Gunung Rinjani Berstatus Waspada dan Berpotensi Kembali Meletus - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page
status gunung rinjani level waspada - foto instagaram hk_photograph

Gunung Rinjani
- Setelah terjadi beberapa kali kegempaan berfrekuensi rendah, tektonik lokal maupun tektonik jauh membuat status Gunung Rinjani menjadi Level II atau Waspada dan berpotensi untuk meletus. Pendaki dan Masyarakat dihimabau menyiapkan masker dan pelindung mata jika terjadi letusan abu vulkanik.

Seperti dilansir dari Koran NTB Rabu (4/11/2020) dalam pengamatan dari Pos Pengamatan Gunung Rinjani pada hari Selasa, 3 November 2020, disimpulkan bahwa aktivitas Gunung Rinjani belum sepenuhnya stabil. Bahkan letusan tiba-tiba bisa saja terjadi.

"Aktivitas vulkanik Gunung Rinjani masih belum dalam keadaan sepenuhnya stabil sehingga masih memiliki potensi untuk terjadi letusan secara tiba-tiba meskipun tidak dapat dipastikan kejadiannya," ujar kepala Pos Pengamatan Gunung Rinjani, Lalu Zulkarnain.

"Dengan kondisi aktivitas seperti saat ini maka jika terjadi letusan, potensi bahayanya diperkirakan utamanya berada di area tubuh Gunung Barujari yang berada di dalam kaldera Rinjani," tambahnya.

Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pendaki dihimbau agar tidak beraktivitas di dalam area tubuh Gunung Barujari termasuk di area lava baru dan seluruh area di dalam radius 1,5 km dari kawah Barujari.

Meskipun berstatus Waspada, tetapi para pendaki masih diperbolehkan untuk mendaki Gunung Rinjani dan tidak diperbolehkan berada di bagian tubuh Gunung Barujari yang berada di tengah kaldera Gunung Rinjani.

"Pendakian diperbolehkan kecuali di seluruh bagian tubuh Gunung Barujari, karena material lava letusan masih bertemperatur tinggi dan tidak stabil sehingga rawan untuk terjadi rockfall (longsoran batu)."

Karena memiliki potensi untuk meletus, para pendaki dan masyarakat disekitar Gunung Rinjani yang beraktivitas di luar radius 1,5 km dari Gunung Barujari diharapkan untuk selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan pelindung mata agar terhindar dari infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan iritasi mata jika sewaktu-waktu terjadi letusan abu vulkanik.

Selain itu Lalu Zulkarnain pun menghimbau agar masyarakat di sekitar lereng Gunung Rinjani agar tetap tenang dan waspada agar tidak terpancing isu-isu erupsi Gunung Rinjani yang tak jelas sumbernya.

"Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharap untuk tetap tenang namun tetap menjaga kewaspadaan, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Sumber Pos Pengamatan Gunung Rinjani - KoranNTB.com
Foto instagaram @hk_photograph
Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)