Mau Ke Nepal van Java? Baca Dulu Tips Penting Ini - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

tips penting pergi ke nepal van java - foto muchmarco

Nepal. Dusun Butuh di Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang memang memiliki sejuta pesona yang indah sama seperti perkampungan di pegunungan Himalaya Nepal. Sehingga tak heran jika dusun Butuh dijuluki dengan nama Nepal van Java atau Nepalnya Pulau Jawa. 

Baik perkampungan di Nepal maupun di Nepal van Java ternyata memang menjadi salah satu jalur yang dilewati untuk pendakian gunung loh. Kalau yang aslinya itu dilewati jalur pendakian menuju puncak gunung Everest, nah kalau Nepal van Java ini menjadi dilewati jalur pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Butuh, Kaliangkrik.


Pemandangan yang disajikan disini memang sangat indah dan begitu mempesona dan tentunya tak perlu terbang ke Nepal untuk menikmati pemandangan rumah-rumah berundak di bawah gunung. Dan jadi salah satu tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi terutama untuk para petualang dan pemburu selfie dengan latar pemandangan alam yang instagramable banget.


Jika berencana untuk mengunjungi Nepal van Java di Dusun Butuh ini maka alangkah baiknya kamu simak dulu beberapa tips dari Jelajah Lagi berikut ini.


1. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Prima

Dusun Butuh sendiri berada di ketinggian yakni lereng Gunung Sumbing, tentu untuk sampai kesana kamu akan menghadapi jalanan yang berkelok dan tentu saja tanjakan yang menantang.


Dengan kondisi jalanan yang menanjak tentu saja kamu membutuhkan kendaraan yang dalam keadaan prima baik itu mobil maupun motor biar lancar jaya melibas semua tanjakan yang menantang untuk sampai ke Dusun Butuh Nepal van Java ini.


Tapi jika kendaraanmu memang tidak dalam kondisi prima maka kamu bisa menggunakan jasa ojek yang akan mengantarmu sampai ke Dusun Butuh. Tenang ojek orang lokal disini tentu nya sudah paham akan jalur dan punya skill tingkat dewa untuk melibas semua tanjakan menuju Nepal van Java.


Satu hal lagi jika kamu menggunakan motor matic ke Dusun Butuh ini jangan lupa waspada rem blong saat pulang ya. Karena tentu saja saat pulang bukan tanjakan lagi yang menantang tapi turunan yang bisa membuat rem panas dan ujung-ujungnya rem menjadi blong terutama untuk motor matic.


Oleh karena itu istirahatlah sejenak di pinggir jalan ya jangan di tengah jalan tar malah ganggu yang lewat, hehehe. Kan bisa tuh pas istirahat mendinginkan rem yang panas sambil foto-foto dan menikmati  


2. Datang Saat Cuaca Cerah dan Pagi Hari

Nuansa keindahan Nepal van Java dengan latar Gunung Sumbing memang lebih bagus dinikmati saat pagi hari dan disaat cuaca cerah ya. Karena kan percuma kalau kamu sampai di Nepal van Java eh malah mendung berkabut sehingga kamu tak bisa menikmati pemandangan desa berundak yang indah.


Dusun butuh Nepal van Java berkabut - Foto @nurrihsaan
Dusun butuh Nepal van Java berkabut - Foto @nurrihsaan

Oleh karena itu selalu lah pantau cuaca di Dusun Butuh dengan aplikasi prakiraan cuaca untuk menghindari hal tersebut ya. Ditambah lagi kamu harus datang di pagi hari atau kalau bisa sih subuh sudah sampai di Dusun Butuh ini biar kamu bisa foto dengan puas dan mendapatkan foto yang bagus saat cahaya matahari mulai menyinari rumah-rumah warga.


Selain itu kalau sudah siang biasanya kabut akan mulai menutupi gunung Sumbing dan bahkan Dusun Butuh ini. Sehingga pemandangannya menjadi tak begitu indah karena terhalang tirai kabut yang menyelimuti.


Saran sih datang ke Nepal van Java ini disaat musim kemarau yakni antara bulan Mei hingga September untuk bisa menikmati pesona Nepal van Java yang sempurna. Biru nya langit, hijau dan gagahnya Gunung Sumbing dan perumahan warga dusun Butuh yang tertata rapi dan bersatu begitu indahnya.


3. Bawalah Kamera Drone

Nuansa Nepal van Java memang akan terlihat baik dan mirip jika kamu mengabadikannya dari udara loh baik dalam bentuk video atau foto. Namun tak perlu khawatir karena kamu tak perlu menyewa helikopter buat mendapatkan foto dan video pesona Nepal van Java dari udara.


Karena sekarang sudah ada yang namanya kamera Drone yang bisa kamu terbangkan dengan mudah dan mengabadikan pesona Nepal van Java dalam bentuk foto atau video. 


Tapi ingat untuk selalu hati-hati ya saat menerbangkan drone karena kadang angin berhembus kencang yang tentu saja bisa mengakibatkan drone kalian sedikit bergoyang hingga yang fatal yakni hilang kendali dan putus hubungan eh putus sinyal maksudnya lalu drone nya hilang dan jatuh entah dimana.


Makanya lebih baik memilih ke sana di pagi hari karena biasanya angin lebih bersahabat di pagi hari sehingga aman untuk menerbangkan drone. Ditambah lagi cahaya matahari pagi yang halus bisa mempercantik video atau foto Nepal van Java nya juga loh.


4. Bersikaplah Ramah Terhadap Penduduk Sekitar

Seperti diketahui Nepal van Java adalah tempat wisata yang berada di pemukiman penduduk Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang. Tentu saja kita kesana akan bertamu dan bertemu dengan para penduduk dusun Butuh. Jadi bersikaplah ramah dan sopan santun serta menghargai penduduk setempat.


Saat melintas di hadapan mereka baik menggunakan motor atau pun berjalan kaki jangan lupa untuk menyapa mereka yang sedang duduk atau berjalan di pinggir jalan. Sehingga kamu bisa lebih dekat dengan penduduk dusun Butuh siapa tahu ada yang mau ngambil kamu jadi mantunya, eh.


5. Patuhi Protokol Kesehatan dan Aturan Dari Pengelola

Ini yang tak kalah peting yakni mematuhi segala aturan dan juga protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola Nepal van Java. Kamu harus memakai masker, rajin mencuci tangan dan tentu jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 yang sedang merajalela sekarang ini.


Dan ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan siapapun apalagi kita akan pergi ke wilayah orang lain. Nanti bisa-bisa Dusun Butuh Nepal van Javanya nya di tutup lagi kalau ada yang tertular virus Covid 19. Kan jadinya malah merugikan semua pihak selain warga dusun Butuh tapi juga para penikmat pemandangan indah Nepal van Java yang gak bisa menikmati keindahannya karena ditutup akibat adanya yang tertular virus Covid 19.


Jadi bijaklah sebelum ke sana alangkah baiknya kamu periksa dulu ke puskesmas atau dokter dan pastikan bahwa kamu tak terinfeksi virus Covid 19.


Jadi tetaplah jaga keselamatan, sopan santun, keamanan dan kenyamanan saat kamu bertualang ya. Semoga petualanganmun di Nepal van Java menyenangkan dan pulang dengan selamat membawa pengalaman luar biasa dan hasil foto dan video yang epic saat di dusun Butuh Nepal van Java.


Salam Petualangan!


Leave A Reply