Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar, Masyarakat Dilarang Beraktivitas 4 Km dari Puncak - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page
gunung semeru muntah lava pijar 300 meter - foto pendakigengsi

Gunung Semeru mengeluarkan muntahan lava pijar setinggi 300 meter dari puncak kawah Mahameru. Kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu (28/11/2020) sekitar jam 05.30 WIB yang terlihat dari wilayah kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pun membenarkan kejadian tesebut.

"Iya, telah terjadi guguran lava pijar dengan jarak luncur sekitar 300 meter dari puncak. Meski demikian, luncuran lava pijar tersebut masih jauh dari pemukiman warga," ujar Wawan Hadi Siswoyo seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (28/11/2020).

Luncuran lava pijar tersebut mengarah ke wilayah Besuk Bang dan Besuk Kembar dan masih jauh dari pemukiman warga. Sementara itu meskipun terjadi luncuran lava pijar namun status Gunung Semeru masih dalam status Waspada atau pada level 2.

"Status Gunung Semeru masih waspada level 2," tegas Wawan.

Selama har Jum'at 27 November 2020 tercatat Gunung Semeru mengalami 2 kali letusan, 3 kali guguran dan 7 kali hembusan. Tak hanya itu menurut data dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru terjadi pula kegempaan vulkanik dalam 2 kali dan tektonik lokal satu kali serta tektonik jauh sebanyak 3 kali.

Pihak BPBD pun menghimbau masyarakat di wilayah lereng selatan dan tenggara untuk tidak melakukan aktivitas sejauh 4 km dari puncak kawah. Karena daerah ini memang menjadi jalur luncuran awan panas Gunung Semeru.

"BPBD menghimbau masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetep tenang dan waspada serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 KM di sektor lereng selatan - tenggara," pungkasnya.

Sementara masyarakat di sekitar lereng utara, timur dan barat Gunung Semeru, pihak BPBD hanya menghimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km dari puncak kawah Mahameru.
Leave A Reply