6 Gunung Indonesia Yang Mengawali Tahun 2021 Tanpa Pendaki - JELAJAH LAGI - Gunung dan Traveling Indonesia



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

6 Gunung Yang Mengawali 2021 tanpa pendaki (TUTUP) - foto Instagram rizkaamelia_28
Pergantian tahun memang identik dengan liburan baik itu bersama keluarga atau bersama teman. Dan bagi anak gunung maka pergantian tahun ini akan menjadi salah satu liburan yang mengasyikkan untuk mendaki gunung. 

Ketimbang menyalakan kembang api di depan rumah, anak gunung pasti bakalan memilih untuk melihat kembang api tahun baru ari ketinggian yang memang bakalan lebih terlihat menakjubkan. Oleh karena itu banyak sekali para pendaki atau anak gunung melakukan pendakian dan memilih gunung menjadi moment terakhir dan awal dari tahun baru sebelum kembali ke kehidupan nyata.


Nah bagi kamu anak gunung yang mau muncak di awal tahun nanti simak nih beberapa gunung yang mengawali tahun 2021 dengan menutup jalur pendakiannya baik karena cuaca ekstrem, untuk mencegah penyebaran virus COVID 19 hingga karena erupsi.


1. Gunung Rinjani

Salah satu gunung yang masuk dalam 7 Summit of Indonesia ini memang memiliki pesona yang indah apalagi danau segara anak yang berada di kawahnya. Namun kamu bakalan sedikit kecewa nih karena tak bisa menikmati pergantian tahun dari 2020 ke 2021 di gunung Rinjani ini.


Puncak Gunung Rinjani - foto instagram prada_kusuma
Puncak Gunung Rinjani - foto instagram prada_kusuma

Pasalnya Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup pendakian Gunung Rinjani mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Maret 2021. Penutupan ini dilakukan karena potensi cuaca buruk yang terjadi seperti angin kencang, hujan lebat, dan banjir di Pulau Lombok.

Adapun jalur pendakian Gunung Rinjani yang ditutup yakni, Jalur Senaru (Lombok Utara), Jalur Sembalun dan Timbanuh (Lombok Timur) dan Jalur Aikberik (Lombok Tengah).


Sementara itu pihak TNGR pun memberikan keterangan jika kamu masih bisa menikmati pergantian tahun di Gunung Rinjani nih. Dimana bagi para pendaki yang melakukan pendakian pada tanggal 31 Desember 2020 akan diwajibkan untuk segera cek out dengan maksimal sampai tanggal 2 Januari 2021 untuk menghindari kejadian tak terduga seperti terjebak hujan lebat dan badai angin kencang.


Tapi meskipun begitu harus tetap mempersiapkan fisik dan mental serta perlengkapan pendakian yang sesuai standar dan safety. Selain itu selalu kepoin prakiraan cuaca dan jangan melanjutkan pendakian jika cuaca buruk.


2. Gunung Gede Pangrango

Gunung yang memiliki alun-alun Surya Kencana yang luasnya bisa menampung jutaan tenda bahkan bisa buat main bola berpuluh-puluh lapangan ini juga harus tutup di pergantian tahun ini.


Puncak Gunung Gede - foto wiradhika27
Puncak Gunung Gede - foto instagram wiradhika27

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melakukan penutupan seluruh jalur pendakian Gunung Gede Pangrango tertanggal 28 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021.

Sama seperti Gunung Rinjani, penutupan Gunung Gede Pangrango ini pun untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Panggrango. Selain itu penutupan ini pun dilakukan sebagai upaya untuk pemulihan ekosistem sepanjang jalur pendakian.


Meskipun hanya ditutup hingga 31 Januari 2021, menurut Poppy Oktadiyani Petugas Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNGGP ada kemungkinan penutupan bisa diperpanjang jika kondisi cuaca masih belum memungkinkan untuk pendakian yang aman.


3. Gunung Prau

Gunung dengan sunrise terbaik di Indonesia ini juga ikutan tutup nih dalam mengawali tahun baru 2021. Namun tenang saja kamu masih bisa menikmati momen pergantian tahun di Gunung Prau ini kok karena penutupannya dilakukan mulai tanggal 3 Januari hingga 3 Maret 2021.


Gunung Prau - foto _irvanngrhaa03
Gunung Prau - foto instagram _irvanngrhaa03

Penutupan ini diambil melalui keputusan bersama antara Forum Komunikasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) dan juga Perhutani. Selain karena untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di Gunung Prau, penutupan ini pun juga untuk melakukan pemulihan ekosistem, reboisasi dan perawatan jalur pendakian.

Selain itu selama penutupan ini juga FKPI akan melakukan training kepada para ranger Gunung Prau untuk meningkatkan kapasitas, pengalaman dan keterampilan terutama dalam vertical rescue.


Jadi jika ada yang ingin menikmati pergantian tahun di Prau masih bisa nih untuk mendaki di tanggal 31 Desember 2020. Tapi harus ingat tetap mempersiapkan pendakian baik dari fisik, mental, perlengkapan, logistik dan pengetahuan tentang kondisi cuaca. Karena ada kemungkinan cuaca di Prau bakalan mendung berkabut hingga hujan berpetir.


4. Gunung Kerinci

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera ini juga bakalan ikutan tutup pada awal tahun 2021 nih. Dan sesuai dengan surat edaran dari Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat penutupan pendakian dan wisata alam di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ditutup pada 24 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021.


Puncak Gunung Kerinci - foto instagaram memodindanugraha
Puncak Gunung Kerinci - foto instagaram memodindanugraha

Ternyata penutupan ini tak hanya untuk pendakian gunung Kerinci saja nih tapi untuk semua objek wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat seperti Danau Gunung Tujuh, Bukit Tapan, Rawa Bento, dan Danau Kaco.

Jadi fix kamu gak bakalan bisa menikmati momen perpindahan tahun kali ini di Gunung Kerinci  maupun di kawasan wisata alam yang ada di sekitar Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat.


5. Gunung Talang

Gunung yang berada di wilayah Kabupaten Solok,Sumatra Barat ini juga ikutan menutup pendakiannya pada pergantian tahun baru. Pemerintah Kabupaten Solok menutup pendakian Gunung Talang mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.


Gunung Talang - foto instagram jafar_09_10
Gunung Talang - foto instagram jafar_09_10

Penutupan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19 di saat libur panjang Natal dan Tahun Baru di wilayah Solok.

Pemerintah Kabupaten Solok pun akan menugaskan Satpol PP dan masyarakat sekitar yang akan berjaga di pintu masuk Gunung Talang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi para pengunjung yang nekat untuk mendaki Gunung Talang.


6. Gunung Semeru

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Gunung Tertinggi di Pulau Jawa ini mengalami erupsi beberapa bulan terakhir. Dan tentu saja pada awal tahun baru 2021, Semeru masih tetap tutup untuk pendakian.


Jalur Pasir Gunung Semeru - foto instagram fajarpongki
Jalur Pasir Gunung Semeru - foto instagram fajarpongki

Hal ini sesuai dengan keputusan penutupan Gunung Semeru untuk pendakian mulai tanggal 30 November 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik yang akhirnya pada beberapa minggu lalu terjadi Erupsi Gunung Semeru.

Dan tentu saja kamu gak bakalan bisa menikmati momen pergantian tahun baru di Gunung Semeru atau di Ranukumbolo yang eksotis banget.


Nah itulah 6 gunung di Indonesia yang bakalan mengawali tahun 2021 dengan tutup dan tanpa adanya pendaki. Jadi bagi kamu yang berencana untuk mendaki ke gunung yang ada di daftar diatas harap bersabar ya.


Karena mendaki itu bukan hanya tentang puncak gunung saja tapi bagaimana kita dan gunung tersebut sama-sama aman. Kita aman selamat sampai kembali ke rumah dan gunung yang kita daki juga aman dan melakukan recovery atau pemulihan ekosistem dengan tak adanya kita disana.

Leave A Reply