3 Gunung Dengan Sunrise Terbaik yang Ramah Untuk Pemula - JELAJAH LAGI - Let's Start Exploring

Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Yes

Home Layout Display

Posts Title Display

Yes

READ ON YOUR LANGUAGE

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Gunung Bromo Tengger Semeru

Indonesia memang mempunyai gunung yang sangat banyak karena secara geografis negara kita tercinta ini dilewati oleh Cincin Api Pasifik atau bahasa keren nya Ring of Fire Pasific. Sehingga banyak sekali gunung berapi di Indonesia. Dan tentunya pemandangan sunrise luar biasa selalu menjadi sebuah magnet rindu untuk kembali mendaki gunung lagi dan lagi.

Kamu tak harus mendaki gunung yang memiliki ketinggian diatas 3000mdpl untuk mendapatkan sunrise terbaik dan pemandangan indah. Karena di 3 gunung ini kamu bisa mendapatkan pemandangan indah dan sunrise yang luar biasa loh. Dan kelebihan lainnya yakni ketiga gunung ini sangat ramah dengan pemula loh.

Nah berikut ini 3 gunung dengan pemandangan luar biasa dan ramah unutk pemula versi Jelajah Lagi.


3. Gunung Papandayan (2665mdpl)


Diposisi ketiga ada Gunung Papandayan yang berada di Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 meter dari permukaan laut (mdpl) ini sangat cocok untuk pemula atau menjadi gunung perdana yang kalian daki.

Sunrise Ghober Hut Papandayan

Gunung ini memiliki sejuta pesona keindahan dimana terdapat padang Edelweis terluas se Asia Tenggara yakni di Pos Spot Camp Pondok Salada dan juga Hutan Mati yang Aesthic banget untuk foto. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan sunrise terbaik di Garut dengan latar gunung Cikurai di spot Sunrise Ghober Hut.

Untuk estimasi waktu tempuh pendakiannya sendiri sekitar 4-6 jam dengan berjalan santai. Treking sendiri dimulai dari Pos 1 (Camp David) yang sekaligus menjadi tempat parkir dan pemeriksaan tiket pendakian. 

Dan Gunung Papandayan ini juga sangat cocok bagi pemula selain karena waktu tempuh trekingnya yang relatif singkat. Fasilitas di Papandayan juga sangat lengkap, bahkan ada toilet hingga warung 24jam di spot camp Pondok Salada yang jadi pos favorit pendaki untuk ngecamp. Tentu fasilitas toilet ini sangat membantu terutama bagi pendaki pemula yang biasanya tak terbiasa buang air di alam terbuka.

Tapi meskipun papandayan tak terlalu tinggi namun kamu perlu mempersiapkan diri karena suhu di gunung ini terkenal dingin. Membawa sleeping bag dan jaket hangat menjadi kewajiban ya selain peralatan standar pendakian gunung lainnya.


2. Gunung Prau (2565mdpl)


Kalau bicara tentang gunung Prau maka yang terbayang adalah sunrise indah yang memanjakan mata. Ya bagaimana tidak gunung Prau yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan gunung yang memiliki sunrise terindah di Indonesia loh.


Pendaki di puncak Gunung Prau

Bagaimana tidak, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Kembang selalu jadi spot background foto sunrise terbaik dari Sunrise Camp di gunung Prau loh. Bahkan tak sedikit yang sengaja mendaki Gunung Prau hanya untuk foto preweding atau foto pamer buku nikah atau foto nembak gebetan. Tapi tak sedikit pula jomblo yang hatinya tersayat-sayat melihat pendaki model kaya gitu yang umbar keuwuan di saat matahari mulai menyinari dunia.

Jadi siapin mental ya kalian yang masih berdua sama keril saja dan tangan menggenggam treking pole itu pun kalau dipinjemin temen. Tapi tenang ada kabar gembiranya loh karena gunung Prau ini hanya memiliki ketinggian 2565mdpl saja dan sangat cocok untuk pemula. 

Disamping itu jarak tempuh perjalanannya hanya sekitar 2-4 jam saja tergantung kemampuan dengan banyak sekali pilihan jalur pendakian tidak seperti di Gunung Papandayan yang hanya memiliki satu jalur pendakian saja. Di Prau terdapat 6 jalur pendakian dan yang paling favorit adalah jalur Patak Banteng.

Tapi bagi kalian yang suka mengabadikan view indah dengan kamera saya saranin coba jalur pendakian via Wates. Dan ingat ya jangan naik ojek dari basecamp ke pos 1 nya ya karena justru di jalur itulah kamu bakalan mendaki ditemani sama Gunung Sindoro yang gagah di belakang kamu loh. Selain itu pemandangan kebun-kebun warga mampu membuat tangan gak mau berhenti menekan tmbol shutter kamera. Tapi harus diingat ya tetap safety selama memotret di jalur ini karena ojek selalu mondar mandir di jalur cor beton yang lebarnya hanya 2 meteran ini.


1. Gunung Bromo (2329mdpl)


Gunung Bromo yang terletak di empat kabupaten yakni Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur ini memang menjadi salah satu Gunung di Indonesia yang sudah tersohor ke lur negeri. Bahkan kamu tak akan susah buat menemukan bule-bule berkeliaran di sini untuk berburu Golden Sunrise di Bromo. 

kecantikan Gunung Bromo Tengger Semeru

Memang Gunung Bromo ini bukan gunung yang biasa buat ngecamp bawa tenda seperti gunung Prau dan Papandayan. Tapi Bromo ini lebih ke objek wisata dengan fasilitas yang lengkap loh. Bahkan kalau ke Bromo kalian wajib menyewa jeep yang disewakan oleh warga sekitar lereng Bromo dan tidak boleh membawa kendaraan pribadi ke kawasan gunung Bromo kecuali jeep yang disewakan oleh warga sudah habis tersewa. Namu dengan catatan supirnya harus warga lokal.

Bukan tanpa alasan hal ini karena jalur ke gunung Bromo ini sangat terjal dan memiliki tingkat kesulitan yang tingga apalagi bagi supir dari daerah luar Bromo. Jadi untuk kenyamanan dan keselamatan maka aturan tersebut dibuat oleh tetua adat suku Tengger yang mendiami lereng Gunung Bromo.

Jadi kalau ke Bromo kamu gak usah bawa tenda sleeping bag dan peralatan camp lainnya cukup jaket hangat yang tebal, kupluk dan bawa barang secukupnya dan tinggal duduk manis di mobil jeep yang sudah di sewa. Biasanya mulai start dari desa terakhir atau pangkalan jeep yakni pada dini hari sekitar jam 12 atau jam 1 an biar sampai atas gak ketinggalan sunrisenya..

Maka kalian akan dibawa langsung ke Sunrise Point hingga matahari mulai muncul dan meninggi. Lalu lanjut dibawa oleh jeep menyusuri lautan pasir hingga ke hamparan sabana terindah di Indonesia yakni Bukit Teletubis. Dari sana kalian akan diajak lagi ke Pura Luhur Puten dan menapaki tangga ke kawah Bromo (jika kondisi aman ya dan diperbolehkan pengelola). Setelah itu bisa foto-foto cantik di spot Widodaren sebelum akhirnya jeep bakalan membawa kalian turun kembali.

Tapi tentu saja kamu harus menyiapkan dana yng lumayan menguras kantong jika hendak ke Gunung Bromo. Tapi itu tak masalah sih jika dibandingkan dengan pengalaman dan pemandangan indah yang diperagakan disana. Satu lagi jangan lupa buat bawa jaket tebal hangat ya karena suhu saat menungu sunrise itu sungguh sangat teramat sedikit menyiksa seperti melihat pasangan berpelukan foto sambil mamerin buku nikah di Gunung Prau, ups.

Nah itulah 3 gunung rekomendasi yang memiliki pemandangan menakjubkan dan cocok untuk kamu memulai untuk mencintai dunia pendakian. Jadi kalian sudah mendaki gunung yang mana nih? Atau jika ada gunung lain yang pemandangannya luar biasa dan ramah untuk pemula bisa share di komentar ya.

Leave A Reply

Jelajah Lagi

[name=Jelajah Lagi]' [img=https://2.bp.blogspot.com/-yy7enBa5kPk/YB9HjBmoPxI/AAAAAAAAAzQ/_igUl5NXKxs5FrIDlvdtAe_6fvo072mGACK4BGAYYCw/s997/logo%2BJelajah%2Blagi%2Bprofil.png] [description=Kami mengulas berbagai hal menarik tentang petualangan, pendakian gunung dan traveling serta perlengkapan outdoor untuk menunjang aktifitas alam bebas](facebook=https://www.facebook.com/jelajahlagiid)(instagram=https://www.youtube.com/channel/UC7AkelMiZQqAi-0XlO_r4HA)