-->

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

outdoor-travel-equipment-planning-mountain-trekking-camping-trip-wooden-background-top-view-vintage-film-grain-filter-effect-styles_130181-8 Freepik

Dunia pendakian gunung kini semakin diminati oleh generasi muda. Mulai dari alasan eksistensi sampai ingin mencari jati diri. Bahkan ada yang berharap ketemu jodoh di gunung loh he he he. Tapi tak ada salahnya sih yang terpenting jangan merusak alam ya. Dan yang perlu diperhatikan adalah peralatan pendakian kamu juga harus yang safety ya karena mendaki gunung itu sangat tinggi resikonya. Jadi harus membawa peralatan yang sesuai standar operasional pendakian ya agar lebih safety.

Jangan karena ingin eksis di puncak tertinggi, kalian naik gunung hanya bermodalkan hp pakai koloran  pake kaos oblong lalu bawa mie cup plus air hangat ditambah jaket tipis dan pakenya sendal swallow. Gila aja boy itu mau naik gunung apa mau nongkrong sambil mabar?

Jadi jangan ditiru ya karena kita mendaki gunung itu taruhannya nyawa dan tujuan akhir dari pendakian gunung itu buka puncak tapi pulang sampai ke rumah dengan selamat. Jadi harus dan wajib banget ya bawa perlengkapan yang safety dan sesuai standar pendakian.

Nah jika kamu pendaki pemula mungkin masih bingung alat-alat apa saja yang wajib kalian bawa ketika mendaki. Dan tentunya yang sesuai standar pendakian untuk menunjang untuk mempermudah selama pendakian berlangsung.

Berikut ini peralatan yang wajib dibawa pendaki pemula selama pendakian yang Jeljah Lagi rangkum khusus untuk kamu.


1. Sepatu Hiking


Peralatan yang pertama yang wajib kamu bawa adalah sepatu hiking. Ingat ya sepatu hiking bukan sepatu balet atau sepatu kets. Hal ini karena medan di gunung gak sama dengan medan di mall ya sehingga harus menggunakan seatu hiking.

Sepatu Hiking Foto oleh Noel Ross dari Pexels

Sepatu hiking sendiri memang dirancang untuk digunakan di medan berat seperti jalan berbatu, susur sungai, medan terjal, medan berlumpur dan jalanan untuk menuju ke hatinya eh. Dan memang dirancang untuk digunakan dalam kegiatan di alam bebas. Selain itu sepatu jenis ini juga memiliki fungsi untuk meminimalisir cidera pergelangan kaki saat tergelincir di medan berat.

Jadi itulah mengapa kita harus menggunakan sepatu hiking saat mendaki gunung. Tak jarang ada pendaki yang bilang yah trek gunungnya juga gampang dan pendek gunungnya gak usahlah pakau sepatu hiking pakai sendal gunung juga cukup. Nah ini nih salah satu penyakit pendaki terlalu menggampangkan. Ingat ya jangan pernah menggampangkan walaupun itu gunung yang hanya dibawah 2000mdpl. Karena pada dasarnya resiko nya sama besar seperti gunung-gunung lainnya. Jadi harus safety ya.

Dan tips dari Jelajah Lagi pilihlah sepatu hiking yang pas di kaki kamu hal ini untuk menghindari lecet. Memiliki alas yang empuk dan grip tebal sangat disarankan dan jika da yang memiliki fitur waterprof ngsung aja sikat gan yang penting kantong gak jebol ya.


2. Tas Gunung / Keril


Tas gunung atau yang lebih enak disebut keril ini memang menjadi salah satu yang wajib di bawa ya. Karena ia akan menjadi tempat untuk membawa peralatan mendaki kamu selama pendakian.

Pendaki dan Keril Foto oleh Pawan Yadav dari Pexels

Keril sendiri memang berbeda dengan tas backpak atau tas biasa yang sering dipakai untuk sekolah atau main. Karena kesil sendiri didesains dengan fitur-fitur yang mampu membantu para pendaki membawa beban yang berat tapi tak terlalu berat dan nyaman.

Jelajah Lagi menyarankan untuk memilih keril yang pas dengan tinggi bagan kalian ya dan memiliki fitur bagian belakang keril berbentuk jaring ya. Bukan tanpa alasan hal terebut agar punggung kalian aman saat membawa beban berat karena fitur jaring ini akan menyesuaikan bentuk punggung dan meminimalisir efek pegal di bagian punggung.


3. Sleeping Bag


Selain sepatu hiking dan tas keril kamu juga wajib bawa sleeping bag atau kantong tidur. Ya namanya kantong tidur berarti digunakan saat tidur ya dan memang sudah di desains sedemikian rupa agar kamu bisa tidur di alam terbuka tetap hangat.

mummy-slaapzak-outdoor

Sleeping bag atau yang sering disebut SB ini memang wajib di bawa untuk menghindari serangan hipotermia. Yakni penyakit kedinginan di ketinggian yang sangat berbahaya dan menjadi salah satu yang wajib dihindari oleh pendaki. Karena tak sedikit para pendaki yang kehilangan nyawanya karena penyakit pendakian berbahaya ini.

Tentunya membawa sleeping bag menjadi penting sekali dan gak boleh ketinggalan karena fungsinya untuk menghangatkan badan terutama saat tidur. Dan saran dari Jelajah Lagi pilihlah sleeping bag yang memiliki bahan polar dan dacron yang mampu memberikan kehangatan. Jangan lupa pilih yang memiliki penutup kepala atau hoodie ya dan pastikan sleeping bagnya sesuai dengan tinggi badanmu agar seluruh badan tertutupi secara sempurna.


4. Jaket Gunung


Seperti sleeping bag, jaket gunung juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan perannya sangat penting dalam pendakian. Karena jaket gunung akan digunakan selama pendakian jika cuaca mulai dingin terutama di malam hari. Bahkan saat tidur pun si jaket ini akan ikutan masuk ke dalam sleeping bag biar tambah hangat he he he.

Jaket Gunung pexels-ibadah-mimpi

Selain sebagai penghangat tubuh jaket gunung juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari sengatan sinar matahari. Namun ingat ya jaket gunung ini digunakan pada saat suhu mulai mendingin atau kabut yang mulai datang dan malam hari. Karena jika siang hari dan kondisi cuaca serta suhu normal mending di lepas aja deh karena bisa membuat kamu tak nyaman karena kepanasan seperti liat si dia dengan dia eh.

Untuk jenis jaket gunung sendiri beragam dengan beberapa fungsi tambahannya. Saran Jelajah Lagi sih pilih jaket gunung yang pas di badan dan memiliki fitur windproof serta waterproof dan memiliki hoodie atau tudung. Karena dengan fitur windproof maka angin gunung yang dinginnya menusuk sampai ke tulang bisa di minimalisir dan waterproof dan hoodie biar pas gerimis manja gak ingat mantan eh maksudnya gak kebasahan walaupun gak pake jas hujan.


5. Peralatan Medis


Ini dia peralatan pendakian yang harus dan wajib banget di bawa ya yaitu peralatan medis. Terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit wajib banget bawa obat-obatannya ya untuk menghindari resiko kambuh saat pendakian.

Peralatan Medis my-best.id

Selain itu perubahan cuaca secara tiba-tiba saat mendaki tentu sangat mempengaruhi keadaan tubuh. Oleh karena itu peralatan medis ini sangat penting apalagi jika fisik terlalu kelelahan maka segeralah istirahat dan minum vitamin c agar tak terjadi hipotermia.

Selain itu peralatan medis juga sangat berguna jika kamu atau team pendakianmu ada yang terluka akibat terjatuh saat pendakian. Keseleo, kram atau terkilir dan lainnya. Jadi bisa langsung dilakukan pertolongan pertama.


6. Celana Quick Dry dan Pakaian Ganti Kering


Ini juga gak kalah penting nih peratan pendakian yang wajib di bawa yakni pakaian. Dan disarankan memiliki pakaian yang memiliki fitur quick dry atau cepat kering. Yang bisa dipakai saat dalam perjalanan atau treking. Lalu satu lagi pakaian hangat atau bahan katun biasa untuk digunakan saat tidur.

Celana quick dry bp-guide.id

Minimal kita membawa 3 stel pakaian dimana 1 stel celana dan kaos quick dry untuk treking, 1 stel pakaian biasa untuk tidur dan 1 stel untuk cadangan terutama jika hujan melanda.

Untuk celana treking diusahakan memilih celana yang memiliki fitur kantong banyak dan quick dry. Karena kantong banyak ini sangat membantu saat di gunung untuk tempat botol air kecil, cemilan dan peralatan kecil lainnya seperti obat-obatan.


7. Tenda


Tentu peralatan pendakian ini jangan sampai lupa ya karena berfungsi sebagai tempat berlindung kita selama di gunung baik dari dinginnya suhu malam hari maupun hujan dan terik matahari serta beberapa hewan gunung. Untuk tenda sendiri biasanya disesuaikan dengan jumlah team pendakian dan bisanya menjadi peralatan kelompok.

Tenda-pexels-snapwire-699558

Tenda sendiri memang banyak jenisnya namun kebanyakan yang digunakan di gunung adalah tenda dome. Tenda pramuka tidak disarankan karena bawanya susah terutama tiang-tiangnya yang dari bambu itu loh belum patoknya yang dari kayu he he he.

8. Peralatan Masak dan Logistik


Tentunya selama pedakian kita membutuhkan asupan gizi untuk menunjang aktifitas hiking yang memang makan banyak energi. Jadi jangan lupa buat isi ulang ya dengan makanan yang bergizi jangan mie lagi mie terus mie selamanya. Kalau kaya gitu ketahuan anak kosan banget ya dan jangan-jangan ke gunung juga mau pindah kos lagi he he he.

Peralatan Masak naturhike

Peralatan masak sendiri sekarang sudah ringkas terutama untuk pendaki karena kita tinggal bawa kompor portabel sama gasnya dan juga nesting satu paket udah cukup. Biasanya nesting satu paket terdiri dari satu wadah besar dengan tutup untuk masak nasi dan satu wadah yang ukuran pinggirnya gak terlalu tinggi untuk goreng-goreng lauknya misal bikin telur dadar made with love without him, eh jangan diterjemahin deh tar laper.

Selain duet kompor dan nesting jangan lupa untuk bawa pisa lipat untuk motongin tempe dan lauk lainnya. Jangan buat motongin tali silaturahmi atau hubungan kamu sama si dia, ups. Gara-gara bahas makanan gini deh jadi laper eh si baper ikutan juga maafin ya.

Lalu jangan lupa bawa peralatan masak sendiri ya seperti piring, sendok, garpu, gelas sendiri ya. Untuk logistiknya biasanya sesuai kesepakatan kelompok atau chef gunung di team ya. Dia mau masakin apa nanti pas di gunung. Tapi ang pasti jangan lupa bawa beras ya soalnya kalau gak makan nasi bukan makan kalau bagi orang Indonesia mah ya kan.


9. Headlamp atau Senter


Ini nih peralatan pendakian yang urgensi banget untuk di bawa yakni headlamp atau senter. Soalnya PLN belum sampe ke gunung ya. Jadi kalau malam malam kebelet bisa pake headlamp atau senter buat nyari spot aman buat mengeluarkan yang tertahan.

Headlamp-Bukalapak

Selain itu headlamp juga berguna banget saat summit attack yang biasanya dimulai sejak dini hari supaya pas sampai puncak bisa lihat sunrise yang indah beserta lautan awan.

10. Tracking Pole


Ini perlengkapan pendukung dan gak wajib banget sih, tapi untuk perndaki pemula sangat disarankan bawa ini biar membantu selama pendakian terutama di jalur terjal. Bentuknya yang seperti tongkat ternyata mampu membagi beban tubuh hampir 30% saat di jalur terjal.

2018_02_ThinkstockPhotos-597265824

Sehingga lutu tidak begitu pegal dan kram karena dibantu dengan tracking pole ini. Atau kalau tidak punya bisa bawa tongkat kecil ya asal jangan tongkat kakek dibawa aja kasian kakenya gak bisa jalan-jalan.

Selain dipakai disaat tracking alat mirip tongkat ini juga bisa dipakai sebagai penyangga flysheet saat ngecamp. Atau bisa dibut pagar nih biar si bagas gak mengendus-ngendus tenda kamu.

Nah itulah beberapa peralatan pendakian yang wajib dibawa saat hendak mendaki gunung yang wajib dibawa sat kamu mendaki. Biar pendakian kamu lebih safety dan sampai ke puncak dengan aman hingga selamat sampai di rumah kembali.

Jika kamu tahu peralatan lainnya yang wajib di bawa saat pendakian selain 10 daftar diatas bisa langsung menambahkan di komentar ya. Salam lestari dan jangan berhenti menjelajah.

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi] [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas] (facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid) (instagram=https://www.instagram.com/jelajahlagi) (youtube=https://youtube.com/playlist?list=PLZkK5GMEBP5RLpovlxFZeN4Nz_l8x_2D5)