-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Camping di pantai jogja - foto @farida_nurdaningsih

Tak hanya anak gunung saja yang bisa camping atau bermalam di tenda, ternyata anak pantai pun bisa melakukan hal yang sama loh. Ya cuma beda tempat aja kalau anak gunung campingnya di atas gunung dengan ketinggian diatas 1000 mdpl. Tapi kalau anak pantai mah mdpl mdpl an gak ngaruh karena mereka akan ngecamp di dekat pantai pokoknya yang penting keluar tenda liat mantan lewat eh maksudnya liat laut luas dengan deburan ombaknya.

Camping di pantai juga menggunakan perlengkapan yang sama seperti naik gunung loh yakni tenda, matras, sleeping bag, peralatan masak dan makan serta tentu saja pakaian hangat jadi hanya tempatnya saja yang beda ya. Dan berikut ini beberapa pantai di Yogyakarta yang menjadi tempat terbaik untuk anak pantai ngecamp.

1. Pantai Siung

Pantai yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki ciri khas akan karang-karang kokohnya yang biasa digunakan untuk olahraga panjat tebing. Bahkan lokasi ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan panjat tebing The Asian Climbing yang diikuti oleh perwakilan dari 15 negara di Asia.

Pantai Siung Yogyakarta - Paket Wisata Jogja
Seperti diseubtak diawal memang pantai Siung ini berada diantara dua tebing kokoh di kiri kanannya. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk lokasi ngecamp bagi anak pantai nih. Karena lokasi yang menjorok atau ceruk membuat wilayah pantai ini aman dari gelombang pasang.

Di pantai ini pun kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan tentunya kamu bisa menaiki tebing-tebing di kiri kanan pantai ini untuk menikmati sunrise atau sunset serta pemandangan indah laut pantai selatan. Kalau misalnya mager kamu bisa main-main dengan pasir putih di pantainya dan menangkap ikan yang terjebak di kubangan karang-karang saat air laut surut.

Untuk masalah makan tentu saja kalian gak perlu khawatir karena beberapa warung siap menyambut kamu untuk mengisi kembali tenaga. Selai itu fasilitas lainnya seperti toilet dan mushala juga tersedia disini dan tentu mobil bisa sampai ke pantai ini loh. Jadi kalau misal mau ngeamp sekeluarga kamu bisa pakai mobil sampai pantai Siung ini.

2. Pantai Pok Tunggal

Buat kamu anak indie atau para pencinta dan pemburu senja wajib banget nih ngecamp di pantai Pok Tunggal ini. Pantai yang juga berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini memang memiliki pesona indah terutama di sunsetnya. Bahkan dijuluki dengan julukan "The Best Place Sunset".

Pantai Pok Tunggal - Foto @achmad16jufriyanto
Pantai Pok Tunggal - Foto @achmad16jufriyanto
Kamu bisa mendirikan duduk di tenda sambil menyeruput secangkir kopi sembil menikmati matahari yang perlahan kembali keperaduannya. Lalu kamu bisa langsung menuliskan kata-kata yang terlintas dalam pikiranmu menjadi sebuah puisi. Hingga semburat jingga tersebut memudar digantikan dengan sang hitam pekat yang menggendong rembulan dan bintang.

Walah kenapa jadi puitis banget nih kaya anak indie aja senja, kopi, dan puisi. Nah tinggal begadang aja tuh biar makin afdol jadi anak indienya terus abis dari situ langsung naik gunung biar sempurna rukun anak indie nya. Eh kok malahan bahas anak indie padahal kan ini lagi bahas tempat camp nya anak pantai. Ya pokoknya anak pantai yang setengah anak indie nih sangat cocok banget dan recomended ngecamp di pantai Pok Tunggal ini.

3, Pantai Jungwok

Berbeda denga pantai Siung yang memiliki akses yang mudah bahkan mobil bisa sampai ke pantainya. Pantai Jungwok memang memiliki akses yang cukup sulit loh. Namun kesulitan saat perjalanan ke pantai ini akan terbayar dengan pemandangan indah dimana kamu akan melihat karang-karang kokoh yang ditumbuhi tumbuhan hijau mengelilingi pantai ini.

Pantai Jungwok - Foto @trah_kuwus
Pantai Jungwok - Foto @trah_kuwus
Batu karang yang hijau tersebut sering disebut Watutopi (Batu Topi) oleh masyarakat sekitar dan menjadi lokasi memancing yang strategis loh. Tentunya kamu juga bisa ikutan mancing bareng warga lokal sambil ngecamp disini. Kan lumayan bisa bakar-bakaran ikan gratis hasil jerih payah mancing sendiri.

Selain itu pantai ini pun masih jarang dikunjungi orang sehingga menjadi lokasi yang ideal untuk camping disini. Dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata dan suasana yang masih asri karena masih jarang dikunjungi orang, camping di pantai Jungwok ini serasa camping di pantai pribadi loh.

4. Pantai Drini

Pantai yang satu ini memiliki ciri khas dengan ada nya pulau-pulau karang di sekitarnya yang ditumbuhi pohon-pohon hijau. Menjadi salah satu lokasi pantai yang sangat recomended untuk menjadi tempat ngecamp bagi anak pantai. 

Pantai Drini - Foto www.visitingjogja.com
Pantai Drini - Foto www.visitingjogja.com
Pantai yang memiliki pasir putih yang eksotis ini juga menjadi salah satu kawasan konservasi penyu loh. Jadi siapa tau saat kamu ngecamp disana kamu bisa bersilaturahmi dengan penyu yang sedang bertelur atau pas banget sama acara pelepasan tukik atau anak penyu. Kan asik kalau kaya gitu bisa sekalian kenalan sama dunia penyu siapa tau jatuh cinta dan jadi relawan pelestari penyu loh.

5. Pantai Seruni

Pantai yang satu ini berada diantara pantai Siung dan Pantai Pok Tunggal dan masih sepi pengunjung sehingga tentu saja masih asri dan bagus banget. Walaupun terlalu sepi untuk menjadi tempat camp tapi pantai ini menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk anak pantai mendirikan tenda.

Pantai Seruni - Foto www.telusurjogja.com
Pantai Seruni - Foto www.telusurjogja.com
Selain pemandangan yang indah dari karang-karang disekitar pantai ini. Kamu juga tak perlu khawatir kehabisan air tawar jika camping di pantai Seruni. Hal ini karena di pantai ini ada sebuah goa kecil yang didalamnya terdapat aliran air tawar yang bisa kamu gunakan untuk minum atau memasak selama camping.

6. Pantai Kosakora, Si pantai dua alam

Kalau pantai ini sih cocok banget buat kamu yang mau ngajak si dia yang memang anak gunung loh. Karena pantai ini menyuguhkan nuansa yang berbeda diantara pantai lainnya loh. Dan pastinya si dia yang anak gunung juga akan tetap bisa menikmatinya loh. Hal ini karena pantai ini menyuguhkan nuansa camping di dua alam yakni pegunungan dan pantai.

Puncak Kosakora, Pantai Kosakora - Foto www.pesonajogjatour.net
Puncak Kosakora, Pantai Kosakora - Foto www.pesonajogjatour.net
Bahkan sampai ada plang bertuliskan Puncak Kosakora yang sama seperti plang-palang khas yang biasa ditemui di puncak gunung. Jadi kamu bakalan bisa menikmati camping diatas ketinggian bukit di puncak Kosakora namun kamu juga bisa mendengarkan suara deburan ombak loh.

Dan pastinya walaupun kamu tak bisa bermain langsung dengan ikan-ikan dan pasir pantai. Tapi kamu tetap bisa menikmati keindahan lanskap pantainya dari ketinggian bersama si dia. Dan tentu saja kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang romantis di pantai Kosakora ini loh. Apalagi menikmatinnya bareng si dia. Kamu anak pantai si dia anak gunung pasti jadi pasangan yang cocok loh.

Itulah 6 pantai indah yang menjadi rekomendasi dari Jelajah Lagi untuk kamu anak pantai yang ingin ngecamp dan menikmati pagi, siang, sore, dan malam di pantai. Jadi hayo kamu para anak pantai mau ngajakin anak gunung ngecamp di pantai mana nih?

Salam Deburan Ombak!
Tetap jaga keselamatan selama camping di pantai ya anak pantai dari kami para anak gunung, eh.

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)