Info Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia 2024

info buka tutup pendakian gunung indonesia 2023 - jelajahlagi.id foto by instagram @aff_aif



UPDATE: 6 DESEMBER 2023

Jalur pendakian gunung tak selamanya dibuka karena ada beberapa situasi dan kondisi yang memaksa jalur pendakian tersebut ditutup. Seperti cuaca ekstrem, aktivitas vulkanik yang meningkat, tanah longsor, adanya pendaki yang meninggal, hingga wabah penyakit seperti penyebaran COVID 19 sekarang ini dan berbagai kondisi lainnya yang bisa membahayakan para pendaki.

Sehingga sebelum mendaki gunung kita harus mencari informasi tentang status jalur pendakian gunung yang akan kita daki tersebut. Apakah buka atau tutup kan gak lucu kalau udah jauh-jauh pergi ke basecamp pendakian melewati badai jalanan eh pas sampai basecamp nya tutup.

Berikut ini kita rangkum beberapa status pendakian gunung update terbaru untuk buka dan tutupnya jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia.

THE SEVEN SUMMITS OF INDONESIA

The 7 summit of Indonesia ini adalah 7 puncak tertinggi yang berada di Indonesia di masing-masing pulau besar diantaranya pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Maluku, dan Papua. Ketujuh puncak tertinggi tersebut berada di tujuh gunung yang ada di masing-masing pulau tersebut dan menyandang status atap dari pulau tempat gunung tersebut berada.

Berikut ini beberapa gunung yang masuk dalam The 7 Summit of Indonesia dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut  


Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua via udara (Helikopter) dari Nabire ke Yellow Valley BUKA. Namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal karena harus menyewa helikopter.


Sementara itu untuk jalur pendakian via Sugapa, via Illaga dan via PT Freeport di TUTUP untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Selain itu penutupan ini juga diperparah dengan kondisi kemanan di jalur pendakian menuju Cartenz yang masih zona merah imbas dari baku tembak KKB dengan TNI dan Polri di Intan Jaya, Papua.


Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat pada 19 Oktober 2022 melakukan penutupan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan untuk semua jalur pendakian Gunung Kerinci. Hal ini terkait dengan meningkatnya aktivitas vulkanik gunung api tertinggi di Indonesia tersebut.


Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru, Sembalun, Timbanuh, dan Aik TUTUP Sementara mulai 1 Januari - 31 Maret 2023. Penutupan ini dilakukan karena cuaca ekstrim yang terjadi di Gunung Rinjani dan sekitarnya.


Status Pendakian: TUTUP

Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Semeru) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini terkait dengan perpanjangan PPKM level 4 di seluruh wilayah Indonesia. Karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.
Ditambah lagi dengan erupsi yang dialami gunung Semeru pada Sabtu, 5 Desember 2022 membuat pembukaan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa ini belum bisa dipastikan dalam waktu dekat.


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Latimojong telah dibuka untuk umum pada 17 Maret 2021. Jalur pendakian yang dibuka yakni Jalur umum, Jalur Air Merah dan Jalur Pepandungan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan pendaki wajib membawa surat keterangn rapid test antigen.


Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Manusela yang Gunung Binaiya termasuk di dalamnya ditutup sejak 19 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).


Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Manusela yang Gunung Binaiya termasuk di dalamnya ditutup sejak 19 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).




GUNUNG JAWA BARAT


Jawa Barat memang terdapat beberapa gunung yang menjulang mulai dari Gunung Ciremai yang dijuluki Atap Jawa Barat hingga gunung yang memiliki ketinggian di bawah 2.000 mdpl yang banyak sekali terdapat di wilayah Bandung dan Priangan Timur (Garut, Tasik, Ciamis dan sekitarnya)
Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Barat dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut
 


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Artapela via Cirawa BUKA kembali untuk umum.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Burangrang via Legok Haji Bandung BUKA kembali untuk umum.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Cikuray via Tapak Gerot, via Pemancar, via Pamalayan, via Bayongbong, dan via Kiara Janggot BUKA


Status Pendakian: BUKA

Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan (via Palutungan, via Linggasana, dan via Linggarjati) BUKA untuk umum.


Dan Jalur pendakian Gunung Ciremai Majalangke via Apuy BUKA untuk umum. Ada kabar gembira dimana per tanggal 26 Agustus 2022, TNGC membuka jalur pedakian baru yakni jalur Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Trisakti Sadarene, Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka.


Status Pendakian: BUKA

Seluruh jalur pendakian dan wisata Gunung Galunggung BUKA


Status Pendakian: TUTUP/>
Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango via Cibodas, via Selabintana, dan via Gunung Putri TUTUP Smenetara dari tanagal 1 Januari - 1 April 2024


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis dan via Cikahuripan BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Manglayang Via Barubeureum,via Batu KudaBUKA


Status Pendakian: BUKA

Wisata alam dan pendakian Gunung Papandayan BUKA


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian gunung Patuha kawa puti dibuka untuk UMUM


Status Pendakian: TUTUP

Saat ini Gunung Salak masuk ditutup sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. karena adanya peningkatan aktivitas kawah gunung Salak.


Status Pendakian: BUKA

Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu BUKA mulai 8 September 2021




GUNUNG JAWA TENGAH


Jawa Tengah memang menjadi salah satu tujuan utama para pendaki gunung terutama wilayah Wonosobo dan sekitarnya. Hal ini karena wilayah tersebut sangat dekat dengan beberapa gunung yang terkenal dan salah satunya yakni Gunung Prau yang memiliki sunrise terbaik se asia tenggara.
Tak hanya itu Jawa Tengah pun memiliki gunung yang dijuluki triple S yakni Sindoro, Sumbing dan . Dimana ketiganya adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lalu ada juga pesona indahnya Gunung Merbabu yang membuat para pendaki selalu rindu untuk kembali mampir di padang sabananya yang luas dan menakjubkan.
Info buka tutup gunung indonesia - foto instagram candrahdrnt28Info buka tutup gunung indonesia - foto instagram candrahdrnt28

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut



Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Andong via Pendem dan via Sawit BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang dan via Silndak, dan via Pulasari BUKA untuk umum
Untuk jalur pendakian Gunung Bismo via Deroduwur, via Maron, dan via NgadamTUTUP sementara dan belum ada informsi pembukaan kembali


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem, via Lengkong BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Ceto, dan via Cemoro Kandang di BUKA

Sementara jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, dan via Singolangu TUTUP


Status Pendakian: TUTUP

Gunung Merapi masih tertutup untuk pendakian, dikarenakan aktivitas vulkanik aktif dan letusan-letusan yang beberapa kali terjadi (Status: Level III - SIAGA). Update terakhir terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada 4 November 2020 dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau SIAGA.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, via Wekas, via Thekelan dan Via Selo TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan imbas dari kebakaran yang terjadi pada bulan akhir Oktober 2023 lalu


Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng, via Patak Banteng, via Kalilembu, via Igrimanak, via Wates, dan via Dieng Kulon TUTUP Sementara mulai 3 Januari - 16 Februari 2023. Penutupan ini dilakukan karena cuaca ekstrim dan untuk menjaga ekosistem serta perbaikan jalur pendakian.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sibuthak via Sikatok BUKA setiap hari kecuali hari KAMIS. Karena ada kegiatan keagamaan setiap hari KAMIS, maka jalur pendakian gunung Sibuthak TUTUP setiap hari KAMIS.
Sementara itu untuk jalur pendakian Gunung Sibuthak via Tegalombo, Temanggung BUKA untuk didaki para pendaki gunung.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, via Sigedang, via Bansari, via Bedakah, dan via Banaran BUKA


Status Pendakian: TUTUP

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Cemara Sakti - Pemalang, via Guci (BC Permadi, BC Kompak, BC Gupala) - Tegal, via Kaliwadas - Brebes TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan karena efek meningkatnya aktivitas kawah gunung Slamet yang naik menjadi level II (Waspada)


Untuk Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan dan via Gunung Malang - Purbalingga di TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan karena efek meningkatnya aktivitas kawah gunung Slamet yang naik menjadi level II (Waspada)


Untuk Jalur Pendakin via Baturaden - Purwokerto (basecamp Radenpala) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan karena efek meningkatnya aktivitas kawah gunung Slamet yang naik menjadi level II (Waspada). Para pendaki harus mempersiapkan fisik dan logistik yang memadai karena jalur Baturaden ini merupakan salah satu jalur pendakian terpanjang Gunung Slamet.
Untuk jalur via Dipajaya - Pemalang dalam status TUTUP. Sementara untuk jalur pendakian via Juramangu dan via Penakir masih belum ada kabar tentang pembukaan kembali pendakiannya.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sibuthak via Sikatok BUKA setiap hari kecuali hari KAMIS. Karena ada kegiatan keagamaan setiap hari KAMIS, maka jalur pendakian gunung Sibuthak TUTUP setiap hari KAMIS.
Sementara itu untuk jalur pendakian GUnung Sibuthak via Tegalombo, Temanggung BUKA untuk didaki para pendaki gunung.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Batusari, via Gajah Mungkur, via Kaliangkrik Butuh (Nepal van Java) dan via Sipetung via Bowongso BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Telomoyo via Arsal via pendakian via Pagergedong, dan via Dalangan BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan, via Mawar dan via Medini BUKA untuk umum



GUNUNG JAWA TIMUR


Jawa Timur memang memiliki beberapa gunung yang begitu menakjubkan terutama di sebelah selatan wilayahnya. Ada gunung Semeru yang jadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dan masih the seven summits of Indonesia. Lalu ada gunung Raung dengan trek terekstrim di Indonesia dan juga ada gunung Bromo yang kecantikannya jadi daya tarik utama turis dalam negeri dan luar negeri.
Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Jawa Barat dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut


Status Pendakian: TUTUP

Gunung Anjasmoro ditutup selamanya untuk kegiatan pendakian karena masuk dalam kawasan cagar alam yang memang tidak diperuntukan untuk kegiatan pendakian.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Argopuro yang terkenal paling panjang di pulau jawa ini sekarang telah di BUKA untuk umum. Para pendaki diharapkan agar mempersiapkan fisik, logistik dan perlengkapa yang safety karena jalur pendakian yang panjang.


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang via Tretes dan via Tambaksari (Purwosari), via Lawang, via Sumber Brantas, via Cangar BUKA


Status Pendakian: BUKA

Wisata gunung Bromo BUKA untuk umum meski sebelumnya terjadi kebakaran sabana, namun sekarang sudah kembali menghijau dan menjadi Taman Nasional tercantik di dunia karena hamparan sabana hijaunya yang segar usai kebakaran.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Butak (Bhutak) Panderman via Kota Batu BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Kelud via Puncuk, via Tunggul Rejo, dan via Karangrejo BUKA


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng,via Jolotundo, via Kunjorowesi BUKA


Sementara jalur pendakian Gunung Penanggungan (via jalur Kedungudi, via Telogo, dan via Jolotundo) TUTUP Sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Pundak BUKA namun para pendaki tidak diizinkan untuk menginap (ngecamp) karena pihak pengelola hanya mengizinkan one day trip sehingga para pendaki hanya bisa melakukan pendakian tektok alias naik smpai puncak dan langsung turun tanpa menginap atau ngecamp.


Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Puthuk Gragal BUKA untuk umum


Status Pendakian: BUKA

Gunung Raung yang menjadi gunung dengan trek terekstrem di Indonesia ini BUKA via jalur Kalibaru dan via Jalur Sumber Waringin.


Status Pendakian: TUTUP

Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Karena erupsi yang dialami gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021 membuat pembukaan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa ini belum bisa dipastikan dalam waktu dekat.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Wilis via Candi Penampihan, via Taman Kelir, dan via Jurang Senggani BUKA
Jalur pendakian Gunung Wilis via Desa Bareng TUTUP sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Status Pendakian: BUKA

Seluruh wisata di wilayah TWA Kawah Ijen BUKA untuk umum dan wisatawan


Status Pendakian: TUTUP

Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Karena erupsi yang dialami gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021 membuat pembukaan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa ini belum bisa dipastikan dalam waktu dekat.


Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Wilis via Candi Penampihan, via Taman Kelir, dan via Jurang Senggani BUKA
Jalur pendakian Gunung Wilis via Desa Bareng TUTUP sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Status Pendakian: BUKA

Seluruh wisata di wilayah TWA Kawah Ijen BUKA untuk umum dan wisatawan


Status Pendakian: BUKA

Gunung Raung yang menjadi gunung dengan trek terekstrem di Indonesia ini BUKA via jalur Kalibaru dan via Jalur Sumber Waringin.





update info buka tutup gunung indonesia Terbaru - foto instagram indrasutantoo
update info buka tutup gunung indonesia Terbaru - foto instagram indrasutantoo


GUNUNG SUMATRA

Bukan hanya gunung-gunung yang terdapat di pulau Jawa saja yang menjadi favorit para pendaki Indonesia. Gunung-gunung yang berada di pulau Sumatra juga menjadi favorit para pendaki. Sebut saja ada gunung Leuseur di Aceh yang memiliki trek pendakian terpanjang di Indonesia bahkan di Asia Tenggara loh, Gunung Dempo, Pesagi, Sibayak, Talamau, Sibuatan, dan gunung lainya.

Trek pendakian gunung-gunung Sumatra ini memang masih alami dan sangat asri bahkan tak jarang para pendaki akan berpapasan dengan sang raja hutan, Harimau Sumatra yang dilindungi ketika melakukan pendakian atau camp. Jadi harus berhati-hati ya jika ingin mendaki di gunung-gunung Sumatra terutama yang memang menjadi habitat asli dari Harimau Sumatra.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di pulau Sumatra dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut

Status Pendakian: BUKA

Sejak 7 Januari 2022 PVMBG mengumumkan dan menetapkan kenaikan status Gunung Dempo dari Level 1 (Normal) menjadi Level 2 (Waspada) karena danya peningkatan aktivitas vulkanik. Pemerintah setempat pun tengah menyiapkan sekenario dan titik evakuasi untuk masyarakat di sekitar lereng Gunung Dempo jika sewaktu-waktu erupsi terjadi. Namun untuk jalur pendakian gunung Dempo belum ada informasi jelas apakah ditutup atau masih bisa dibuka mengingat keputusan dan informasi naiknya status gunung Dempo menjadi Waspada.
Status Pendakian: BUKA

Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat kembali mem BUKA untuk jalur pendakian Gunung Kerinci namun kini para pendaki harus mematuhi aturan baru dimana jika ingin mendaki gunung Kerinci wajib memakai jasa guide atau porter.
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Leuser yang merupakan jalur pendakian terpanjang se Asia Tenggara ini BUKA untuk umum. Para pendaki diwajibkan untuk benar-benar mempersiapkan fisik, mental, logistik dan pengetahuan survival dasar dengan baik. Hal ini karena waktu tempuh jalur pendakian Gunung Leuser ini membutuhkan sekitar 14 hingga 17 hari. Sehingga management logistik dan juga pengetahuan survival dasar wajib untuk dikuasai oleh para pendaki.
Status Pendakian: TUTUP

Jalur Pendakian Gunung Marapi TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan setelah terjadi erupsi pada 3 Desember 2023 yang menewaskan 23 pendaki.
Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Pesagi BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus covid 19.
Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Sibayak kembali BUKA mulai 27 November 2020. Keputusan ini diambil setelah pihak Tahura Bukit Barisan mengirimkan tim untuk melakukan penelitian dan memperoleh kesimpulan, bahwa tak ada lagi ditemukan konflik dengan harimau yang sebelumnya sempat viral di media sosial.
Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Sibuatan TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini karena pembukaan jalur pendakian gunung yang berada di dekat danau Toba ini diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan.
Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Talamau via Pinaga, Pasaman Barat dan juga jalur pendakian via Janjang Saribu, Lubuk Lndua BUKA untuk umum. Setelah sebelumnya sempat di TUTUP pada tanggal 1 Januari - 28 Februari 2021 dengan tujuan untuk pemulihan ekosistem di sekitar jalur pendakian.
Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung TALANG via Nagari Aie Batumbuak BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.


GUNUNG BALI & NUSA TENGGARA (NTT & NTB)

Bali dan gugusan kepulauan Nusa Tenggara juga memiliki beberapa gunung yang memang memiliki ciri khas yang unik dengan sabana-sabana luasnya terutama di bagian Nusa Tenggara seperti gunung Rinjani.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut



Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Abang di Bali TUTUP mengikuti penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dan perpanjangan PPKM level 4 seluruh Indonesia dalam rangka melawan penyebaran virus COVID 19.
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Agung, Bali BUKA karena turunnya status aktivitas gunung dari Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal) per tanggal 13 September 2021. Dengan penurunan status ini Gunung Agung bisa didaki dengan aman sampai ke puncak. Namun untuk pendakian ke gunung Agung ini wajib bersama guide yang ada di desa lokasi starting point jalur pendakian.
Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Batukaru di Bali TUTUP sementara mulai tanggal 25 September - 15 Oktober 2022 dikarenakan ada upacara/Piodalan Purnama Kapat yang akan berlangsung
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Batur di Bali BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru, Sembalun, Timbanuh, dan Aik kembali BUKA sejak 16 Maret 2022. Pembukaan ini memang lebih cepat dari rencana dimana gunung Rinjani tutup hingga 31 Maret 2022. Namun akhirnya dibuka lebih awal dalam rangka mendukung pelaksanaan even MotoGP Mndalika 18 - 20 Maret 2022. Pembukaan ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan juga wajib booking online melalui aplikasi eRinjani yang sudh tersedia di playstore.
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Tambora via Jalur Pendakian Pancasila, Jalur Pendakian Doro ncanga, Jalur Pendakian Piong, Jalur Pendakian Kawinda Toi Buka pada libur lebaran. Pembukaan ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran virus Covid 19. Tak hanya itu pihak Taman Nasional Tambora juga membatasi pendakian hanya 30% dari kuota pendakian normal.


GUNUNG KALIMANTAN

Pulau Kalimantan memang tak memiliki gunung berapi seperti halnya pulau besar lainnya di Indonesia. Namun di pulau paling luas di Indonesia ini memiliki bukit batuan yang menjulang tinggi dimana ada salah satu seven summit of Indonesia yakni Gunung Bukit Raya.

Meskipun tak ada kawah atau gunung berapi di pulau ini dan gunung-gunung disini memiliki ketinggian di bawah 3.000 MDPL. Namun jangan salah sangka dulu loh karena trek pendakian gunung di Kalimantan ini kebanyakan memiliki trek yang ekstrim loh. Jadi haru sangat hati-hati ya ditambah lagi jalur yang tak begitu jelas karena jarang didaki bisa membuat siapapun tersesat jika tak memiliki ilmu navigasi yang memadai untuk survival atau ditemani guide lokal disana.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut

Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung Bukit Raya di Kalimantan BUKA. Para pendaki wajib izin kepada kepala adat dan melakukan upacara adat jika ingin mendaki ke atap Kalimantan ini. Selain itu para pendaki juga harus menyiapkan fisik, manajemen logistik dan perlengkapan yang safety serta mental yang kuat karena terek dan medan pendakian gunung Bukit Raya ini begitu berat dan panjang.
Status Pendakian: TUTUP

Jalur pendakian Gunung Halau-Halau via Kampung Kiyu TUTUP sampai status darurat COVID 19 dicabut. Hingga saat ini belum ada informasi pembukaan kembali untuk pendakian gunung tertinggi di Kalimantan Selatan ini.
Status Pendakian: BUKA

Jalur pendakian Gunung HAUK via Desa Dayak Pitam/Iyam, dan via Desa Ajung BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.


GUNUNG SULAWESI, MALUKU, & PAPUA

Pulau Sulawesi memang memiliki beberapa gunung yang menjadi favorit para pendaki lokal. Namun kebanyakan gunung-gunung di pulau Sulawesi memiliki trek yang cukup ekstrim dan harus mempersiapkan fisik dan mental serta pengetahuan survival yang memadai.

Sementara untuk gunung-gunung di Maluku dan Papua memiliki ciri khas yang masih asri dan sangat jarang didaki. Oleh karena itu jika ingin mendaki gunung di Maluku dan Papua ini minimal harus punya pengetahuan navigator dan survival yang memadai dan harus ditemani guide lokal yang mengerti medan dan jalur pendakiannya.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang ada di Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua dengan status buka atau tutupnya jalur pendakian di gunung tersebut.

*Klik nama gunung untuk memunculkan info status pendakian di gunung tersebut



Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua via udara (Helikopter) dari Nabire ke Yellow Valley BUKA. Namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal karena harus menyewa helikopter.


Sementara itu untuk jalur pendakian via Sugapa, via Illaga dan via PT Freeport di TUTUP untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Selain itu penutupan ini juga diperparah dengan kondisi kemanan di jalur pendakian menuju Cartenz yang masih zona merah imbas dari baku tembak KKB dengan TNI dan Polri di Intan Jaya, Papua.

Status Pendakian: TUTUP

Taman Nasional Manusela yang Gunung Binaiya termasuk di dalamnya ditutup sejak 19 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).
Status Pendakian: BUKA

Pendakian Gunung Latimojong telah dibuka untuk umum pada 17 Maret 2021. Jalur pendakian yang dibuka yakni Jalur umum, Jalur Air Merah dan Jalur Pepandungan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan pendaki wajib membawa surat keterangn rapid test antigen.
Status Pendakian: BUKA

Jalur Pendakian Gunung Soputan BUKA dan para pendaki diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid 19.



Jika kamu punya info terbaru tentang buka/tutup nya jalur pendakian gunung yang lebih update bisa tulis di komentar ya sobat Jelajah Lagi. Biar infonya dapat membantu para pendaki gunung dan pecandu ketinggian yang akan menikmati indahnya alam Indonesia dari ketinggian.

Karena Indonesia itu indah dan jika ingin menikmatinya maka bangunlah dari kasurmu dan mulailah menjelajah. Tetaplah menjelajah dan terus temukan hal menakjubkan disetiap penjelajahanmu dan sampai ketemu di puncak-puncak tertinggi Indonesia. 

update maret buka tutup gunung indonesia - foto instagram @wizdan_inst
Update maret buka tutup gunung indonesia - foto instagram @wizdan_inst


info buka tutupjalur pendakian gunung indonesia UPDATE - foto instagram zeinnn23
info buka tutupjalur pendakian gunung indonesia UPDATE - foto instagram zeinnn23

Redaksi Jelajah Lagi

Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas.

73 Komentar

  1. Bulan juli tahun 2021 puncak buthak buka apa tutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. UPDATE!! terbaru 3 Juli pendakian gunung Buthak TUTUP terkait penerapan PPKM Darurat di Malang dana Kota Batu

      Hapus
  2. untuk tgl 24 juli g.bhutak buka gk iya minn....
    punya kontk bc panderman gk min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tanggal 24 Juli sepertinya masih tutup kak karen PPKM Darurat nya diperpanjang hingga tanggal 25 Juli ditambah lagi belum ada info resmi pembukaan kembali jalur pendakiannya.

      Untuk kontak BC nya bisa gabung di group telegram Panderman x Buthak linknya ada di profil IG @panderman_buthak

      Hapus
  3. Persyaratan untuk gunung Sindoro apa ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk persyaratan pendakian gunung Sindoro
      - Membawa surat ket sehat dari dokter / hasil rapid test negatif
      - Membawa perlengkapan pendakian sesuai SOP
      - Melakukan registrasi dan SIMAKSIS
      - Bawa turun sampah

      Hapus
  4. gunung butak via Panderman bukak apa tutup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang masih tutup kak karena PPKM nya diperpanjang jadi PPKM level 4
      Semoga gak ada perpanjangan PPKM lagi ya biar segera bisa buka untuk jalur pendakian gunung Buthaknya

      Hapus
  5. Min gunung Kerinci apakah buka dan syarat naik nya apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. per tanggal 3 Agustus 2021 gunung Kerinci BUKA kak

      Untuk persyaratannya
      - Membawa surat sehat/hasil negatif rapid test
      - Menerapkan protokol kesehatan ketat
      - Persyaratan pendakian seperti biasanya

      Hapus
  6. Maaf , tanya ? Gunung Prau apakah sudah buka ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai tanggap 7 Agustus 2021 Gunung Prau masih dalam status TUTUP untuk batas waktu yang belum ditentukan karena perpanjangan PPKM level 4 kak
      Semoga dalam waktu dekat ini PPKM tidak diperpanjang lagi dan jalur pendakian Gunung Prau bisa kembali dibuka untuk umum

      Nanti kalau ada info terbaru bakalan kita update di halaman ini kok
      Jadi jangan bosen-bosen kepoin jelajahlagi.id ya kak

      Hapus
  7. Mau nanyak kak si buatan kapan yahh bukak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari info yang kami dapatkan per tanggal 12 Agustus 2021 untuk pendakian gunung Sibuatan masih tutup kak karena untuk pembukaan jalur pendakiannya diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan

      Hapus
  8. Balasan
    1. Untuk GUNUNG PRAU sampai saat ini (Update tanggal 13 Agustus 2021)

      Status Pendakian: TUTUP SEMUA JALUR

      Seluruh jalur pendakian Gunung Prau (via Patak Banteng, via Kalilembu, via Igrimanak, via Dieng, via Wates, dan via Dieng Kulon) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Karena perpanjangan PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021.

      Hapus
  9. Balasan
    1. per tanggal 20 Agustus 2021 seluruh jalur pendakian Gunung Lawu TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan karena PPKM yang jilid-jilidan diperpanjangnya

      Hapus
  10. Untuk pendakian gunung lawu perlu kartu vaksinasi min? Sama daftarnya offline atau online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. per tanggal 22 Agustus 2021 gunung lawu untuk basecamp yang berada di Jawa Tengah sedang dilakukan uji coba pendakian khusus KTP Jateng. Untuk pendaftaran bisa langsung ke datang ke BC masing-masing (BC yang berada di wilayah jateng) dengan membawa identitas diri (KTP) dan juta surat keterangan sehat kak

      Hapus
  11. Balasan
    1. Di daftar diatas sudah ada kak tinggal klik nama gunungnya maka akan keluar info status pendakiannya

      Hapus
  12. Gunung Penanggungan via Jolotundo & Kunjorowesi open per tgl 28 agustus 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak terima kasih infonya kak segera kita update infonya

      Hapus
    2. Penanggungan skrng buka ga ya kak via jolotundo

      Hapus
    3. dari kabar terakhir 4 September 2021 Jalur pendakian gunung Penanggungan via Jolotundo buka kak

      Hapus
  13. Mau tanya mas, info butak tutup, tp ada yang menginformasikan buka, iki pie mas, mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak
      Untuk info buka tutup gunung Buthak sudah kita perbaharui ya kak

      Hapus
  14. Balasan
    1. Info terkahir yang kami dapat gunung Butak BUKA dimana sudah dilakukan uji coba pembukaan dilakukan pada 10 September 2021 lalu

      Hapus
    2. Buka ya min aku minggu besok kesana min

      Hapus
  15. burangrang persyaratannya apa aja ya min? perlu tes swab kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratannya seperti biasa kak
      Dan juga para pendaki harap mematuhi prokes kak

      untuk selengkapnya bisa langsung kontak BC nya angsung di WA 0881-8201-857

      Hapus
  16. Info taun 2022 yg bukak apa aja min , wilayah jawa timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya kak 2022 nya masih 1 bulan lagi loh soalnya mimin bukan peramal ya jadi gak tau gunung mana aja yang buka pas 2022 kalau sekarang soalnya kalendernya aja masih 2021 belom ganti jadi 2022

      Yang pasti sih di 2022 yang bakalan buka itu Puncak Pelaminan kak :)

      Hapus
  17. Min gunung pangrango nanti Desember akhir di tutup gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita masih belum dapat info penutupan untuk gunung Gede Pangrango di akhir tahun ini
      Nanti kalau ada info terbaru tentang gunung gede pangrango bakalan langsung kita update di artikel ini ya kak

      Hapus
  18. untuk Gunung Salak tutup sampai kapan?
    kira2 apakah akhir februari akan buka jalur pendakian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hingga saat ini (13/1/22) kita masih belum dapat kabar resmi untuk pembukaan kembali jalur pendakian gunung salak.
      Namun tak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan jalur pendakian gunung Salak akan dibuka mengingat menurunnya angka kasus COVID 19 di sekitar kaki gunung Salak
      Nanti jika ada info terbarunya kita akan langsung update statusnya di artikel ini

      Hapus
  19. Izin bertanyakan kak, kalau untuk kondisi merbabu saat ini pendakiannya dibuka gak yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. per tanggal 17 Januari 2022
      pendakian gunung merbabu buka kak via Thekelan, via Suwanting, dan via Wekas
      untuk jalur via selo dan cunthel masih tutup

      Hapus
  20. Bang mau tanya, argopuro buka ndak ? Rencana maret minggu pertama mau nanjak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari info terakhir yang kami terima untuk pendakian gunung Argopuro hingga saat ini (26/1/22) masih tutup kak

      Hapus
  21. Mohon bertanya min, apakah gunung dieng dibuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak
      Mungkin tepatnya dataran tinggi Dieng ya kak bukan gunung
      Untuk dataran tinggi Dieng update terakhir BUKA kak

      Hapus
  22. Ijin tanya kak, Mt. Agung bulan Maret 2022 buka ga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak untuk Gunung Agung pada bulan Maret 2022 kemungkinan masih buka jika tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik atau hal-hal lain (bencana alam dan kondisi cuaca ekstrim) yang membuat pendakian harus di tutup.

      Namun begitu untuk mendaki ke Gunung Agung kakak wajib untuk mendaki bersama guide setempat ya. Karena tidak diperkenankan untuk mendaki tanpa ditemani orang setempat. Hal ini berkaitan dengan izin mendaki ke Gunung Agung yang harus berdoa terlebih dahulu di Pura (tempat ibadah) yang ada di setiap pintu rimba pendakian Gunung di Bali terutama gunung Agung.

      Hapus
  23. Balasan
    1. Hi kak
      Untuk gunung Buthak/Butak via Panderman statusnya hingga saat ini BUKA kak
      Persiapkan diri, mental, logistik, dan perlengkapan yang safety saat mendaki ya kak apalagi sekarang masih musim hujan
      Jadi siapkan hati juga siapa tau nanti pas mendaki ketemu kenangan, eh Genangan maksudnya :)

      Hapus
  24. Apa saja syarat kalo ke panderman nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk syarat mendaki Gunung Buthak/Butak via Panderman yaitu
      1. Niat
      2. Sehat jasmani dan rohani
      3. Bawa perengkapan dan logistik sesuai dengan SOP pendakian
      4. Bawa KTP
      5. Jangan lupa untuk bayar simaksis ya dan lapor ke BC saat mau mendaki dan turun. Soalnya kalau gak lapor nanti berabe bisa dilaporin sama Tim SAR kan serem tu, he he he

      Hapus
  25. Izin bertanya kak untuk gunung slamet via baturaden apakah sudah dibuka untuk tanggal 2 februari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update terbaru 1 Februari 2022
      untuk jalur pendakian Gunung Slamet via Baturaden (BC Radenpala) statusnya BUKA untuk umum kak

      Jadi silahkan langsung meluncur ke Basecamp Radenpala Baturaden jika ingin mendaki Gunung Slamet via jalur pendakian terpanjang di Gunung Slamet ini.

      Hapus
    2. Bener banget tuh kak
      Jalur pendakian via Baturaden statusnya BUKA untuk umum
      Terima kasih sudah bantu jawab kak Jaenal Jalalludin

      Hapus
  26. Balasan
    1. Sampai tgl 9/2/22 untuk pendakian Gunung Arjuno masih TUTUP kak dan belum ada info atau bocoran untuk dibukanya kapan dari pengelola Tahura Raden Soerjo nya kak.

      Yang baru di buka di wilayah Tahura Raden Soerjo hanya ada Gunung Pundak itu pun dengan ketentuan hanya diizinkan untuk pendakian Tektok alias gak boleh ngecamp.

      Hal ini karena ada gelombang 3 COVID (Omricon) yang kasusnya makin naik di Indonesia. Semoga bisa segera pulih dan semua gunung di Indonesia bisa di buka untuk pendakiannya biar para pendaki bisa healing sampai sinting, eh.

      Hapus
  27. maaf kak mau tanya.
    phutuk gragal sama phutuk siwur buka ngk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak untuk pendakian Puthuk Gragal dan Puthuk Siwur dari info yang kita dapatkan statusnya BUKA ya kak

      Hapus
  28. Balasan
    1. Hai kak untuk status pendakian Gunung Semeru hingga Februari 2022 ini masih TUTUP ya kak

      Untuk info lengkapnya bisa diiht di artikel diatas ya dan klik Gunung Semeru untuk membuat info status pendakiannya

      Hapus
  29. Min info Argopuro per tanggal 24 Februari 2022 buka atau tutup min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info terakhir yang kita dapatkan sampai akhir Februari 2022 ini Masih TUTUP untuk pendakian ke Gunung Argopuro kak

      Hapus
  30. Halo min, jalur via selo ke merbabu udh buka kah?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hingga akhir Februari 2022 masih TUTUP kak untuk pendakian Gunung Merbabu via Selo
      Namun tak menutup kemungkinan dalam waktu dekat bakalan dibuka kembali

      Atau kakak bisa lewat jalur Thekelan, Wekas atau Suwanting yang sudah buka jika sudah ngebet pengen mendaki Gunung Merbabu

      Hapus
  31. Hallo kak mau nanya kalo gunung andong buka tidak ya kak? Dan wajib swab tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak untuk gunung Andong via Pendem BUKA ya kak
      Untuk swab sepertinya gak wajib kak asalkan sudah vaksin COVID

      Hapus
  32. Hallo kak,
    untuk tgl 4 - 7 May 2022 Prau buka tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak,
      Sejauh ini untuk pendakian Gunung PRAU buka selama bulan puasa dan untuk tanggal 4-7 Mei 2022 kita masih menunggu info terbaru dari pengelola basecamp gunung Prau.
      Tapi kemungkinan masih buka mengingat kawasan Dieng dan gunung Prau memang menjadi lokasi favorit libur Lebaran

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال