kamu ya ditambah jaga dia dan perasaannya siapa tau dengan begitu bisa sampai mendaki bersama ke puncak pelaminan. Ammin paling kenceng gak usah pake toa masjid juga sih.

Salam Lestari!
Jangan lupa latih juga dan asah terus 4 kemampuan diatas ya bukan hanya melatih kemampuan kamu mendekati pendaki glowing saja nih, he he he.


Leave A Reply